Poker Asli Indonesia


Kebumen - Penolakan warga terhadap rencana Pemkab Kebumen yang akan menjadikan Terminal Bus Gombong menjadi pasar hewan meluas. Jika sebelumnya, penolakan disampaikan warga Desa Semanding, Gombong, kini giliran warga Desa Selokerto, Kecamatan Sempor menentang rencana itu.

Upaya penolakan dilakukan dengan penggalangan tanda tangan. Sedikitnya terdapat 100 tanda tangan terkumpul. Terakhir warga dua RT di Desa Selokerto ikut membubuhkan tanda tangan.

Mereka juga melayangkan surat keberatan kepada Pemkab dinas instansi terkait, antara lain Bappeda, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Kantor Lingkungan Hidup dan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disperindagsar) serta Dinas Peternakan dan Kelautan. Pada intinya, surat itu meminta Pemkab melalui dinas instansi terkait meninjau ulang rencana pembangunan pasar hewan.

Surat itu sekaligus menindaklanjuti surat keberatan serupa yang sudah dilayangkan kepada Bupati Buyar Winarso. Warga menilai, pembangunan pasar hewan di tengah kota tidak masuk akal bahkan memicu kontroversi.

Rencana pemkab itu sudah cukup meresahkan warga. Alih fungsi terminal Gombong menjadi pasar hewan akan berdampak dalam jangka panjang terhadap ribuan orang lainnya yang tinggal dan beraktifitas di sekitar lokasi terminal. "Kami berpikir bukan setahun dua tahun, tetapi jangka panjang," ungkap tokoh Desa Selokerto Wagiman (50), kemarin.

Tokoh Desa Semanding Sutopo HS menambahkan, ribuan orang bakal terdampak langsung terdiri atas pelajar sejumlah sekolah, karyawan pabrik di sekitar terminal Gombong.

Belum lagi sejumlah tempat usaha yang hanya berjarak 50 meter di lokasi. ”Dengan dasar dan pertimbangan itu, kami harap Pemkab meninjau ulang rencana pembangunan pasar hewan di terminal bus Gombong.”

Diberitakan sebelumnya, Pemkab merencanakan pekerjaan fisik alih fungsi Terminal Bus Gombong menjadi pasar hewan akan dimulai April mendatang. Pembangunan ini dianggarkan Rp 1 miliar dari APBD Jateng.

Adapun pekerjaan fisik untuk mengubah Pasar Hewan Purbowangi menjadi terminal baru akan direalisasikan tahun 2015. Tahun 2014 baru menyelesaikan pembuatan desain tehnik dan rencana pembiayaannya.

Menanggapi keberatan warga, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disperindagsar) Kebumen, Azam Fatoni mengatakan, Pemkab Kebumen nanti akan tetap memberikan sosialisasi secara resmi kepada warga. "Sebetulnya warga belum tahu persis tentang perencanaan yang detil terkait pembangunan pasar hewan tersebut," ujar Azam. Kepala UPTD Terminal Kebumen Muhlisin menambahkan, pada prinsipnya untuk pembangunan Terminal Bus Gombong di bekas Pasar Hewan Purbowangi tidak bermasalah. Sebaliknya yang masih muncul keberatan ialah alih fungsi terminal Bus Gombong menjadi pasar hewan.





Electrical Engineer
PT. Malindo Feedmill, Tbk
Lottemart Fatmawati, Gandaria Selatan
DKI Jakarta, Indonesia

Responsibilities :
Melakukan perbaikan pada mesin-mesin produksi.

Requirements :
  • Pria, usia maksimal 35 tahun.
  • Pendidikan Sarjana Teknik Elektro.
  • Pengalaman minimal 3 tahun dibidang Food Industry.
  • Menguasai arus kuat dan arus lemah.
  • Komputer aktif, Ms. Office, Autocad, Sketch Up, dll.
  • Memiliki jiwa pemimpin yang kuat dan komunikasi yang baik.

Company Overview :
PT Malindo Feedmill Tbk was established in 1997 and is listed in Indonesia Stock Exchange since year 2006. In Company produces and sell animal feed, particulary broiler breeder feed, broiler layer feed, layer breeder feed and Commercial Day Chicks (DOC). The group also invest in subsidiaries that produces and markets parent stock DOC, Commercial DOC and Broiler Chickens. Here are the subsidiaries of the company : PT Bibit Indonesia, PT Prima Fajar, PT Leong Ayamsatu Primadona, PT Quality Indonesia.

Closing Date :
16 Maret 2014.


Kirimkan Surat Lamaran beserta CV lengkap ke alamat :
hendy@maindofeedmill.co.id
Subject : Electrical Engineering




http://www.mediaproyek.com/

Dalam dunia kelistrikan, kita sering mendengar kata-kata PUIL (Persyaratan Umum Instalasi Listrik). Pada postingan kali ini akan kami ulas sedikit tentang PUIL (Persyaratan Umum Instalasi Listrik) dan Sejarahnya.

Peraturan instalasi listrik yang pertama kali digunakan sebagai pedoman beberapa instansi yang berkaitan dengan instalasi listrik adalah AVE (Algemene Voorschriften voor Electrische Sterkstroom Instalaties) yang diterbitkan sebagai Norma N 2004 oleh Dewan Normalisasi Pemerintah Hindia Belanda. Kemudian AVE N 2004 ini diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan diterbitkan pada tahun 1964 sebagai Norma Indonesia NI6 yang kemudian dikenal sebagai Peraturan Umum Instalasi Listrik disingkat PUIL 1964, yang merupakan penerbitan pertama dan PUIL 1977 dan PUIL 1987 adalah penerbitan PUIL yang kedua dan ketiga yang merupakan hasil penyempurnaan atau revisi dari PUIL sebelumnya, maka PUIL 2000 ini merupakan terbitan ke 4.

Jika dalam penerbitan PUIL 1964, 1977 dan 1987 nama buku ini adalah Peraturan Umum Instalasi Listrik, maka pada penerbitan sekarang tahun 2000, namanya menjadi Persyaratan Umum Instalasi Listrik dengan tetap mempertahankan singkatannya yang sama yaitu PUIL.

Penggantian dari kata “Peraturan” menjadi “Persyaratan” dianggap lebih tepat karena pada perkataan “peraturan” terkait pengertian adanya kewajiban untuk mematuhi ketentuannya dan sangsinya. Sebagaimana diketahui sejak AVE sampai dengan PUIL 1987 pengertian kewajiban mematuhi ketentuan dan sangsinya tidak diberlakukan sebab isinya selain mengandung hal-hal yang dapat dijadikan peraturan juga mengandung rekomendasi ataupun ketentuan atau persyaratan teknis yang dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan pekerjaan instalasi listrik.

Sejak dilakukannya penyempurnaan PUIL 1964, publikasi atau terbitan standar IEC (International Electrotechnical Commission) khususnya IEC 60364 menjadi salah satu acuan utama disamping standar internasional lainnya. Juga dalam terbitan PUIL 2000, usaha untuk lebih mengacu IEC ke dalam PUIL terus dilakukan, walaupun demikian dari segi kemanfaatan atau kesesuaian dengan keadaan di Indonesia beberapa ketentuan mengacu pada standar dari NEC (National Electric Code), VDE (Verband Deutscher Elektrotechniker) dan SAA (Standards Association Australia).

PUIL 2000 merupakan hasil revisi dari PUIL 1987, yang dilaksanakan oleh Panitia Revisi PUIL 1987 yang ditetapkan oleh Menteri Pertambangan dan Energi dalam Surat Keputusan Menteri No:24-12/40/600.3/1999, tertanggal 30 April 1999 dan No:51-12/40/600.3/1999, tertanggal 20 Agustus 1999. Anggota Panitia Revisi PUIL tersebut terdiri dari wakil dari berbagai Departemen seperti DEPTAMBEN, DEPKES, DEPNAKER, DEPERINDAG, BSN, PT PLN, PT Pertamina, YUPTL, APPI, AKLI, INKINDO, APKABEL, APITINDO, MKI, HAEI, Perguruan Tinggi ITB, ITI, ISTN, UNTAG, STTY-PLN, PT Schneider Indonesia dan pihak pihak lain yang terkait.

Bagian 1 dan Bagian 2 tentang Pendahuluan dan Persyaratan dasar merupakan padanan dari IEC 364-1 Part 1 dan Part 2 tentang Scope, Object Fundamental Principles and Definitions.

Bagian 3 tentang Proteksi untuk keselamatan banyak mengacu pada IEC 60364 Part 4 tentang Protection for safety. Bahkan istilah yang berkaitan dengan tindakan proteksi seperti SELV yang bahasa Indonesianya adalah tegangan extra rendah pengaman digunakan sebagai istilah baku, demikian pula istilah PELV dan FELV. PELV adalah istilah SELV yang dibumikan sedangkan FELV adalah sama dengan tegangan extra rendah fungsional. Sistem kode untuk menunjukan tingkat proteksi yang diberikan oleh selungkup dari sentuh langsung ke bagian yang berbahaya, seluruhnya diambil dari IEC dengan kode IP (International Protection). Demikian pula halnya dengan pengkodean jenis sistem pembumian. Kode TN mengganti kode PNP dalam PUIL 1987, demikian juga kode TT untuk kode PP dan kode IT untuk kode HP.

Bagian 4 tentang Perancangan instalasi listrik, dalam IEC 60364 Part 3 yaitu Assessment of General Characteristics, tetapi isinya banyak mengutip dari SAA Wiring Rules dalam section General Arrangement tentang perhitungan kebutuhan maksimum dan penentuan jumlah titik sambung pada sirkit akhir.

Bagian 5 tentang Perlengkapan Listrik mengacu pada IEC 60364 Part 5: Selection and erection of electrical equipment dan standar NEC.

Bagian 6 tentang Perlengkapan hubung bagi dan kendali (PHB) serta komponennya merupakan pengembangan Bab 6 PUIL 1987 dengan ditambah unsur unsur dari NEC.

Bagian 7 tentang Penghantar dan pemasangannya tidak banyak berubah dari Bab 7 PUIL 1987. Perubahan yang ada mengacu pada IEC misalnya cara penulisan kelas tegangan dari penghantar. Ketentuan dalam Bagian 7 ini banyak mengutip dari standar VDE. Dan hal hal yang berkaitan dengan tegangan tinggi dihapus.

Bagian 8 tentang Ketentuan untuk berbagai ruang dan instalasi khusus merupakan pengembangan dari Bab 8 PUIL 1987. Dalam PUIL 2000 dimasukkan pula klarifikasi zona yang diambil dari IEC, yang berpengaruh pada pemilihan dari perlengkapan listrik dan cara pemasangannya di berbagai ruang khusus. Ketentuan dalam Bagian 8 ini merupakan bagian dari IEC 60364 Part 7, Requirements for special installations or locations.

Bagian 9 meliputi Pengusahaan instalasi listrik. Pengusahaan dimaksudkan sebagai perancangan, pembangunan, pemasangan, pelayanan, pemeliharaan, pemeriksaan dan pengujian instalasi listrik serta proteksinya. Di IEC 60364, pemeriksaan dan pengujian awal instalasi listrik dibahas dalam Part 6: Verification. PUIL 2000 berlaku untuk instalasi listrik dalam bangunan dan sekitarnya untuk tegangan rendah sampai 1000 V a.b dan 1500 V a.s, dan gardu transformator distribusi tegangan menengah sampai dengan 35 kV. Ketentuan tentang transformator distribusi tegangan menengah mengacu dari NEC 1999.

Pembagian dalam sembilan bagian dengan judulnya pada dasarnya sama dengan bagian yang sama pada PUIL 1987. PUIL 2000 tidak menyebut pembagiannya dalam Pasal, Subpasal, Ayat atau Subayat. Pembedaan tingkatnya dapat dilihat dari sistim penomorannya dengan digit. Contohnya Bagian 4, dibagi dalam 4.1; 4.2; dan seterusnya, sedangkan 4.2 dibagi dalam 4.2.1 sampai dengan 4.2.9 dibagi lagi dalam 4.2.9.1 sampai dengan 4.2.9.4. Jadi untuk menunjuk kepada suatu ketentuan, cukup dengan menuliskan nomor dengan jumlah digitnya.

Seperti halnya pada PUIL 1987, PUIL 2000 dilengkapi pula dengan indeks dan lampiran lampiran lainnya pada akhir buku. Lampiran mengenai pertolongan pertama pada korban kejut listrik yang dilakukan dengan pemberian pernapasan bantuan, diambilkan dari standar SAA, berbeda dengan PUIL 1987.

Untuk menampung perkembangan di bidang instalasi listrik misalnya karena adanya ketentuan baru dalam IEC yang dipandang penting untuk dimasukkan dalam PUIL, atau karena adanya saran, tanggapan dari masyarakat pengguna PUIL, maka dikandung maksud bila dipandang perlu akan menerbitkan amandemen pada PUIL 2000. Untuk menangani hal hal tersebut telah dibentuk Panitia Tetap PUIL. Panitia Tetap PUIL dapat diminta pendapatnya jika terdapat ketidakjelasan dalam memahami dan menerapkan ketentuan PUIL 2000. Untuk itu permintaan penjelasan dapat ditujukan kepada Panitia Tetap PUIL.

PUIL 2000 ini diharapkan dapat memenuhi keperluan pada ahli dan teknisi dalam melaksanakan tugasnya sebagai perancang, pelaksana, pemilik instalasi listrik dan para inspektor instalasi listrik. Meskipun telah diusahakan sebaik-baiknya, panitia revisi merasa bahwa dalam persyaratan ini mungkin masih terdapat kekurangannya. Tanggapan dan saran untuk perbaikan persyaratan ini sangat diharapkan.

PUIL 2000 ini tidak mungkin terwujud tanpa kerja keras dari seluruh anggota Panitia Revisi PUIL 1987, dan pihak pihak terkait lainnya yang telah memberikan berbagai macam bantuan baik dalam bentuk tenaga, pikiran, sarana maupaun dana sehingga PUIL 2000 dapat diterbitkan dalam bentuknya yang sekarang. Atas segala bantuan tersebut Panitia Revisi PUIL mengucapkan terima kasih sebesar besarnya.

Demikian sedikit ulasan tentang PUIL (Persyaratan Umum Instalasi Listrik) dan Sejarahnya. Terima kasih.



http://www.mediaproyek.com/

Jika pada postingan yang lalu anda masih bingung menentukan jenis water heater yang cocok buat anda, apakah Water Heater Gas, Water Heater Listrik, Water Heater Solar ataupun Heat Exchange Water Heater, maka pada postingan kali ini akan kami ulas lagi tentang jenis water heater yang lain yaitu Portable Water Heater.

Sebenarnya komponen portable water heater hampir sama dengan water heater listrik, yaitu berupa elemen air panas, hanya saja water heater listrik dipackaging sedemikian rupa, ditambahkan tangki penyimpan air yang kedap suhu, serta ditambahkan sensor suhu dan automatic switch.

Untuk cara penggunaan portable water heater gampang, siapkan satu ember air, celupkan pemanas air tersebut dan colok ke listrik. Periksa apakah panas air sudah mencukupi, jika sudah, cabut colokan listrik dan bisa mulai mandi.

Jenis Pemanas air ini tersedia dari yang “hemat energi” mulai 350 Watt hingga yang 2.000 Watt. Bedanya karena yang perlu dipanaskan disini seember air yang lebih banyak (bukan air mengalir), maka pemanas 2.000 Watt perlu waktu sekitar 5 menit untuk memanaskan satu ember air, sementara pemanas yang 350 Watt mungkin memerlukan waktu 15 – 20 menit.

Demikian sedikit ulasan tentang portable water heater. Semoga menambah wawasan anda dalam menentukan jenis water heater yang cocok bagi anda. Terima kasih.




Sidoarjo - Karena pentingnya untuk akses transportasi, Komisi C DPRD Sidoarjo meminta Pemkab Sidoarjo segera memperbaiki jembatan di perbatasan Desa Kalitengah dan Gempolsari Kecamatan Tanggulangin, yang putus terkena banjir.

Hingga saat ini, warga kedua dua itu masih menggunakan jembatan darurat dari kayu, dan kondisinya membahayakan. Jembatan itu putus sekitar sebulan lalu karena derasnya air sungai yang melintas bersamaan banjir.

"Jembatan itu harus segera diperbaiki dengan konstruksi permanen, karena akses itu dibutuhkan masyarakat setempat," ucap anggota Komisi C DPRD Sidoarjo Emir Firdaus, Selasa (25/2/2014).

Kendati jembatan darurat sudah dipasang, namun jembatan tersebut masih belum kuat dan masih membahayakan bagi warga yang melintasnya.

Politisi PAN itu juga meminta mengungkapkan, Badan Penanggulangn Lumpur Sidoarjo (BPLS) ikut memikirkan ambrolnya jembatan itu, karena ikut membuang air lumpur ke sungai tersebut.

Terpisah, Kepala Dinas PU Bina Marga Sigit Setyawan menyatakan jembatan itu akan masuk dalam rencana pemeliharaan pada 2014 ini. "Untuk jembatan yang menghubungkan Gempolsari-Kalitengah itu, sudah dianggarkan Rp 190 juta," sebutnya.

Pengerjaan jembatan dengan lebar 3 meter dan panjang 18 meter tersebut diperkirakan akan selesai dalam waktu satu bulan. Untuk kendaraan yang melintas, nantinya juga tidak semuanya di lewatkan.

"Jenis kendaraan berat, truk pengangkut pasir dan batu untuk tanggul, dimungkinkan tidak boleh," papar mantan Kadin Kebersihan dan Pertamanan itu.





Project Manager
PT. Gebang Raya Alam Permai
Jl. Prabu Kiansantang, Tangerang
Banten, Indonesia

Responsibilities :
  • Bertanggungjawab atas semua kegiatan pelaksanaan proyek.
  • Membentuk dan menyusun tim pelaksana.
  • Membuat jadwal pelaksanaan proyek.
  • Membuat laporan mengenai pekerjaan proyek.

Requirements :
  • Pria
  • Pendidikan minimal S1 semua jurusan.
  • Memiliki pengalaman sebelumnya.
  • Jujur, disiplin, dan pekerja keras.
  • Memiliki kreativitas yang tinggi, supel dan pintar.
  • Bersedia ditempatkan di Tangerang.

Company Overview :
Grand Duta Tangerang hadir di Kota Tangerang mempersembahkan karya terbaik guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan suatu hunian yang ideal. Dengan konsep HUNIAN ASRI, NYAMAN DAN AMAN menjadikan perumahan Grand Duta Tangerang sebagai hunian yang diminati oleh banyak masyarakat baik untuk hunian maupun untuk investasi.

Closing Date :
23 Maret 2014.


Lamaran lengkap dikirim ke alamat :
recruitment@grandduta.co.id





Project Manager
PT. Paracita Daya Adiguna
Kawasan SCBD
Jakarta

Job Description :
  • Pendidikan minimal S1 Jurusan Sipil/Arsitektur/Elektro/Mesin dari Universitas Terkemuka.
  • Pengalaman lebih dari 8 tahun dan pernah terlibat dalam Perencanaa/Pengawasan/Pembangunan Proyek Properti.
  • Usia maksimal 45 tahun.
  • Menguasai Autocad (2D & 3D), Sketch up dan Photoshop.
  • Menguasai Struktural Design.
  • Mampu bekerja dalam team dan mandiri.
  • Bersedia untuk travelling ke luar kota dan bersedia ditempatkan di luar Jakarta.

Company Overview :
Perusahaan swasta nasional yang bergerak dalam bidang properti (hotel, real estate, perkantoran dan apartemen), berkantor di kawasan SCBD-Jakarta.

Closing Date :
31 Maret 2014.


Kirimkan lamaran lengkap (CV dan foto terbaru) dalam format Ms. Word (maks size 200kb) dengan mencantumkan kode posisi di subyek/judul email ke :
pda@pdaconsultant.com



http://www.mediaproyek.com/

Kualitas air sangat mempengaruhi kekuatan beton. Kualitas air erat kaitannya dengan bahan-bahan yang terkandung dalam air tersebut. Air diusahakan agar tidak membuat rongga pada beton, tidak membuat retak pada beton dan tidak membuat korosi pada tulangan yang mengakibatkan beton menjadi rapuh.

Pada pengecoran beton pembuatan rumah sederhana atau tidak bertingkat, kebanyakan tukang mengira, semakin encer beton, semakin bagus karena permukaan yang dihasilkan semakin mulus, tanpa ada rongga, padahal, dengan kelebihan air, mutu beton akan anjlok sangat jauh. ini disebabkan faktor air semen yang tinggi dalam beton menyebabkan banyak rongga setelah airnya mengering.

Banyak hal-hal lain yang bisa berdampak karena pemakaian air, berikut ini uraiannya :
  1. Air tidak mengandung lumpur lebih dari 2 gram/liter karena dapat mengurangi daya lekat atau bisa juga mengembang (pada saat pengecoran karena bercampur dengan air) dan menyusut (pada saat beton mengeras karena air yang terserap lumpur menjadi berkurang).
  2. Air tidak mengandung garam lebih dari 15 gram karena resiko terhadap korosi semakin besar.
  3. Air tidak mengandung khlorida lebih dari 0,5 gram/liter karena bisa menyebabkan korosi pada tulangan.
  4. Air tidak mengandung senyawa sulfat lebih dari 1 gram/liter karena dapat menurunkan mutu beton sehingga akan rapuh dan lemah.
  5. Air tidak mengandung minyak lebih dari 2 % dari berat semen karena akan mengurangi kuat tekan beton sebesar 20 %.
  6. Air tidak mengandung gula lebih dari 2 % dari berat semen karena akan mengurangi kuat tekan beton pada umur 28 hari.
  7. Air tidak mengandung bahan organik seperti rumput/lumut yang terkadang terbawa air Karena akan mengakibatkan berkurangnya daya lekat dan menimbulkan rongga pada beton.

Air yang dapat digunakan dalam proses pencampuran beton menurut SK SNI 03-2847-2002 adalah sebagai berikut :
  1. Air yang digunakan pada campuran beton harus bersih dan bebas dari bahan-bahan merusak yang mengandung oli, asam, alkali, garam, bahan organik, atau bahan-bahan lainnya yang merugikan terhadap beton atau tulangan.
  2. Air pencampur yang digunakan pada beton prategang atau pada beton yang didalamnya tertanam logam aluminium, termasuk air bebas yang terkandung dalam agregat, tidak boleh mengandung ion klorida dalam jumlah yang membahayakan.
  3. Air yang tidak dapat diminum tidak boleh digunakan pada beton, kecuali Pemilihan proporsi campuran beton harus didasarkan pada campuran beton yang menggunakan air dari sumber yang sama dan hasil pengujian pada umur 7 dan 28 hari pada kubus uji mortar yang dibuat dari adukan dengan air yang tidak dapat diminum harus mempunyai kekuatan sekurang-kurangnya sama dengan 90% dari kekuatan benda uji yang dibuat dengan air yang dapat diminum. Perbandingan uji kekuatan tersebut harus dilakukan pada adukan serupa, terkecuali pada air pencampur, yang dibuat dan diuji sesuai dengan “Metode uji kuat tekan untuk mortar semen hidrolis (Menggunakan spesimen kubus dengan ukuran sisi 50 mm)” (ASTM C 109 ).

Demikian sedikit uraian tentang pengaruh air terhadap kualitas beton. Semoga bermanfaat.




Sumedang - Sebagian Pedagang Pasar Sandang Sumedang menolak direlokasi ke tempat penampungan sementara di Jalan Tampomas dan Taman Endog. Pasar Sandang sendiri direvitalisasi dan Pemkab Sumedang dengan persetujuan DPRD telah melakukan pernjanjian kerja sama dengan pengembang. Pengosongan Pasar Sandang haru dimulai pertengahan Februari dan pembangunan akan dimulai.

“Kami menolak untuk dipindahkan karena soal pasar Sandang ini sedang berproses di pengadilan. Pedagang menggugat Pemkab Sumedang, DPRD dan pengembang,” kata Asep Rohmat Hidayat, Ketua Himpunan Warga Pasar (Hiwapa), kemarin.

Selain itu, terang dia, batas hak guna bangun (HGB) kios di pasar sandang sampai 2019. “Jadi tidak ada alasan bagi kami untuk pindah," ujarnya.

Asep juga mengatakan tempat penampungan sementara yang dibangun tidak memenuhi jumlah pedagang. “Di tempat relokasi itu hanya tersedia sekitar 200 kios, sementara yang pedagang yang terhimpun mencapai lebih dari 300,” katanya.

Gugatan pedagang pasar ini sudah berada di pengadilan negeri (PN) Sumedang dan sudah satu kali sidang. Hakim PN meminta pihak penggugat dan tergugat melakukan mediasi.

Pedagang ini menggugat para tergugat untuk membayar kerugian material Rp. 12, 9 miliar dan imaterial Rp. 1,7 miliar. Kerugian material itu dihitung selama mereka berdagang sampai jatuh tempo. “Jadi sampai ada keputusan pengadilan ini tak boleh ada kegiatan apapun dan pedagang masih bisa berdagang,” kata C Suhadi, Kuasa Hukum pedagang pasar.




Kudus - Sejak diwacanakan pada akhir 2011, mega proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Dadi Muria hingga saat sekarang tidak ada kejelasan. Proyek yang direncanakan menelan dana Rp. 840 miliar dan dibiayai pusat itu hingga saat sekarang masih berkutat pada validasi data. Molornya proyek membuat kesempatan pengembangan jaringan air bersih untuk ratusan ribu pelanggan baru tertunda.

Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang juga koordinator SPAM Dadi Muria, Achmadi Safa mengemukakan, hasil koordinasi terakhir dari pihak konsultan meminta validasi data lagi. Data yang dimaksud meliputi banyak aspek mulai dari mulai pasokan air baku hingga penggunaan. ‘’Belum ada perkembangan lebih lanjut, kami masih terus menunggu hasil kajian dari konsultan,’’ katanya.

Sesuai skenario awal, proyek SPAM akan memasok air baku untuk jaringan distribusi utama. Wilayah kerjanya meliputi Kabupaten Grobogan, Pati, Kudus, Demak dan Jepara.’’Yang jelas program akan molor,’’ tandasnya.

Bila masih berkutat pada validasi data, diyakini akan berdampak pada grand design secara keseluruhan. Detail engineering design pun dipastikan akan berubah lagi. Seandainya mendasarkan pada rencana awal, full servis seharusnya sudah dapat dilakukan pada 2015 mendatang. Namun begitu, Achmadi mengaku dengan perkembangan terakhir pihaknya belum mengetahui secara jelas kapan hal itu sepenuhnya dapat direalisasikan.Bagi Kudus, kehadiran SPAM dianggap cukup penting. Sumber dari dari kawasan tersebut akan memperkuat pasokan untuk Kudus bagian selatan. 

Disinggung soal debit, usulan awal jumlah yang diambil sebesar 1.350 liter per detik akhirnya diturunkan menjadi 500 liter per detik. Mengenai pembagiannya, Kudus mendapat alokasi 110 liter per detik, disusul Jepara (190 liter pe detik), Grobogan (100 liter per detik), dan Pati (100 liter per detik). Satu liter air per detik air baku dapat digunakan untuk 80 kepala keluarga. Selain berharap mendapatkan peningkata air baku dari SPAM, sumber lainnya yang masih ditunggu yakni dari waduk Logung. ‘’Hal itu akan memperkuat pengembangan jaringan yang hingga saat ini masih mengandalkan sumber air baku,’’ paparnya.





Project Manager
PT. Technigroup Indonesia
Menara Prima Lt. 3 Unit G, H, I
Jl. Lingkar Mega Kuningan Blok 6.2
Kawasan Mega Kuingan - Setiabudi - Jakarta Selatan 12950

Responsibilities :
  • Tanggungjawab operasional project, supervisi pekerjaan day to day basis, seperti delivery time, installation time, progress report sampai dengan pembuatan berita acara serah terima pekerjaan.
  • Tanggungjawab dan monitoring proses pengadaan barang untuk proyek baik local maupun import.
  • Tanggungjawab pekerjaan di luar proyek apabila diminta.

Requirements :
  • Usia 35-45 tahun.
  • Pendidikan SMU/D3/S1.
  • Pengalaman kerja minimum 5 tahun.
  • Kemampuan atau kelebihan yang dimiliki pelamar English speak and written / team player / management skill / negotiation skill.

Company Overview :
Established in 1984, TECHNIGROUP Far East Pte Ltd has grown from strength to strength. We now offer a comprehensive portfolio of system products and accessories for all furniture requirements in the workplace. We are fully equipped to meet all our customers’ needs. Housed within our own factory in Singapore are facilities for research and development, production, assembly, warehousing and administration. Our experienced design and space planning team employs sophisticated CAD software to provide innovative, prompt service in response to customers’ needs.We proudly sustain a valued tradition of reliability and commitment to our customers. Our dedicated, innovative projects and customer care teams have an excellent record of serving local, regional and multinational companies across the Asia-Pacific region. You can be assured of quality at TECHNIGROUP.

Closing Date :
22 Maret 2014.


Kirim lamaran ke :
info@technigroup-indonesia.com
aditya.widyagiri@technigroup-indonesia.com



http://www.mediaproyek.com/

Mogok kerja atau unjuk rasa adalah sebuah pemandangan yang terkadang kita jumpai terjadi di perusahaan / proyek. Penyebabnyan bermacam-macam. Salah satu penyebabnya mungkin karena hak-hak normatif pekerja yang dilanggar. Untuk kasus ini mogok kerja atau unjuk rasa ini harus ada prosedur dan izinnya, tidak bisa dilakukan secara tiba-tiba.

Mogok kerja merupakan hak dasar pekerja atau buruh dan serikat pekerja atau buruh yag dilakukan secara sah, tertib dan damai, dan sengaja akibat gagalnya perundingan.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 tahun 2013, adapun Prosedur atau mekanisme unjuk rasa mogok kerja karena tuntutan normatif adalah sebagai berikut :
  1. Pelaksanaan mogok kerja, bagi pekerja atau buruh, sekurang-kurangnya tujuh hari sebelum mogok kerja, pekerja atau Ketua Serikat Pekerja atau Buruh, wajib memberikan pemberitahuan secara tertulis kepada Pengusaha, dan Instansi yang bertanggungjawab dibidang Ketenagakerjaan.
  2. Pemberitahuan tersebut sekurang-kurangnya memuat : Waktu yakni hari, tanggal, jam dimulai pukul berapa dan berakhir pukul berapa, Tempat mogok kerja, Alasan dan sebab-sebab mogok serta Tanda tangan Ketua dan Sekretaris Serikat Pekerja atau jika belum ada yaitu Koordinator atas mogok kerja tersebut.
  3. Apabila mogok kerja tersebut tidak memenuhi syarat, semisal pemberitahuan kurang dari tujuh hari dan tidak jelas, maka menjadi mogok kerja yang tidak sah.
  4. Mogok kerja yang tidak sah apabila dilakukan bukan akibat gagalnya perundingan, tanpa pemberitahuan ke Perusahaan dan Instansi, pemberitahuan kurang dari tujuh hari dan isi ketentuan tidak sesuai pasal 140 ayat 2 UU No. 13 tahun 2003.
  5. Hukum mogok kerja yang tidak sah sesuai Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor 232 tahun 2003 yakni didiskualifikasi sebagai mangkir kerja.

Demikian sedikit ulasan tentang mogok kerja atau unjuk kerja yang biasa dilakukan di sebuah perusahaan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.



http://www.mediaproyek.com/

Alat ukur listrik merupakan alat yang digunakan untuk mengukur besaran-besaran listrik seperti hambatan listrik (R), kuat arus listrik (I), beda potensial listrik (V), daya listrik (P), dan lainnya.
Dalam pengukuran kelistrikan ada beberapa alat ukur yang kita gunakan. Alat ukur listrik terdiri atas beberapa macam bergantung pada jenis besaran listrik yang akan diukur. Berikut ini kami berikan macam-macam alat ukur listrik yang biasa digunakan di lapangan, yaitu sebagai berikut:
1. Amperemeter.

http://www.mediaproyek.com/

Amperemeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur kuat arus listrik baik untuk DC maupun AC yang ada dalam rangkaian tertutup. Amperemeter biasanya dipasang berderet dengan elemen listrik. Jika kita akan mengukur arus yang melewati penghantar dengan menggunakan Amperemeter maka harus kita pasang seri dengan cara memotong penghantar agar arus mengalir melewati ampere meter.

Bagian terpenting dari Ampermeter adalah galvanometer. Galvanometer bekerja dengan prinsip gaya antara medan magnet dan kumparan berarus. Galvanometer dapat digunakan langsung untuk mengukur kuat arus searah yang kecil. Semakin besar arus yang melewati kumparan semakin besar simpangan pada galvanometer.

Ampermeter terdiri dari galvanometer yang dihubungkan paralel dengan resistor yang mempunyai hambatan rendah. Tujuannya adalah untuk menaikan batas ukur ampermeter. Hasil pengukuran akan dapat terbaca pada skala yang ada pada ampermeter.

Selain amperemeter diatas, di lapangan sering kita jumpai suatu alat yang digunakan untuk mengukur kuat arus juga yaitu tang ampere.

http://www.mediaproyek.com/

Biasanya, untuk mengukur arus listrik, digunakan cara memotong kabel dan hasil potongan kabel, dihubungkan ke amper meter. Dengan adanya tang ampere ini, maka kita tidak perlu memotong kabel, namun cukup kabel yang satu itu di kalungkan tang amper.

Tang ampere yang standar, biasanya hanya bisa mengukur arus AC dan yang mahal, baru bisa mengukur arus DC. Jenisnya ada 2 macam, yang analog dengan jarum sebagai petunjuknya dan yang digital.

2. Voltmeter

http://www.mediaproyek.com/

Voltmeter adalah alat untuk mengukur besar tegangan listrik dalam suatu rangkaian listrik. Voltmeter disusun secara paralel terhadap letak komponen yang diukur dalam rangkaian. Alat ini terdiri dari tiga buah lempengan tembaga yang terpasang pada sebuah bakelite yang dirangkai dalam sebuah tabung kaca atau plastik. Lempengan luar berperan sebagai anode sedangkan yang di tengah sebagai katode. Umumnya tabung tersebut berukuran 15 x 10cm (tinggi x diameter).

3. Ohmmeter

http://www.mediaproyek.com/

Ohm-meter adalah alat untuk mengukur hambatan listrik, yaitu daya untuk menahan mengalirnya arus listrik dalam suatu konduktor. Besarnya satuan hambatan yang diukur oleh alat ini dinyatakan dalam ohm. Alat ohm-meter ini menggunakan galvanometer untuk mengukur besarnya arus listrik yang lewat pada suatu hambatan listrik (R), yang kemudian dikalibrasikan ke satuan ohm.

4. Multimeter

http://www.mediaproyek.com/

Multimeter adalah alat untuk mngukur listrik tegangan (voltmeter), hambatan (ohm-meter), maupun arus (amper). Multimeter terdiri dari 2 macam, yaitu multimeter analog dan multimeter digital.

5. Wattmeter

http://www.mediaproyek.com/

Wattmeter adalah alat ukur untuk daya listrik. Sebetulnya wattmeter adalah gabungan dari alat ukur listrik dengan alat ukur tegangan listrik, namun dirancang sedemikian rupa sehingga penunjukkannya menunjukkan nilai daya listrik yang terpakai.

6. Wattjam / Watthour Meter

http://www.mediaproyek.com/

Wattjam adalah alat ukur energi listrik. Wattjam (Wh = watt-hour) atau kilowatt-jam (kWh) sebetulnya alat ukur listrik yang banyak terpasang di setiap rumah. Kita sering salah memahami mengira bahwa alat ukur yang terpasang dirumah adalah alat ukur daya listrik. Padahal sebetulnya alat ukur listrik yang terpasang dirumah kita itu adalah Wattjam. Angka penunjuk pun menyatakan nilai energi listrik yang terpakai dalam rentang waktu tertentu.

7. Megger

http://www.mediaproyek.com/

Megger dipergunakan untuk mengukur tahanan isolasi dari alat-alat listrik maupun instalasi-instalasi.
Megger ini banyak digunakan petugas dalam mengukur tahanan isolasi antara lain untuk:
  • Kabel instalasi pada rumah-rumah / bangunan.
  • Kabel tegangan tinggi.
  • Kabel tegangan rendah.
  • Transformator.
  • Dan peralatan listrik lainnya.

8. Osciloscope

http://www.mediaproyek.com/

Oscilloscope adalah alat ukur yang dapat menunjukkan kepada anda bentuk dari sinyal listrik dengan menunjukkan grafik dari tegangan terhadap waktu pada layarnya. Ini sama dengan pengambaran pada layar televisi.

Oscilloscope terdiri dari tabung vacuum dengan sebuah cathode (electrode negative ) pada satu sisi yang menghasilkan pancaran electron dan sebuah anode ( electrode positive ) untuk mempercepat gerakannya sehingga jatuh tertuju pada layar tabung. Susunan ini disebut dengan electron gun.

Elektron-elektron disebut pancaran sinar katoda sebab mereka dibangkitkan oleh cathode dan ini menyebabkan oscilloscope disebut secara lengkap dengan cathode ray oscilloscope atau CRO.

Demikian sedikit ulasan tentang macam-macam alat ukur listrik yang sering digunakan di lapangan. Semoga bermanfaat.




Cianjur - Komisi VI DPR RI mengkali terus mendukung penataan pasar tradisional, termasuk pembangunan Pasar Cibeber di Jalan Cibeber Cianjur. Salah satunya melalui dukungan alokasi anggaran yang hampir mencapai Rp. 6,5 miliar.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Erik Satrya Wardhana mengatakan, DPR RI terus mendukung pembangunan maupun renovasi pasar-pasar rakyat yang merupakan konsep dari Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Politikus Fraksi Partai Hanura itu mengapresiasi komitmen kemendag yang ingin mengembangkan pasar rakyat di Indonesia.

"Tidak hanya menyangkut pengembangan kualitas fisik seperti keamanan atau kenyamanan, tapi juga menyangkut komitmen nonfisik seperti pengembangan pasar. Karenanya, konsep-konsep seperti ini perlu kami dukung," kata Erik di Pasar Cibeber.

Untuk alokasi anggaran Pasar Cibeber, menurut Erik, pihaknya terus mengawal sejak awal adanya pengajuan bantuan. Malahan, pengalokasikan anggaran pembangunan kembali Pasar Cibeber relatif lebih mudah dengan total sebesar Rp. 6,5 miliar.

"Untuk pasar rakyat di Cianjur, Insya Allah akan bisa terus ditingkatkan. Tidak hanya untuk Pasar Cibeber saja, namun saat ini sedang disiapkan pengembangan Pasar Sukanagara," terang Erik.

Erik angkat topi buat Kementerian Perdagangan yang sedemikian memiliki komitmen kuat untuk mengembangkan pasar rakyat, termasuk untuk Pasar Cibeber. Karena itu, Erik berharap agar para pedagangan juga bisa menjaga berbagai fasilitas di Pasar Cibeber.

"Fasilitas yang disediakan di Pasar Cibeber semata untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada para pedagang dan pembeli. Ke depan diharapkan keberadaan pasar rakyat tidak hanya untuk kalangan pembeli golongan ekonomi menengah ke bawah, tapi bisa juga untuk kalangan menengah ke atas," tandas Erik.





Project Manager
PT. Asia Select Indonesia
Plaza 89 Building 4th floor, Room 405
Jl. HR. Rasuna Said Kav. X-7 No. 6 Setiabudi
Jakarta Selatan

Responsibilities :
  • Mengawasi keseluruhan aktivitas project yang sedang berjalan.
  • Reporting : Operation Manager dan Director (Owner).
  • Memiliki 3 bawahan di setiap site (Site Manager).

Requirements :
  • Memiliki jiwa kepemimpinan.
  • Latar belakang pendidikan terbuka dari semua jurusan, jurusan teknik mesin dan teknik elektronika lebih diutamakan.
  • Pria.
  • Usia maksimal 40 tahun.
  • Berbahasa Inggris aktif dan pasif.

Company Overview :
Our Company, PT. Asia Select Indonesia is part of a network of Executive Search Company that stated in Philippines. Our functional expertise has provided us the necessary frameworks to exceed in all area of management. Our team has developed track record and has established solid business partnerships with a member of local and multinational clientele base.

Our client is one of the largest energy developers in South East Asia mainly focused on producing energy through a suite of technologies.

Founded in 1997, the team has leveraged its reputation as a build, own, operate and transfer business supporting the palm oil and cassava industries to expand into customized solution provider.

With a regional presence through offices in the Philippines, Indonesia and headquarters in Thailand, our client currently operates in the niche renewable energy small power production range of between 1 MW -10 MW. Over the past 10 years, our client has installed over 85 projects dealing with various feed stocks including palm oil effluent, animal manure and ethanol.

In Indonesia, our client has established one of its projects located Babadan, near Malang, East Java.

Closing Date :
20 Maret 2014.


Submit your resume to :
andree@asiaselect.co.id





Supervisor Mechanical Electrical
PT. Gapura Inti Utama
JL HM Joyomartono Bulak Kapal
Bekasi Jawa Barat

Responsibilities :
  • Membuat budget, perencanaan instalasi ME.
  • Pengawasan terhadap pekerjaan proyek.
  • Membantu pengawasan dan report sipil.

Requirements :
  • Berpengalaman minimal 1 tahun dibidangnya.
  • Usia minimal 25 tahun.
  • Pendidikan S1 dibidangnya.
  • Berpenampilan baik dan rapi.
  • Domisili diutamakan Bekasi dan Jakarta Timur.
  • Menyertakan foto terakhir.

Company Overview :
Kami sebuah perusahaan property terkemuka yang berlokasi di Bekasi sedang mengembangkan proyek baru untuk Mall, Apartemen, Hotel dan Rumah Sakit.

Closing Date :
09 Maret 2014.


Kirim lamaran lengkap ke :
astrid@malbtc.com



http://www.mediaproyek.com/

Setelah pada postingan yang lalu telah dibahas bahwa Setelah Jamsostek Menjadi BPJS Bisa Menarik Uang JHT, maka pada kesempatan kali ini pembahasan kita akan kami lanjutkan tentang Tata Cara Pengajuan Permintaan Jaminan Hari Tua (JHT).

Program Jaminan Hari Tua (JHT) ditujukan sebagai pengganti terputusnya penghasilan tenaga kerja karena meninggal, cacat, atau hari tua dan diselenggarakan dengan sistem tabungan hari tua.

Kemanfaatan Jaminan Hari Tua (JHT) adalah sebesar akumulasi iuran ditambah hasil pengembangannya, Jaminan Hari Tua akan dikembalikan atau dibayarkan sebesar iuran yang terkumpul ditambah dengan hasil dan bisa diambil saat masa kepesertaan sekurang-kurangnya 5 tahun dengan masa tunggu 1 bulan.

Persyaratan pengambilan JHT bagi Tenaga Kerja yang berhenti bekerja dari perusahaan sebelum usia 55 tahun telah memenuhi masa kepesertaan 5 tahun telah melewati masa tunggu 1 (satu) bulan terhitung sejak tenaga kerja yang bersangkutan berhenti bekerja.

Adapun tata cara pengajuan permintaan JHT adalah :
  1. Setiap permintaan JHT, tenaga kerja harus mengisi dan menyampaikan formulir 5 Jamsostek kepada Kantor Jamsostek setempat dengan melampirkan Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) asli, Kartu Identitas Diri KTP/SIM (fotokopi), Surat Keterangan Pemberhentian Bekerja dari Perusahaan atau Penetapan Pengadilan Hubungan Industrial, Surat Pernyataan belum bekerja di atas materai secukupnya dan Kartu Keluarga (KK).
  2. Permintaan pembayaran JHT bagi tenaga kerja yang berhenti bekerja dari perusahaan sebeum usia 55 tahun telah memenuhi masa kepesertaan 5 tahun telah melewati masa tunggu 1 (satu) bulan terhitung sejak tenaga kerja yang bersangkutan berhenti bekerja, dilampiri dengan Fotokopi Surat Keterangan Berhenti Bekerja dari Perusahaan dan Surat Pernyataan Belum Bekerja Lagi.

Untuk pembayaran JHT selambat-lambatnya 30 hari setelah pengajuan. Demikian sedikit ulasan tentang tata cara pengajuan permintaan JHT. Terima kasih.




Temanggung - Kementerian Pekerjaan Umum akan segera membangun rumah susun sederhana untuk warga (Rusunawa) di Kabupaten Temanggung pada 2014 ini, sepanjang dokumen perencanaan telah disiapkan Pemkab.

Pembangunan rusunawa tersebut dilaksanakan guna menyediakan rumah bagi warga, terutama keluarga kurang mampu yang belum memiliki rumah.

Hal itu dikemukakan pejabat dari Kementerian Pekerjaan Umum, Maliki, saat mengadakan pertemuan dengan Wakil Bupati Irawan Prasetyadi dan para pejabat pemkab terkait, di ruang pertemuan rumah dinas bupati, kemarin.

Hadir dalam acara tersebut anggota DPR RI, Sujadi. ''Kementerian kami pada prinsipnya siap membangun rusunawa tahun anggaran 2014, dengan syarat pemkab sudah menyiapkan dokumen perencanaannya,'' tutur Maliki.

Dokumen dimaksud meliputi, kepastian lokasi yang sudah disesuaikan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan pembuatan gambar disain atau DED (Detail Engenering Design).

Diharapkan, dokumen tersebut sudah siap paling lambat awal Mei 2014 mendatang, sehingga proyek pembangunan rusunawa itu bisa segera dilaksanakan. Diungkapkannya, apabila dokumen perencanaan tersebut belum siap hingga paling lambat awal Mei mendatang, maka pembangunan rusunawa kemungkinan tidak bisa dilaksanakan.

Sebab, jika dokumen perencanaan selesai setelah Mei, maka mulai pembangunannya akan molor, dan rampungnya pun nanti setelah Desember. Menanggapi hal itu, Wabup Irawan Prasetyadi menegaskan, segala dokumen perencanaan secepatnya akan disiapkan sesuai batas waktu yang ditentukan.

Dengan demikian, proyek rusunawa itu bisa segera dilaksanakan dan selanjutnya difungsikan sebagai tempat tinggal yang layak huni setelah pembangunannya selesai. ''Anggaran pembangunan rusunawa itu bersumber dari bantuan Kementrian Pekerjaan Umum,'' jelasnya. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Supardiyono menjelaskan, pembangunan rusunawa tahun anggaran 2014 ini direncanakan di tiga lokasi dengan menggunakan tanah pemkab, yakni di Kranggan, Kertosari Temanggung dan di Parakan Kauman. Untuk lokasi di Kranggan tanahnya sudah diratakan, sedangkan di Kertosari dan Parakan Kauman secepatnya akan disiapkan.




Jakarta - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk mendapat proyek dari PT Pertamina (Persero) dengan total nilai mencapai USD 157,2 juta.

Sekretaris Perusahaan WIKA Natal Argawan Pardede mengatakan bahwa perusahaan konstruksi plat merah tersebut telah ditunjuk oleh PT Pertamina Persero sebagai pelaksana dua proyek di Pulau Sembu dan Tanjung Uban.

"WIKA ditunjuk Pertamina sebagai pelaksana dalam proyek pengembangan terminal BBM (bahan bakar minyak) Pulau Sembu dengan nilai proyek USD 94,8 juta," kata dia dalam keterangannya di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (20/22014).

Sementara satu proyek lainnya, yakni upgrading fasilitas penimbunan gasoline di Tanjung Uban dengan nilai proyek mencapai USD 62,4 juta.

Menurut Natal, kedua proyek tersebut akan dilaksanakan dalam tempo 24 bulan kalender, terhitung sejak ditandatanganinya berita acara serah terima lahan.

Sementara WIKA pada tahun ini membidik total kontrak mencapai Rp. 49,97 triliun, yang berasal dari kontrak baru senilai Rp25,8 triliun dan sisanya Rp24,14 triliun merupakan kontrak bawaan (carry over) tahun sebelumnya.

Adapun, komposisi perolehan kontrak baru tahun ini, mayoritas masih berasal dari induk perusahaan dengan porsi mencapai 70 persen. Sedangkan sisanya 30 persen dikontribusi dari kontrak yang berasal dari entitas anak.




Senior Technician - KEI
PT. Tri Swardana Utama
GRAHA INTI FAUZI, Pejaten Barat
DKI Jakarta, Indonesia

Responsibilities :
Cover KEI service activity.

Requirements :
  • Male.
  • Minimum 2 years experience in heavy duty truck / heavy equipment industries.
  • Famiiar with Mercedes-Benz Heavy Duty Truck or Commercial Vehicles will be anvantage.
  • Minimum SMU any major.
  • Proficient in English (oral & written) in essential.
  • Excellent sales skill, mechanical skill and product knowledge.
  • Able to work as individual or team, attention to detail of work.
  • Able to work under time target & estimation, problem solver, transfer knowledge to customer/team.

Company Overview :
PT Tri Swardana Utama - a fast growing company as a subsidiary of PT. Mahadana Dasha Utama (Tiara Marga Trakindo Group Company) - authorized Mercedes-Benz Heavy Duty truck dealer, SEM Heavy Equipment and General Parts Commodity.

Closing Date :
16 Maret 2014.


Please send your application to :
hrd@tsu.co.id
cc. to : tsu.recruitment@gmail.com
Subject : Senior Technician - KEI - Data Applied (mm/dd/yyyy)



http://www.mediaproyek.com/

Alat-alat berat merupakan alat yang digunakan untuk membantu manusia dalam melakukan pekerjaan pembangunan suatu struktur bangunan. Alat berat merupakan faktor penting didalam proyek, terutama proyek-proyek konstruksi maupun pertambangan dan kegiatan lainnya dengan skala yang besar (Rostiyanti 2009)

Tujuan dari penggunaan alat-alat berat tersebut adalah untuk memudahkan manusia dalam mengerjakan pekerjaannya, sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai dengan lebih mudah dengan waktu yang relatif lebih singkat.

Alat berat yang umum dipakai dalam proyek kostruksi antara lain :
  • Dozer.
  • Alat gali (excavator) seperti backhoe, front shovel, clamshell.
  • Alat pengangkut seperti loader, truck dan conveyor belt.
  • Alat pemadat tanah seperti roller dan compactor, dan lain lain.

Klasifikasi alat-alat berat
Alat berat juga dapat dikategorikan ke dalam beberapa klasifikasi. Klasifikasi tersebut adalah klasifikasi fungsional alat berat dan klasifikasi operasional alat berat.

1. Klasifikasi Fungsional Alat Berat
Yang dimaksud dengan klasifikasi fungsional alat berat adalah pembagian alat tersebut berdasarkan fungsi-fungsi utama alat. Berdasarkan fungsinya alat berat dapat dibagi atas berikut ini (Rostiyanti 2009) :
a. Alat Pengolah Lahan
Kondisi lahan proyek kadang-kadang masih merupakan lahan asli yang harus dipersiapkan sebelum lahan tersebut mulai diolah. Jika pada lahan masih terdapat semak atau pepohonan maka pembukaan lahan dapat dilakukan dengan menggunakan dozer. Untuk pengangkatan lapisan tanah paling atas dapat digunakan scraper. Sedangkan untuk pembentukan permukaan supaya rata selain dozer dapat digunakan juga motor grader.

Bulldozer dapat dibedakan menjadi dua yakni menggunakan roda kelabang (Crawler Tractor Dozer) dan Buldoser yang menggunakan roda karet (Wheel Tractor Dozer). Pada dasarnya Buldoser menggunakan traktor sebagai tempat dudukan penggerak utama, tetapi lazimnya traktor tersebut dilengkapi dengan sudu sehingga dapat berfungsi sebagai Buldoser yang bisa untuk menggusur tanah.

Buldoser digunakan sebagai alat pendorong tanah lurus ke depan maupun ke samping, tergantung pada sumbu kendaraannya. Untuk pekerjaan di rawa digunakan jenis Buldoser khusus yang disebut Swamp Bulldozer.

b. Alat Penggali
Jenis alat ini dikenal juga dengan istilah excavator. Beberapa alat berat digunakan untuk menggali tanah dan batuan. Yang termasuk di dalam kategori ini adalah front shovel, backhoe, dragline, dan clamshell.

c. Alat Pengangkut Material
Crane termasuk di dalam kategori alat pengangkut material, karena alat ini dapat mengangkut material secara vertical dan kemudian memindahkannya secara horizontal pada jarak jangkau yang relatif kecil. Untuk pengangkutan material lepas (loose material) dengan jarak tempuh yang relatif jauh, alat yang digunakan dapat berupa belt, truck dan wagon. Alat-alat ini memerlukan alat lain yang membantu memuat material ke dalamnya.

d. Alat Pemindahan Material
Yang termasuk dalam kategori ini adalah alat yang biasanya tidak digunakan sebagai alat transportasi tetapi digunakan untuk memindahkan material dari satu alat ke alat yang lain. Loader dan dozer adalah alat pemindahan material.

e. Alat Pemadat
Jika pada suatu lahan dilakukan penimbunan maka pada lahan tersebut perlu dilakukan pemadatan. Pemadatan juga dilakukan untuk pembuatan jalan, baik untuk jalan tanah dan jalan dengan perkerasan lentur maupun perkerasan kaku. Yang termasuk sebagai alat pemadat adalah tamping roller, pneumatictiredroller, compactor, dan lain-lain. Pekerjaan pembuatan landasan pesawat terbang, jalan raya, tanggul sungai dan sebagainya tanah perlu dipadatkan semaksimal mungkin. Pekerjaan pemadatan tanah dalam skala kecil pemadatan tanah dapat dilakukan dengan cara menggenangi dan membiarkan tanah menyusust dengan sendirinya, namun cara ini perlu waktu lama dan hasilnya kurang sempurna, agar tanah benar-benar mampat secara sempurna diperlukan cara-cara mekanis untuk pemadatan tanah.

Pemadatan tanah secara mekanis umumnya dilakukan dengan menggunakan mesin penggilas (Roller). Klasifikasi Roller yang dikenal antara lain adalah:
  • Berdasarkan cara geraknya, yaitu  ada yang bergerak sendiri, tapi ada juga yang harus ditarik traktor.
  • Berdasarkan bahan roda penggilasnya, yaitu ada yang terbuat dari baja (Steel Wheel) dan ada yang terbuat dari karet (pneumatic).
  • Dilihat dari bentuk permukaan roda, yaitu ada yang punya permukaan halus (plain), bersegmen, berbentuk grid, berbentuk kaki domba, dan sebagainya.
  • Dilihat dari susunan roda gilasnya, yaitu ada yang dengan roda tiga (Three Wheel), roda dua (Tandem Roller), dan Three Axle Tandem Roller.
  • Alat pemadat yang menggunakan penggetar (vibrator).

f. Alat Pemroses Material
Alat ini dipakai untuk mengubah batuan dan mineral alam menjadi suatu bentuk dan ukuran yang diinginkan. Hasil dari alat ini misalnya adalah batuan bergradasi, semen, beton, dan aspal. Yang termasuk didalam alat ini adalah crusher dan concrete mixer truck. Alat yang dapat mencampur material-material di atas juga dikategorikan ke dalam alat pemroses material seperti concretebatch plant dan asphalt mixing plant.

g. Alat Penempatan Akhir Material
Alat digolongkan pada kategori ini karena fungsinya yaitu untuk menempatkan material pada tempat yang telah ditentukan. Ditempat atau lokasi ini material disebarkan secara merata dan dipadatkan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Yang termasuk di dalam kategori ini adalah concrete spreader, asphalt paver, motor grader, dan alat pemadat.

2. Klasifikasi Operasional Alat Berat
Alat-alat berat dalam pengoperasiannya dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain atau tidak dapat digerakan atau statis. Jadi klasifikasi alat berdasarkan pergerakannya dapat dibagi atas berikut ini :
a. Alat dengan Penggerak
Alat penggerak merupakan bagian dari alat berat yang menerjemahkan hasil dari mesin menjadi kerja. Bentuk dari alat penggerak adalah crawler atau roda kelabang dan ban karet. Sedangkan belt merupakan alat penggerak pada conveyor belt.

b. Alat Statis
Yang termasuk dalam kategori ini adalah towercrane, batching plant, baik untuk beton maupun untuk aspal serta crusher plant.

Crane (alat pengangkat) jenisnya ada bermacam-macam: Crane gelegar, crane kolom putar, crane putar, crane portal, crane menara, crane kabel, dan mobil crane. Beberapa jenis Crane banyak digunakan dalam proyek-proyek bangunan sipil yang berkaitan dengan pemindahan tanah adalah mobile crane, sebab crane ini dapat dengan mudah dipindah-pindahkan, karena pekerjaan pemindahan tanah secara mekanis membutuhkan mobilitas alat yang relatif tinggi.

Demikian sedikit ulasan tentang klasifikasi alat berat dalam proyek. Semoga bermanfaat dan terima kasih. 



http://www.mediaproyek.com/

Pada postingan kali ini kami akan membahas tentang kegiatan topping off dalam sebuah proyek. Kalau bagi anda yang sudah malang melintang di proyek, istilah topping off sudah tidak asing lagi. Akan tetapi bagi yang masih awam atau yang baru terjun di proyek, mungkin sebagian dari kita belum tahu apa itu topping off. Maka dengan demikian, tak ada salahnya pada kesempatan kali ini akan kami postingkan apa itu topping off?

Topping off adalah suatu kegiatan pemasangan atau penutupan atap bangunan sebagai tanda berakhirnya proses konstruksi. Biasanya ceremony topping off ini sangat berguna bagi pihak marketing, lebih-lebih apabila suatu proyek tersebut dijual / disewakan seperti proyek apartemen, hotel, perkantoran dan lain-lain sehingga pihak marketing bisa mengumumkan kepada tenant bahwa progress proyek tersebut sudah berakhir proses konstruksinya, tinggal melanjutkan finishingnya.

Sedikit bercerita tentang topping off yang kami dapatkan dari berbagai sumber, bahwa memang di suatu daerah ada beberapa cerita yang mungkin sudah menjadi sebuah tradisi / ritual daerah tersebut tentang topping off.

Awalnya, ritual ini berasal dari Scandinavia Kuno, mereka menyematkan pohon pada puncak suatu bangunan untuk menenangkan roh-roh pohon-tempat tinggal nenek moyang mereka yang telah mengungsi. Ritual tersebut terbawa ke Inggris oleh Scandinavian invaders. Kemudian ritual ini jadi kebiasaan di Inggris, Jerman, Czech, dan Polandia.

Kemudian tradisi tersebut terbawa ke Amerika oleh pengrajin-pengrajin Eropa. Sebuah pohon atau dedaunan diletakkan di balok kayu paling atas, seringkali disertakan pula bendera dan pita terikat. Balok terakhir yang dipasang itu biasanya dicat putih dan ditandatangi oleh semua pekerja yang terlibat.

Sekarang, upacara seperti itu tidak lagi mengandung unsur religius, tetapi justru sudah menjadi sesuatu yang formal pada pelaksanaannya. Semua yang terlibat dalam konstruksi ini datang untuk merayakan, termasuk pejabat-pejabat tingginya. Bahkan upacara ini sering sengaja diliput media, untuk kepentingan Public Relation.

Ritual ini tidak memiliki patokan. Ada yang menyematkan pohon cemara sebagai lambang pertumbuhan dan membawa keberuntungan. Bendera negara sering juga dijunjung tinggi untuk disematkan di puncak bangunan tersebut. Ritual ini mirip dengan ritual penamaan dan peluncuran kapal pada jaman kuno yang bertujuan menenangkan para dewa dan untuk melindungi bangunan dari bahaya.

Dalam ritual jawa, topping off selain menyematkan pohon cemara dan bendera negara, juga disematkan batang padi dan kelapa di puncak bangunan tersebut. Entah apa maksud dari itu semua, namun mungkin tujuan dari beberapa ritual tersebut dimaksudkan agar membawa keberuntungan dan melindungi bangunan tersebut apabila nanti ditempati.

Demikian sedikit ulasan tentang topping off, semoga bermanfaat.




Salatiga - Pemkot Salatiga membuka peluang perkembangan pasar modern di wilayahnya. Izin pendirian swalayan akan terus diberikan sepanjang sesuai regulasi serta mendapat persetujuan dari lingkungan (masyarakat).

Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPPTPM) Kota Salatiga Bustanul Arifin mengatakan, pemkot tidak akan membatasi pertumbuhan pasar modern. Alasannya, usaha di bidang perdagangan ini bisa menyerap tenaga kerja dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Atas dasar itu, kami akan mendukung pertumbuhan perdagangan, termasuk pendirian pasar modern. Kami akan membuka peluang bagi investor yang akan menanamkan modalnya untuk mendirikan pasar modern di Salatiga,” katanya, kemarin.

Menurut Bustanul Arifin, pertumbuhan pasar modern tidak akan mematikan pasar tradisional. Sebab, masing-masing pasar itu memiliki konsumen sendiri-sendiri. Disinggung mengenai pembangunan mal di lahan eks Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0714 Salatiga di Jalan Diponegoro, Bustanul mengatakan, Pemkot Salatiga telah mengeluarkan izin pembangunan mal berkonsep city walk tersebut.

“Saat ini pembangunan tinggal menunggu izin amdal (analisis mengenai dampak lingkungan) dari Badan Lingkungan Hidup Provinsi Jateng selesai diproses,” katanya. Izin pembangunan mal sebenarnya telah dikeluarkan sejak beberapa tahun lalu oleh Wali Kota Salatiga John Manuel Manoppo.

Pemkot mendukung pembangunan mal tersebut karena bisa menyerap tenaga kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Salatiga. Selain itu, juga menunjang pertumbuhan investasi di Salatiga. “Pemkot Salatiga memiliki program ramah investor. Karena itu, kami akan membuka pintu dan mendukung pelaksanaan investasi di Salatiga,” katanya.

Wali Kota Salatiga Yuliyanto membenarkan, Pemkot Salatiga tidak akan membatasi pertumbuhan pasar modern. Sebab pasar modern memiliki pangsa pasar tersendiri dan bisa menunjang pertumbuhan ekonomi di Salatiga.

“Dasar pengeluaran izin pasar modern adalah persetujuan masyarakat. Jika masyarakat di sekitar lingkungan lokasi pendirian pasar modern memberikan izin, kami akan mengizinkan. Tapi jika masyarakat menolak, izin tidak akan kami keluarkan,” tandasnya.





Service Manager
PT. Datascrip
Datascrip Office Building
Jl. Selaparang Blok B. 15 Kav. 9
Kompleks Kemayoran Jakarta Pusat 10610

Responsibilities :
  • Melakukan tugas koordinasi yang sesuai dengan KPI yang ditetapkan.
  • Memberikan solusi terhadap masalah-masalah yang timbul seputar perbaikan mesin dan pelayanan kepada Customer.
  • Menjalin hubungan baik dengan pelanggan.

Requirements :
  • Usia 31-35 tahun.
  • Pendidikan minimal D3 Elektronika.
  • Memiliki pengalaman minimal 3 tahun sebagai Leader di Showroom/Service Center yang menjual produk-produk elektronik (Komputer, Kamera, Handphone atau Security System).
  • Memiliki pengalaman menangani produk IT.
  • Mampu memimpin dan memotivasi anak buah.
  • Menguasai aplikasi Ms. Office.
  • Fasih menggunakan Bahasa Inggris.
  • Berdomisili di Yogyakarta.

Company Overview :
The company started a humble stationery shop in 1969. With increasing product line up from stationery to office equipment, office machines, drafting machines, office furniture, computer, printers and peripherals, the company has experienced several repositionings to keep pace with the changing business world. In 1979 as Office Systems, 1985 as Systems for Business, and in 1997 as The Office Solutions company. Since the beginning of year 2000 we have established the Information Technology Division and repositioned Datascrip to Business Solutions. We now not only market hardware but also software and offer solutions to meet the sophisticated business needs of today. Keeping our existing product portfolio and 30 years of management experience to form the core strength of an IT plus company. Marketing and Sales are run by divisions as strategic business units headed by professional Division Managers. Our showroom and product display is designed with the interest and comfort of a business executive in mind. Just a one business visit to find all your business needs. We will be happy to serve you as our clients and business partners.

Closing Date :
16 Maret 2014.


Segera kirimkan resume dan foto terbaru ke :
recruit@datascrip.co.id 





ME Inspector
Synthesis Development
Jl. Basuki Rahmat, Jakarta Timur
DKI Jakarta, Indonesia

Requirements :
  • Candidate must posses at least a Diploma, Bachelor's Degree, Master's Degree in Engineering (Electrical/Electronic), Engineering (Mechanical) or equivalent.
  • At least 3 years of working experiences as Mechanical & Electrical Inspector from reputable developer company or contractor.
  • Strong capabilities in computer program such as Ms. Officer and Autocad.
  • Having analytical capabilities for reporting data.
  • Full-Time position(s) available.

Company Overview :
Synthesis Development is a company engaged in property development and residential apartment located in Jakarta. We have handled Kalibata City, The Plaza Semanggi, Casablanca Mansion, The Lavande Apartment, De Oaze Tomang Residence, Nusa Dua Convention Center, Plaza Pulomas, Festival City Bandung, Urbana Place Bintaro and now develop Bassura City Superblock.

Closing Date :
01 Maret 2014.


Send your comprehensive resume and photograph to :
hrd@synthesis-development.com
Subject : ME Inspector



http://www.mediaproyek.com/

Setelah pada postingan yang lalu telah diuraikan tentang Gas Water Heater, Water Heater Listrik dan Solar Water Heater, pada kesempatan kali ini kita lanjutkan masih seputar tentang jenis water yang lain yaitu Heat Exchanger Water Heater.

Dinamakan Heat Exchanger ini adalah karena sumber panas dari pemanas air ini adalah diambil dari udara panas yang dihembuskan oleh compressor AC rumah. Sebagaimana diketahui bahwa untuk mendinginkan ruangan, AC rumah mengandalkan compressor memompakan freon yang mengembun dan sebagai gantinya udara panasnya dibuang oleh compresor keluar. Prinsip kerja heat exchanger water heater ini adalah mengumpulkan panas yang dibuang oleh compressor kemudian dialirkan ke tabung penyimpanan air untuk memanaskan air disana. Pemanas air jenis ini tidak mempunyai bentuk yang spesifik selain mempunyai satu tangki penyimpan air panas seperti yang terdapat pada jenis pemanas air yang lain.

Pemanas air dengan prinsip kerja heat exchange ini sebenarnya adalah solusi yang sangat efisien dan murah karena sama sekali tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lain kecuali hanya membayar biaya listrik akibat pemakaian AC saja. Jadi selain mendapat dinginnya dari AC, sekaligus juga memanfaatkan pembuangan panasnya untuk memanaskan air.

Pemanas air jenis ini tidak ada yang dijual “ready for use”, artinya perlu dirakit sendiri sesuai dengan yang dibutuhkan. Namun repotnya tidak banyak orang yang mengerti cara kerja dan teknik pemasangannya sehingga tidak mudah mencari tukang yang bisa langsung pasang. Selain itu perlu juga mempertimbangkan faktor jarak antara compressor ke tangki pemanas air serta jarak ke kamar mandi. Hal tersebut dikarenakan sifat rambatan panas yang cepat hilang jika harus dilewatkan pada media yang cukup panjang.

Demikian sedikit ulasan tentang Heat Exchanger Water Heater. Semoga bermanfaat.