Poker Asli Indonesia

http://www.mediaproyek.com/

Jika kita jalan-jalan ke Bali, pasti kita akan mudah menemukan bangunan dengan dinding batu bata expose. Batu bata ini biasa dikenal dengan nama Bata Gosok Bali. Dinamai Batu Bata Gosok dikarenakan pada saat menempelkan batu bata ini tidak menggunakan semen, melainkan cukup digosok-gosokkan ke sesamanya menggunakan sedikit air sehingga tanah liat pembentuknya akan merekat.

Batu bata ini diexpose menggunakan nat-nat yang sangat tipis. Harga batu bata ini memang lebih mahal dari batu bata biasa namun kualitasnya jauh lebih baik. Batu bata ini memiliki serat dan agregat yang lebih halus, sehingga setelah dipasang dapat diukir sesuai keinginan.

Adapun cara penggunaannya, sebelum dipasang, batu bata ini dibelah menjadi dua bagian sehingga menjadi lebih efisien dan hemat. Setelah dibelah, keduanya diserut menjadi ukuran yang ditentukan. Untuk menempelkan seperti yang telah diungkapkan di atas, tidak menggunakan semen, melainkan cukup digosok-gosokkan ke sesamanya menggunakan sedikit air sehingga tanah liat pembentuknya akan merekat. Cara ini telah berlangsung selama ratusan tahun dan menjadi salah satu ciri khas bangunan tradisional Bali.

Bata gosok bali dihasilkan di daerah Tulikup Kabupaten Klungkung Bali, sekitar 40 km timur kota Denpasar.

Pada saat sekarang ini sudah mulai ada pergeseran dalam menggunakan bata expose di Bali. Yang digunakan akhir-akhir ini bukanlah bata gosok Tulikup. Yang digunakan adalah bata biasa dengan kualitas yang baik terutama dalam segi presisi ukurannya. Ukuran bata yang digunakan adalah ukuran bata jenis tebal. Cara pemasangannya hampir sama dengan bata gosok, tetapi tidak diserut dan masih tanpa nat. Kelihatannya lebih alami.

Demikian sedikit gambaran tentang material batu bata gosok bali. Semoga dapat membantu anda dalam menentukan material dinding di rumah anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih.




Bandung Barat - Masih ada sejumlah bangunan yang belum dibebaskan dalam proyek Underpass Padalarang di Kabupaten Bandung Barat. Pasalnya, pencairan anggaran pembebasan lahan terburu tutup tahun.

Kepala Dinas Bina Marga Sumber Daya Air dan Pertambangan KBB, Rachmat Adang Syafaat mengatakan, bangunan yang belum terbebaskan itu jumlahnya ada enam unit. Keenam bangunan itu terletak di daerah Panaris. Menurutnya, pembebasan lahan terhadap bangunan-bangunan itu akan dilakukan pada tahun ini.

"Kemarin tidak sempat dicairkan anggaran untuk pembebasan lahannya, karena sudah terburu tutup tahun. Tahun ini akan segera dilaksanakan. Apalagi proses jacking sudah selesai," tuturnya.

Dia menambahkan, pengukuran lahan keenam bangunan yang belum terbebaskan itu sudah dilakukan oleh Badan Pertanahan Nasional. Menurutnya, hasil pengukuran BPN akan menjadi acuan untuk pembayaran pembebasan lahan. Mengenai nominal pembebasan lahan per meternya, Rachmat menolak untuk menyebutkannya.

"Pastinya untuk saat ini, tahapan yang akan dilakukan selanjutnya adalah menyusun infrastruktur pendukung underpass, selain membebaskan rumah untuk kepentingan jalan," ujarnya.

Rachmat memaksudkan infrastruktur pendukung itu seperti sistem drainase, serta peningkatan jalan yang ada di underpass. Untuk sistem drainase, dia menambahkan, di sisi jalan yang terlewati underpass akan dibuat sistem drainase. Tujuannya untuk memperlancar aliran air serta menghindari adanya kemungkinan longsor.

Sementara untuk peningkatan jalan, dia menyebutkan, peningkatan jalan itu akan dilakukan sepanjang 7 kilometer. Panjangnya itu meliputi Kecamatan Padalarang (lokasi di mana underpass berada), hingga Kecamatan Cisarua.

Dia menyebutkan, lebar eksisting jalan yang ada saat ini antara Kecamatan Padalarang hingga Cisarua adalah 4 meter. "Peningkatan jalan itu pada dasarnya adalah memaksimalkan pelebaran bahu jalan saja. Nanti bahu jalan antara 0,5-1 meter akan dimaksimalkan untuk bisa membuat jalan sedikit lebih lebar," ujarnya.

Pendanaan infrastuktur Underpass Padalarang ini pembiayaannya berasal dari APBD Provinsi Jabar. Sementara untuk Pemkab, Rachmat mengatakan, titik beratnya lebih kepada penanganan teknis di sekitar proyek underpass.

Kepala Bagian Pembangunan KBB, Hendra Trismayadi mengatakan, Pemkab melalui Dinas Bina Marga memiliki dana Rp 4 miliar untuk pembebasan lahan bagi keenam bangunan tersebut. Bila telah ada kesepakatan dengan pemilik bangunan, pencairan dana tersebut bisa diselesaikan pada Februari tahun ini.

"Bangunan yang masih belum dibebaskan itu karena masih belum menemukan kesepakatan antara harga tanah yang diajukan oleh pemilik bangunan dan pemkab," ujarnya.

Dia mengatakan, dalam pembebasan lahan, harga tanah yang diajukan Pemkab berdasarkan pada perhitungan konsultan independen, dimana harga paling tinggi sebesar Rp 3 juta per meter persegi, dan paling rendah Rp 2,7 juta per meter persegi. Sementara beberapa pemilik bangunan mengajukan harga tanah sebesar Rp 5 juta per meter persegi.

Pada tahun ini, Hendra mengatakan, perundingan akan dilakukan dengan memasukkan pula komponen harga bangunan. Dengan demikian, harga pembebasan lahan yang ditawarkan Pemkab jumlahnya akan lebih besar dari perhitungan tahun lalu yang hanya memasukkan komponen harga tanah saja.





Service Department Head (SDH)
PT. United Tractors, Tbk
Jl. Raya Bekasi Km 22
Jakarta 13910

Requirements :
  • IPK Minimal 3.00 skala 4.00
  • Usia maksimal 26 tahun.
  • Minimal pendidikan S1 Teknik Mesin, Teknik Elektro.
  • Terbuka bagi mahasiswa semester akhir.
  • Kreatif, komunikatif, dapat melakukan presentasi dengan baik.
  • Memiliki kepribadian yang dinamis dan mudah bekerjasama.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.

Company Overview :
United Tractors (UT/the Company) is the leading and the largest distributor of heavy equipments in the Indonesia, providing products from world-renowned brands such as Komatsu, UD Trucks, Scania, Bomag, Tadano, and Komatsu Forest.

We are a company with a long history. Established on October 13th, 1972, the Company reached an important milestone on September 19th, 1989, by listing its shares in Jakarta and Surabaya Stock Exchange as PT United Tractors Tbk (UNTR), with PT Astra International Tbk as the majority shareholder. This initial public offering marked the United Tractors’ commitment of becoming the world-class solution-driven company in heavy equipment, mining, and energy for the benefit of stakeholders.

Closing Date :
15 Februari 2014.


Daftarkan diri anda ke :
career.unitedtractors.com
Subjek : Kode Posisi

Info selanjutnya kunjungi website kami :





Project Manager (PM)
PT. Red Planet Hotels Indonesia
Menara Imperium 11th Floor
Jl. HR Rasuna Said Kav 1 Suite B1
Jakarta 12980

Responsibilities :
  • Implementing the whole plan from management on the field and make sure that projects run and finish on schedule.
  • Responsibilities include analysis and reporting of all matters associated with the contractors work.
  • General duties of a construction manager.

Requirements :
  • Minimum Bachelor Degree of Civil Engineering / Architecture preferred.
  • Minimum 5 years experiences as project manager preferably hotel building construction.
  • Computer literate in using MS. Office and MS. Project.
  • Male.
  • Minimum age 35 years old.
  • Honest, hard working, dedicated, firm, fast, timely.
  • Able to work under pressure and independently.

Company Overview :
Red Planet Hotels has quickly established itself as one of the regions fastest growing investment platforms within the limited service hospitality sector.
The Company is a focused developer, owner and operator of hotels which are either franchised or managed by Tune Hotels.

Closing Date :
09 Februari 2014.


Please send your CV & Application Letter to :
hr.redplanethotels@gmail.com



http://www.mediaproyek.com/

Dalam sebuah proyek, sering kita mendengar adanya pihak yang dinamakan Subkontraktor. Pada kesempatan kali ini penulis tertarik ingin memposting apa itu subkontraktor dalam sebuah proyek?

Pada kesempatan yang lalu pada saat pembahasan Struktur Organisasi Proyek Kontruksi, tidak kita lihat adanya pihak Subkontraktor dalam sebuah struktur organisasi proyek. Subkontraktor merupakan sebuah pihak yang ikut dalam pelaksana proyek di bawah kendali Main Kontraktor. Subkontraktor bekerja dan mengikat kontrak dengan Main Kontraktor.

Pada tahap pelaksanaan fisik di lapangan, seringkali Main Kontraktor dipusingkan dengan adanya banyak paket pekerjaan. Oleh sebab itu, biasanya Main Kontraktor merekrut Subkontraktor untuk mengerjakan paket-paket pekerjaan tersebut. Selain alasan tersebut, ada alasan lain yang membuat sebuah proyek menggunakan jasa subkontraktor, antara lain :
  1. Jenis pekerjaan yang bersifat khusus dan spesialis. Sebagai contoh pekerjaan baja akan lebih efisien diserahkan kepada perusahaan yang memang spesialis dibidang baja sebagai subkontraktor daripada dikerjakan sendiri oleh Main Kontraktor.
  2. Tersedianya Perusahaan Subkontraktor yang mampu dan bonafide. Perusahaan yang mampu secara teknis dan finansial adalah faktor utama dalam mempertimbangkan penyerahan bagian lingkup proyek kepada subkontraktor, disamping harga yang wajar.
  3. Kebijakan Pemerintah. Untuk jenis pekerjaan tertentu, Pemerintah menginginkan dikerjakan oleh perusahaan setempat yang dianggap mampu. Hal ini mendorong adanya subkontraktor.

Subkontraktor dibedakan menjadi 2 macam, yaitu :
  1. Subkontraktor yang menyediakan pekerja saja, yaitu subkontraktor yang dalam melaksanakan pekerjaan bangunan/konstruksi hanya menyediakan tenaga kerja dan alat kerja konstruksi (traktor, mesin pancang, dan sebagainya), sedangkan bahan bangunan disediakan oleh perusahaan yang mensubkontrakkan.
  2. Subkontraktor yang menyediakan pekerja dan material konstruksi, yaitu subkontraktor yang menerima dan melaksanakan sebagian/seluruh pekerjaan/proyek konstruksi yang disubkontrakkan secara penuh oleh perusahaan kontraktor, artinya penyediaan bahan bangunan dan tenaga kerja seluruhnya adalah tanggung jawab subkontraktor.

Pada dasarnya dalam mengelola pekerjaan subkontraktor sama dengan pekerjaan main kontraktor. Hanya ada beberapa hal yang menuntut perhatian yang lebih besar, karena disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut :
  1. Volume pekerjaan tidak begitu besar.
  2. Spesialisasi pada jenis pekerjaan tertentu.
  3. Tidak melengkapi diri dengan prosedur atau sistem pengendalian yang lengkap.
  4. Perkiraan biaya untuk pembanding.

Untuk cara pemilihan subkontraktor sebaiknya didadakan tender fight sehingga dari sub ada kompetitif yang positif baik harga maupun metode kerja yang efisien.

Untuk menghasilkan kerja sama yang baik dengan subkontraktor, ada beberapa cara yang harus dilakukan, antara lain :
  1. Sebelum pekerjaan dimulai harus dibuat Surat-Surat Kerja Sama yang isinya Lingkup pekerjaan yang akan dikerjakan oleh sub kontraktor, Nilai Pekerjaan, Spesifikasi dan pasal-pasal lain yang perlu dicantumkan.
  2. Kesanggupan menempatkan seorang pelaksana yang selalu berada dilapangan dan
  3. diberi wewenang oleh Sub Kontraktor yang bersangkutan sehingga memudahkan
  4. komunikasi antara Sub Kontraktor dengan Main Kontraktor.
  5. Supaya membuat Time Schedule penyelesaian Proyek, disesuaikan dengan Time Schedule Main Kontraktor.
  6. Jadwal Pendatangan Material.
  7. Jadwal pendatangan Man Power.
  8. Segera menyelesaikan Opname pekerjaan, sebelum pekerjaan berakhir.
  9. Sub Kontraktor diwajibkan membuat gambar perencanaan dan gambar kerja saat
  10. pelaksanaan, serta As Built Drawing.
  11. Sub kontraktor harus membuat metode pekerjaan sebelum memulai pekerjaan.
  12. Dibuatkan contoh material dan mock-up dan brosur.
  13. Memberikan kartu garansi / jaminan serta buku manual operating.

Demikian beberapa ulasan tentang subkontraktor dalam sebuah proyek. Semoga bermanfaat dan terima kasih.




Surabaya - Titik terang rencana Pemkot Surabaya membenahi kondisi Kebun Binatang Surabaya (KBS) akan segera terwujud. Tentunya pembenahan ini membutuhkan anggaran yang besar.

Namun, Walikota Surabaya mengatakan, tidak ada bentuk bantuan dana sepeserpun dari para investor. "Ndak, ndak ada investor. Disini kami hanya mengantungkan dari pemasukan tiket dan subsidi APBD," ungkap Tri Rismaharini, Kamis (23/1/2014).

Soal anggaran yang dipakai, Pemkot Surabaya telah mengalokasikan dana sebesar Rp 51 miliar dari APBD. Termasuk anggaran sekitar Rp 10,7 miliar dari tahun lalu.

Disisi lain, Risma juga membuka segala bentuk kerjasama untuk membangun KBS menjadi lebih baik. Rencana ini ternyata menumbuhkan optimisme publik tak hanya di dalam, tetapi juga dari luar negeri. Diantaranya, sejumlah konsulat jendral (konjen) negara sahabat seperti Amerika Serikat, Jepang dan China sudah menawarkan diri membantu pengembangan KBS.

"Kami dibantu banyak hal nanti. Baik tenaga ahli medis bidang konservasi satwa dan perbaikan nutrisi. Sama sekali tidak ada kompensasi. Mereka memberi bantuan secara sukarela atas dasar kecintaan akan hewan," tandasnya.

Selain pengembangan, sistem pengamanan di KBS juga semakin diperketat. Untuk pengamanan satwa, pihak Polda Jatim menawarkan kerjasama. Begitupula rencana pemasangan CCTV dibeberapa lokasi di dalam KBS, sudah dilaksanakan.

Sekitar 52 CCTV, aku Risma sudah terpasang sejak sepekan ini. "Sudah saya pasang. Tapi lokasinya saya gak kasih tahu. Memang sengaja disembunyikan," pungkasnya.




Boyolali - Sepanjang 80 kilometer jalan di Boyolali dalam kondisinya rusak berat, termasuk yang paling parah di kawasan utara menuju Kecamatan Juwangi. Tahun ini jalan menuju Juwangi tersebut baik dari Wonosegoro maupun Kemusu akan menjadi prioritas pembangunan Pemkab Boyolali.

M Qodri, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Energi Sumber Daya Mineral (DPU ESDM) Boyolali mengungkapkan, tahun ini anggaran untuk infrastruktur jalan di dinasnya mencapai Rp 72,6 miliar. Diharapkan alokasi tersebut dapat digunakan untuk memperbaiki jalan rusak yang mencapai 80 kilometer tersebut.

Qodri menyatakan prioritas pembangunan jalan yang akan dilakukan adalah sekitar Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo, tempat kompleks perkantoran terpadu. Namun demikian ia juga memastikan kerusakan jalan di 19 kecamatan lainnya di Boyolali juga akan mendapatkan perbaikan, terutama untuk jalan-jalan yang mengalami rusak berat. Ia mengatakan kerusakan jalan yang parah terjadi di wilayah utara Boyolali. Kerusakan di daerah ini disebabkan karena wilayah utara Boyolali tanahnya lebih labil. Sehingga menurutnya perbaikan jalan di wilayah utara Boyolali ini akan dilakukan dengan cor beton. Dan tentunya perbaikan dengan cor beton lebih mahal dibanding dengan aspal biasa.

“Biaya untuk mengaspal satu kilometer jalan biasanya hingga Rp 1 Miliar, tetapi kalau dicor Rp 1 miliar hanya bisa untuk 600 meter saja. Perbaikan jalan dengan cor memang butuh anggaran yang lebih besa,” ungkap Qodri. Ia mengatakan pada tahun ini jalan yang akan diperbaiki di antaranya 15 kilometer jalan Kemusu-Juwangi. Sementara jalan rusak di jalan Wonosegoro-Juwangi masih tersisa 5 kilometer akan diperbaiki secara bertahap. Proyek pembangunan jalan ini akan dilakukan setelah musim penghujan selesai. Namun saat ini proyek-proyek perbaikan jalan tersebut sudah siap untuk dilelangkan. Selain pembangunan jalan, pembangunan jembatan Jerukan, penghubung Juwangi-Solo yang putus diterjang banjir juga akan dilakukan tahun ini.

Pada tahun ini Pemkab Boyolali memiliki sekitar 1.800 paket proyek. Lantaran banyaknya proyek-proyek tersebut sehingga Bupati Seno Samodro memajukan waktu lelang. “Minggu depan sudah bisa dilelang, sehingga diharapkan April mendatang sudah selesai lelangnya dan tinggal dikerjakan,” jelas Bupati.





Project Manager (Surabaya)
PT. Gunung Sari Pratama
Jalan Pandegiling, Surabaya
Jawa Timur, Indonesia

Responsibilities :
  • Melakukan penyambungan panel.
  • Setting rectifier.

Requirements :
  • Pria.
  • Pendidikan minimal D3 / S1 Teknik Listrik.
  • Memiliki pengalaman minimal 3 tahun dibidangnya.
  • Menguasai cash battery.
  • Bertanggungjawab tinggi pada pekerjaan.

Company Overview :
Sejak pertama didirikan pada tahun 1973, PT. Gunung Sari Pratama telah berkembang menjadi salah satu patner & mitra terpercaya Telkom Indonesia dalam bidang Konstruksi, Instalasi & Penyediaan Barang.

Closing Date :
22 Februari 2014.



http://www.mediaproyek.com/

Untuk memulai sebuah pekerjaan, pastinya kita selalu membuat rencana-rencana kerja. Tak terkecuali dalam pekerjaan K3 di proyek, kita harus membuat rencana-rencana kerja K3.

Rencana K3 dibuat bersamaan dengan Rencana Manajemen Proyek sebelum pekerjaan fisik konstruksi dimulai. Rencana K3 yang biasa dilakukan dalam sebuah proyek konstruksi meliputi :
  1. Struktur organisasi safety team dalam proyek.
  2. Uraian tugas dan tanggungjawab personil safety team.
  3. Identifikasi masalah K3.
  4. Site plan lengkap (Jalan keluar-masuk proyek, fasilitas K3 dan jalur evakuasi).
  5. Informasi (Peraturan K3, alamat dan nomor telepon Rumah Sakit dan Klinik terdekat, alamat dan nomor telepon Dinas Pemadam Kebakaran terdekat).
  6. Dokumen (Dokumen pendaftaran proyek pada kantor Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan, Dokumen pendaftaran proyek pada kantor Depnaker).

Adapun flowchart persiapan K3 dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

http://www.mediaproyek.com/

Demikian sedikit gambaran tentang rencana-rencana K3 dalam sebuah proyek. Terima kasih.



http://www.mediaproyek.com/

Pada kesempatan yang lalu telah kita bahas tentang Cara Kerja Saklar Hotel. Pada kesempatan kali ini tak ada salahnya kita kembali lagi ke awal untuk membahas cara instalasi saklar listrik. Mungkin diantara kita sudah hafal untuk menginstalasi saklar di rumah kita, namun mungkin juga ada beberapa diantara kita yang tidak mengetahuinya. Bahkan mungkin kita merasa takut untuk menginstalasi saklar di rumah kita, sebab kebanyakan takut salah sehingga nanti menimbulkan korsleting listrik dan bisa jadi berbahaya menimbulkan kebakaran di rumah kita.

Mari pembahasan kali ini kita awali dengan apa yang dimaksud dengan saklar? Seperti gambar di atas, Saklar adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk memutuskan jaringan listrik, atau untuk menghubungkannya. Jadi saklar pada dasarnya adalah alat penyambung atau pemutus aliran listrik.

Untuk jenis-jenis saklar banyak sekali. Namun pada kesempatan kali ini akan kami bahas saklar tunggal dan saklar seri beserta cara instalasinya.
1. Saklar Tunggal.
Saklar Tunggal adalah saklar yang digunakan untuk menghidupkan dan mematikan satu buah atau satu kelompok beban listrik. Dalam hal ini adalah beban penerangan atau lampu listrik. Adapun cara instalasi saklar tunggal bisa dilihat pada gambar di bawah ini :

http://www.mediaproyek.com/

Keteragan :
Dua kabel dari line, untuk kabel netral berwarna biru dihubungkan langsung ke lampu. Sedangkan kabel hitam (fasa) dihubungkan ke saklar, lalu dari saklar dihubungkan ke lampu.

2. Sakelar Seri.
Saklar Seri adalah saklar yang berfungsi sebagai pemutus dan penghubung rangkaian instalasi listrik satu lampu atau lebih secara bergantian. Adapun c
ara instalasi saklar seri dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

http://www.mediaproyek.com/

Keterangan :
Kabel netral berwarna biru dihubungkan langsung ke dua buah lampu. Sedangkan untuk kabel fasa berwarna hitam dihubungkan ke saklar seri. Sedangkan output dari masing-masing saklar seri dihubungkan ke masing-masing lampu.

Demikian sedikit ulasan tentang cara instalasi saklar listrik. Terima kasih.





Facilities & Utility Manager (Job Code : FUM)
PT. Lotte Shopping Indonesia
Jl. Lingkar Luar Selatan No. 6
Ciracas, Jakarta Timur, Indonesia

Responsibilities:
  • This position directs all aspects related with Facilities and Utility aspects, included upgrades facilities for remodeling of office space, identification of mechanical and electrical problems, transit improvement upgrades, urban design elements and the formulation of recommendations for the solution of those identified problems. This position also responsible for strategic planning for facilities and utility development, monitoring all aspect related with mechanical and electrical within stores all around Indonesia. The incumbent able to show innovative thinking for maintain efficient of power source, identify earlier and repair the damage on electronics and mechanical problems support stores operations.

Requirements:
  • Graduated from Minimum Bachelor Electrical or Mechanical Engineering.
  • Preferably experience as a Manager in the Retail or Manufacturing industries minimum 5 years experiences
  • Self starter, Result oriented, reliable, independent and able to work s a teamwork
  • Innovative showing strategic thinking for maintain efficient use of power source
  • Communication skill with all divisions and departments in providing information regarding all facility projects from design to construction and working together with 3rd party/contractor
  • Should has good understanding for electrical equipment and mechanical support, such as Chiller, Air Conditioning, Electrical, AHU, Elevator, etc
  • Has understanding in Safety (HSE) activities will be advantages.

Company Overview :
LOTTE MART INDONESIA is one of the most innovative multinational retail companies that currently expand operation in South East Asia Region (Visit our web: www.lottemart.co.id). Due to rapid expansion and grab our Mission to be No. 1 business retailer in Asia.

Closing Date :
21 Februari 2014


We offer a competitive remuneration and others benefit for selected candidate. If you interested in the vacancy and considered yourself meet the qualifications above, please send your latest Curriculum Vitae (CV) and put a code of position (TM) to e- mail address:
recruitment@lottemart.co.id




Solo - Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta dalam mengurai kemacetan di kawasan persimpangan sebidang seperti di Purwosari, terpaksa harus ditunda lagi. Pasalnya, pemerintah pusat selaku pemberi dana untuk proyek underpass ternyata tidak memasukkan anggaran proyek tersebut di APBN 2014. Padahal, sejumlah persiapan seperti pembuatan Detail Enginerring Design (DED) sudah selesai dilakukan sejak 2012 lalu.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Surakarta Yosca Herman Soedrajat saat ditemui, Sabtu (25/1) membenarkan penundaan itu. Padahal sebelumnya Pemkot sudah optimistis jika anggaran proyek underpass bakal dimasukkan di APBN 2014.

“Tetapi kemarin, ternyata kita lihat di APBN 2014 anggaran untuk proyek itu (underpass) sebesar Rp 85 miliar tidak ada, jadi kemungkinan baru akan dimasukkan lagi di 2015,” katanya.

Pasalnya, lanjut Yosca, jika akan dimasukkan di APBN Perubahan 2014 itu sangat tidak mungkin. Selain pemerintah pusat yang tidak menyetujuinya, Pemkot Surakarta pun tidak berani melaksanakannya, karena waktu yang sangat mepet.

Untuk itu, Pemkot Surakarta pun terpaksa harus menunggu lagi hingga satu tahun mendatang. “Padahal, kita sudah berupaya dan Pak Walikota pun juga sudah berupaya, tetapi masih tidak bisa,” terangnya.

Keberadaan underpass ini, kata Yosca sudah sangat mendesak. Mengingat jumlah perkembangan kendaraan yang tidak terkendali setiap tahunnya. Untuk saat ini saja, jumlah kendaraan yang masuk atau melintas di kota Surakarta sudah mencapai lebih kurang 2,5 juta kendaraan tiap harinya.

“Belum lagi, nantinya jika jalur Solo–Ngawi dan Semarang-Solo melalui Tol Solo-Kertosono itu rampung, kondisi lalu lintas di Kota Solo akan semakin parah,” tuturnya. Pada kesempatan yang sama, Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan, pihaknya akan terus berupaya agar proyek underpass bisa secepatnya terealisasi. “Ya kita akan terus mengupayakannya. Lebih cepat dilaksanakan agar tidak macet,” tuturnya.


#sumber : joglosemar.co






Engineering Manager
PT. Metrix Inspira
Cirendeu Raya, Kota Tangerang Selatan
Banten, Indonesia

Responsibilities :
  • Conduct and monitor the information technologies structure according to policies determined by the company.
  • Ensure maintenance of entire IT infrastructure.
  • Prepare systems and programs.

Requirements :
  • Male.
  • Age minimum 28 years old.
  • D3 or S1, Electro / Instrument / IT Software from Valid University.
  • At least 1 year of working experience in a related field (factory maintenance / project ).
  • Have good in English : good read, write carefully, speaking - enough.
  • Willing to work based on project targets and tasks out of town / island for a few days.
  • Understand about PLC and VB Software.

Company Overview :
PT. Metrix Inspira is previously an subsidiary division of focusing in packaging system. In year 2007, the management decided to separate the division entity into a new company due to nature of the business, while keep it is relatively new company, PT. Metrix Inspira has quickly gained trust from various multinational companies and listed as preferred vendor.

It's all because the unique of our capability to support our costumer, not only supplying the products, but also providing a solution for the packaging system, marking, coding and machine vision system.

Closing Date :
09 Februari 2014.


Please send your application to :
HR Department
hrd.mexins@ gmail.com
or by mail to :
PT. Metrix Inspira
Jl. Cempaka Putih Barat III No. 16D
Jakarta Pusat 10520



http://www.mediaproyek.com/

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa jenis pondasi terdiri dari 2 jenis, yaitu pondasi dangkal dan pondasi dalam. Salah satu jenis pondasi dangkal yaitu pondasi rollag bata.

Pondasi rollag bata merupakan pondasi yang diaplikasikan untuk menopang berat beban pada bangunan. Namun, pada saat ini pondasi rollag bata telah lama ditinggalkan. Selain mahal, pemasangannya pun membutuhkan waktu yang lama serta tidak memiliki kekuatan yang bisa diandalkan. Akan tetapi, pondasi ini tetap digunakan untuk menahan beban ringan, misalnya pada teras.

Rollag bata merupakan pondasi sederhana yang fungsinya bukan menyalurkan beban bangunan, melainkan untuk menyeimbangkan posisi lantai agar tidak terjadi amblas pada ujung lantai. Fungsinya hampir sama dengan sloof gantung namun rollag bata tidak sekuat sloof gantung dan tidak semahal sloof gantung. Pondasi rolag bata terbuat dari tumpukan bata yang dirangkai dengan adukan beton.

Perlu diingat juga bahwa pemilihan jenis pondasi bangunan harus menyesuaikan kondisi tanah agar posisi pondasi stabil serta tidak mengalami penurunan bangunan yang membahayakan kekuatan struktur bangunan.

Demikian sedikit ulasan tentang pondasi rollag bata. Terima kasih.

Temanggung - Untuk membuat Ruang Terbuka Hijau (RTH), Pemerintah Temaanggung mendapatkan gelontoran dana senilai Rp. 3,5 M dari Kementerian Pekerjaan Umum. Bantuan tersebut akan disasarkan pembuatan RTH di kawasan Sungai Progo.

"Ruang Terbuka Hijau (RTH) tersebut akan dibangun di sekitar Jembatan Progo sebelum masuk Kota Temanggung dari arah timur " kata Direktur Perkotaan, Direktoral Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum, Dadang Rukamana, usai menyampaikan paparan pembangunan RTH dan penataan Alun-Alun Temanggung di hadapan Bupati Temanggung Bambang Sukarno dan Anggota Komisi V DPR RI, Sudjadi.

Ia menyebutkan, program pembangunan RTH dilaksanakan di 137 Kabupaten/Kota se Indonesia. Namun, untuk penataan alun-alun untuk kategori kota kecil dan sedang, baru akan dimulai di Temanggung.

"Dana untuk penataan Alun-Alun Temanggung, masih akan dihitung. Semula baru akan dianggarkan tahun 2015, namun karena luasannya tidak begitu besar maka bisa dimulai tahun ini dan nanti berkelanjutan," katanya.

Ia menjelaskan ada lima kategori kota, yakni kota kecil, sedang, besar, metropolitan dan megapolitan. Temanggung termasuk kota kecil dan sedang. "Kami ingin memiliki contoh bagaimana menata kota kecil atau sedang dari sisi kota pusaka. Hal ini sebagai langkah awal untuk mewujudkan kota yang berkelanjutan, yakni kota yang lingkungannya terjaga, sosial budaya masyarakatnya berkembang dan dipertahankan, serta ekonominya meningkat," katanya.

Menurut dia, dengan kondisi tersebut generasi yang akan datang bisa menikmati minimal sama dengan yang ada sekarang, sekaligus bisa menyediakan ruang yang lebih baik. "Oleh karena itu program kota pusaka dan kota hijau ini dimulai. Ke depan dikembangkan bangunan hijau dengan konsep mematuhi kelestarian lingkungan, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melalui hal tersebut kami ingin menata Temanggung sehingga kami punya contoh cara menata kota skala kecil atau sedang di Indonesia," katanya.

Ia menuturkan, jika ditata dengan baik maka manfaatnya untuk masyarakat setempat agar tidak pergi ke kota besar yang membuat beban di kota besar. "Jadi tidak sekadar menata kota kecil, tetapi menata Indonesia secara keseluruhan," katanya.

Bupati Temanggung Bambang Sukarno mengatakan, untuk membangun RTH di sekitar Jembatan Progo tersebut Pemkab Temanggung akan memindahkan Pasar Hewan yang berada di lokasi tersebut. Ia mengatakan, selain bantuan pembangunan RTH, Temanggung juga mendapat bantuan restorasi Sungai Progo di sekitar pembangunan RTH dari Balai Besar Sungai.





Field Action - Medan
PT. Marsindo Konsult Prima
Menara Bidakara 2, 7th FL
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 71-73, Jakarta 12870

Responsibilities :
  • Melakukan survey pengamatan pada lembaga tertentu.
  • Membuatnya sebagai laporan hasil pengamatan.
  • Melakukan kerjasama dalam tim.

Requirements :
  • Usia 22-40 tahun.
  • Minimal pendidikan SMA/SMK/Sederajat.
  • Pengalaman kerja selama 2 tahun.
  • Tidak memiliki keluarga yang bekerja di bank.
  • Memiliki tabungan aktif minimal 6 bulan.
  • Bersedia mengikuti training selama 2 minggu.

Company Overview :
PT MARSINDO KONSULT PRIMA or more commonly known as MARKETING RESEARCH INDONESIA (MRI) is national marketing research organization which offers tailor made marketing research services and syndicated studies and report.

We help clients :
  • To understand costumer needs that impact their brand, product and service
  • To identify target market and how to optimally position client's product and service
  • To asses the potential of the new product and help develop winning strategies for the brand
  • To understand costumer expectation, satisfaction and loyalty

Closing Date :
19 Februari 2014


Please send your cover letter, CV with current photographs to :
asima@mkp-operation.com / mega@mkp-operation.com



http://www.mediaproyek.com/

Pada kesempatan yang lalu telah kita bahas tentang Water Heater Gas. Pada kesempatan kali ini akan kita lanjutkan lagi pembahasan tentang jenis-jenis water heater lainnya, yaitu Water Heater Listrik.

Sesuai namanya, water heater listrik menggunakan listrik sebagai sumber energi pemanasnya. Water heater listrik yang tersedia di pasaran terbagi menjadi 2 macam, yaitu :
1. Water heater listrik sistem tangki.
Ciri-ciri water heater dengan tangki adalah bentuknya yang besar, biasanya berbentuk bundar horizontal atau vertikal. Karena fisiknya yang besar, kebanyakan orang meletakkannya diluar kamar mandi namun ada juga yang menggantungkannya di dalam kamar mandi.

Cara kerja pemanas air ini sederhana, sebenarnya bentuknya yang bulat dan besar itu adalah tangki air untuk menyimpan cadangan air panas yang belum terpakai. Oleh karena itu bagi yang menggunakan pemanas air jenis ini bisa menikmati air panas sejak detik pertama air dialirkan.

Jika air di dalam tangki lama tidak dipakai, airnya akan pelan-pelan mendingin. Guna menjaga suhu cadangan air panas tetap cukup panas, maka ketika mulai mendingin, pemanas airnya akan kembali hidup untuk memanaskan air didalam tangki agar mencapai suhu tertentu. Begitu seterusnya berulang-ulang sehingga menggunakan pemanas air jenis ini umumnya lebih boros biaya listrik, terlebih-lebih di rumah yang penghuninya sedikit atau jarang dipakai. Banyak dipakai atau jarang dipakai, biaya beban listriknya bedanya cuma sedikit.

Di dalam tangki water heater jenis ini terdapat 3 elemen utama, yaitu :
  • Heating element, berfungsi untuk memanaskan air, biasanya terbuat bahan kuningan
  • Thermostat, berfungsi untuk menjaga kondisi air dalam tangki tetap panas pada suhu tertentu
  • Magnesium anode, berfungsi untukmenetralkan ion-ion positif dalam air sehingga membantu mencegah karat pada elemen-elemen dalam tangki.

2. Water heater listrik sistem instan (tanpa tangki).
Water heater listrik sistem instan (tanpa tangki) akhir-akhir ini lebih populer. Bentuknya kecil, cantik dan mudah pemasangannya. Namun yang perlu diperhatikan adalah pemanas air jenis ini mengkonsumsi listrik sangat besar, mencapai 2. 000 Watt.

Mengapa pemanas air listrik ini memerlukan daya besar hingga 2.000 Watt, tidak lain tidak bukan adalah agar bisa menyediakan air panas secepat mungkin begitu diperlukan. Karena dia tidak mempunyai cadangan air panas siap pakai, maka air yang dipanaskan adalah segera setelah keran dibuka, pemanas air ini perlu segera memanaskannya sesegera mungkin. Pemanas air 2.000-an Watt pun masih memerlukan waktu 5 – 10 detik air yang mengalir baru panas. Jika menggunakan pemanas air yang katanya hemat energi yang hanya mengkonsumsi listri 350 Watt, perlu menunggu sekitar 3 – 4 menit air yang keluar baru panas. Jangan-jangan acara mandi pun sudah mau selesai.

Kelebihan dan kekurangan water heater listrik adalah :
Kelebihan :
  • Praktis, karena tinggal disambungkan ke sumber listrik dan langsung bisa dipergunakan.

Kekurangan :
  • Membutuhkan daya listrik cukup besar, minimal 350 W, bahkan bisa mencapai dua kali lipat untuk kapasitas air yang besar.
  • Apabila aliran listrik mati, water heater tidak dapat dipergunakan.

Demikian sedikit ulasan tentang water heater listrik, semoga bermanfaat. Terima kasih. 




Gresik - Komisi C DPRD Gresik akhirnya memanggil Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Gresik, M. Nadlif terkait mangkraknya proyek pembangunan SMAN Balongpanggang senilai Rp 1,48 miliar.

Ketua Komisi C DPRD Muhajir mengatakan, pemanggilan Kadispendik Gresik sudah dijadwalkan rencana besok kami melakukan hearing.

"Selain Dispendik Gresik kami juga memanggil CV. Giri Tama selaku penanggungjawab proyek," katanya, Selasa (22/01/2014).

Dituturkan Muhajir, alasan Komisi C DPRD Gresik memanggil CV. Giri Tama karena tahu betul keberlangsungan proyek. Termasuk tentang kemungkinan proyek disubkan ke pihak lain. Akibatnya, kualitas konstruksi bangunan buruk.

"Seharusnya Dispendik Gresik melakukan seleksi peserta lelang. Jadi jangan asal comot saja," tuturnya.

Sementara itu, secara terpisah menanggapi hal ini. Kadispendik Gresik, M.Nadlif melalui pejabat pembuat komitmen (PPK) Dispendik Ronny AP, mengaku belum tahu pemanggilan tersebut. Rony mengatakan, pihaknya hanya mengetahui kalau yang dipanggil oleh Komisi C adalah CV Giri Tama sebagai konsultan proyek.

"Sampai saat ini surat panggilan belum ada yang masuk. Tapi kalau diundang pasti datang," tandasnya.




Demak - Intensitas curah hujan yang masih cukup tinggi membuat jalan di sejumlah ruas jalur pantura Semarang-Demak rusak parah.Puluhan titik jalan berlubang tersebut kondisinya membahayakan keselamatan pengguna jalan.

Berdasarkan pantauan, jalan berlubang dengan kondisi terparah dari arah batas kota (Semarang) bisa dijumpai mulai dari depan Pasar Sayung, Desa Onggorawe (Kecamatan Sayung), Desa Batu dan Desa Wonokerto, Kecamatan Buyaran, jalan lingkar Demak-Kudus serta Jalan Trengguli Mijen. Kondisi jalan berlubang bervariasi dengan kedalaman sekitar 5-15 cm.

Dalam satu lokasi ada lebih dari lima lubang jalan dengan kondisi aspal terkelupas. Slamet (35), supir truk peti kemas mengaku ekstra hati-hati ketika melintasi jalan pantura tepatnya di seberang Pasar Sayung.

Laju kendaraan pun hanya sekitar 10 km/jam lantaran jaspal jalan berlubang hingga kedalaman sekitar 10 cm. Akibatnya, laju kendaraan yang yang ada di belakang truk itu ikut pelan sehingga menyebabkan kemacetan.

“Paling bahaya kalau melintas waktu malam, karena tidak semua Jalan Pantura di Demak terdapat PJU (penerangan jalan umum),” katanya, kemarin.

Ketua FPP DPRD Jateng, H Istajib meminta Pemprov begerak cepat melakukan perbaikan jalan. Jika penanganan menunggu hujan reda, kondisi jalan akan semakin parah. Kerusakan bukan hanya di Demak, tetapi juga di Kendal, Kota Semarang, Jepara, Kudus, Pati, Rembang serta Grobogan.

Sementara itu, Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Pelaksana Jalan Nasional Batas Kota Metropolitan Semarang-Demak-Trengguli, Edi Sutarno melalui Pengawas Lapangan, Sri Suyono membenarkan bahwa intensitas hujan yang tinggi selama sepekan terakhir menyebabkan kerusakan jalan di sejumlah ruas pantura.

Mulai Senin kemarin, pihaknya telah melakukan perbaikan aspal jalan yang mengelupas dan berlubang. Belasan titik jalan berlubang saat ini tengah dikebut untuk dilakukan perbaikan.

Belasan titik tersebut mulai dari Semarang antara lain jembatan Pelayaran, jembatan Sringin Kaligawe, lajur kanan Jalan Raya Kaligawe km 7 (Genuk), lajur kanan Jalan Raya Semarang-Demak km 8,1, jembatan Sayung, Jalan Raya Semarang-Demak km 11+225 (lajur kanan), Jalan Raya Semarang-Demak km 12,5 (lajur kanan), jembatan Onggorawe (lajur kanan kiri), Jalan Raya Semarang- Demak km 15 (Desa Batu), Jalan Raya Semarang- Demak km 15,3 (lajur kanan).

Selanjutnya, Jalan Raya Semarang-Demak km 15,7 (lajur kanan), Jalan Raya Semarang- Demak km 20,7 (lajur kanan kiri), Jalan Raya Semarang- Demak km 21-22 (lajur kanan), Jalan Raya Semarang-Demak km 22,5.

Adapun yang sudah dilakukan perbaikan mulai dari arah Semarang di Jembatan Sringin Kaligawe, Jalan Raya Semarang-Demak km 22,3 (lajur kiri), Jalan Raya Semarang Demak km 25,9 (jalan lingkar Demak), jembatan Onggorawe, Jalan Raya Semarang-Demak km 21-22 dan Jalan Raya Semarang-Demak km 22,5.

“Prioritas jalan yang kami perbaiki dengan kondisi kedalaman jalan berlubang hingga 15 cm dan ukurannya sampai 3x3 meter. Jalan berlubang dengan kondisi ini sangat membahayakan keselamatan pengguna jalan,” imbuhnya.

Selain membahayakan, kerusakan jalan juga mengakibatkan kemacetan karena kendaraan muatan berat terpaksa berjalan pelan, menghindari lubang di jalan. Ada pun perbaikan jalan yang dilakukan ini bersifat darurat, yakni berupa pelapisan hotmix jenis ATB (Asphalt Treated Base) kasar.

Tidak dimungkiri bahwa aspal hotmix ini hanya bertahan tiga hari jika intensitas curah hujan masih tinggi. Tapi jika cuaca sudah normal maka perbaikan jalan itu bisa bertahan hingga satu minggu.

Dikatakannya, perbaikan jalan ini bersifat darurat untuk menambal jalan berlubang sehingga tidak mengganggu kenyamanan maupun keselamatan pengguna jalan. Perbaikan kerusakan jalan ini pun terus dikebut dengan menerjunkan sedikitnya 14 personel tiap hari. Jika cuaca bagus, lima dari 14 personil ini bisa fokus pengaspalan hotmix dan sisanya membersihkan median jalan serta melakukan pemotongan rumput. Sebaliknya, jika cuaca masih buruk maka mereka hanya bisa fokus pada perbaikan jalan berlubang.





Project Manager
PT. Pancakarya Griyatama
Jl. KH. Wahid Hasyim No. 157
Gedung Trivo Lantai 5 Jakarta Pusat 10240

Responsibilities :
  • Plan, execute, budget and finalize projects according to strict deadlines and within budget
  • Acquiring resources and coordinating efforts of team members and third-party contractor or consultant in order to deliver project according to the plan
  • Define scope, objectives requirements, critical path, success criteria, schedule and oversee quality control of each project through its life cycle
  • Work closely with project management team which includes architect, interior designers, quantity surveyor and engineers to produce conceptual design phase, schematic design phase and detailed phase of a project

Requirements :
  • Male, age 28 - 45 years old
  • Candidate must possess at least Bachelor's degree/Master's degree of Mechanical/Electrical/Civil Engineering or Architect from reputable university
  • Have experiences for 8 years in design review and supervision works of infrastructure project of high risk building
  • Proficient in Photoshop, Autocad, Microsoft Project, Primavera, SUN, SAP or any similar programs
  • Conversant with building and savety regulations, submissions procedure and construction practices
  • Able to read and implement architecture design
  • Placement will be in Tangerang, Bogor, Depok.

Closing Date :
19 Februari 2014


Please send complete resume and recent photograph to :
hrd.trivogroup157@gmail.com
or
Jl. KH. Wahid Hasyim No. 157 Gedung Trivo Lantai 5 Jakarta Pusat 10240



http://www.mediaproyek.com/

Telah kita ketahui bersama bahwa penghantar kabel listrik terdiri dari 3, yaitu :
  1. Phase.
  2. Netral.
  3. Ground.

Dalam sebuah kabel listrik, terdapat beberapa macam warna, antara lain merah, kuning, hitam, biru, dan loreng. Lalu apakah ada aturan yang menetapkan penggunaan warna tersebut untuk inisial apakah kabel itu phase?netral?maupun ground?Jawabnya ada. PUIL sudah mengaturnya.

Pada kesempatan kali ini akan kami sajikan tabel standar PUIL untuk pengaturan warna kabel tersebut, yaitu :

http://www.mediaproyek.com/

Instalasi listrik yang baik akan selalu mengikuti aturan yang berlaku. Karena bila suatu saat diperlukan pemeriksaan atau perbaikan sistem instalasi tersebut, maka seorang instalatir akan lebih mudah menemukan pola sambungan kabel listriknya.

Jadi mari kita periksa lagi instalasi listrik di rumah kita masing-masing. Apakah sudah mengikuti standar PUIL tersebut diatas? Kami sarankan untuk mengikuti standar PUIL tersebut apabila belum mengikutinya, sebab akan berakibat fatal apabila dikemudian hari ada penambahan sambungan listrik baru sedangkan kita salah mengkoneknya akibat adanya perbedaan pengaturan warna kabel tersebut.

Demikian sedikit ulasan tentang mengenali penghantar kabel listrik berdasarkan warna kabel. Semoga menambah wawasan kita. Terima kasih.



http://www.mediaproyek.com/

Pada saat akan dilakukan pekerjaan pengecoran, pasti kita melihat suatu benda (seperti gambar di atas) yang diletakkan di sela-sela antara besi dan bekisting. Benda seperti foto tersebut di atas dinamakan beton decking atau istilah lain tahu beton.

Beton decking atau tahu beton adalah beton atau spesi yang dibentuk sesuai dengan ukuran selimut beton yang diinginkan. Biasanya berbentuk kotak-kotak atau silinder. Dalam pembuatannya, diisikan kawat bendrat pada bagian tengah yang nantinya dipakai sebagai pengikat pada tulangan.

Pada dasarnya decking terdiri dari 2 (dua) jenis, yaitu :
  1. Plasting decking, terbuat dari bahan plastik dengan ketebalan 3,5 cm.
  2. Beton decking, terbuat dari campuran beton, berbentuk silinder kecil, dengan diameter 10 cm dan ketebalannya menyesuaikan dengan ketebalan selimut beton yang direncanakan oleh Konsultan Perencana.

Beton decking berfungsi untuk menjaga tulangan agar sesuai dengan posisi yang diinginkan. Bisa dibilang berfungsi untuk membuat selimut beton sehingga besi tulangan akan selalu diselimuti beton yang cukup, sehingga didapatkan kekuatan maksimal dari bangunan yang dibuat. Selain itu, selimut beton juga menjaga agar tulangan pada beton tidak berkarat (korosi).

Demikian sedikit ulasan tentang beton decking. Semoga bermanfaat.




Solo - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Surakarta tengah mematangkan konsep jembatan layang atau biasa disebut flyover untuk mengatasi kemacetan parah di Palang Joglo, Kecamatan Banjarsari.

Menurut Kepala Bidang Bina Marga DPU, Nur Basuki, pematangan konsep itu guna merealisasikan pembangunan flyover, sehingga memutus kemacetan parah yang selama bertahuntahun terjadi di kawasan itu.

Pihaknya mengungkapkan, pembangunan flyover lebih tepat dibandingkan pembuatan underpassdi lintasan rel kereta api (KA) simpang empat. ‘’Lebih ideal flyover.

Karena itu berusaha mematangkan konsepnya. Itu akan benar-benar jitu memangkas kemacetan,’’ ungkapnya, kemarin. Lebih lanjut Basuki mengatakan, untuk itu pihaknya serius mematangkan konsep flyover ini. Dikatakan dia, kebutuhan dana diperkirakan minimal Rp 20 miliar.

DPU berusaha mengajukan bantuan ke pemerintah pusat. Dengan pembangunan itu, kawasan Kota Bengawan lebih berkembang karena ditunjang akses transportasi cukup baik. Tinjau Ulang ‘’Itu kan jalur antarprovinsi, kalau dikembangkan lebih bagus.

Maka itu kami meninjau ulang terus konsep yang dirasa tepat,’’ kata dia. Dia menerangkan, pembangunan flyover juga lebih bermanfaat jika sampai pada kawasan rumah sakit umum daerah (RSUD) Ngipang Surakarta yang tidak jauh dari Palang Joglo.

Mengingat selama ini, kawasan Ngipang tidak berkembang karena akses dibatasi oleh sungai. Meski pihaknya berusaha meminta bantuan anggaran dari pemerintah pusat tersebut, menurutnya tidak ada salahnya Pemkot memikirkan anggaran pendamping APBD.

‘’Biar kawasan lintas provinsi itu berkembang,’’terangnya. Untuk diketahui, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Surakarta pernah merilis 14 titik yang rawan macet. Salah satunya di kawasan Palang Joglo, Kecamatan Banjarsari. Menurut Kepala Dishubkominfo, Yosca Herman Soedardjad, jika tidak ada terobosan membangun flyover atau underpass, kemacetan bakal semakin parah. Warga di sekitar Palang Joglo, Suranto (40) mengaku kemacetan tidak terkendalikan. ‘’Apalagi saat hari libur. Bisa berkilo-kilo meter,’’ jelasnya.





Kepala Departemen Konstruksi Bangunan
PT. Suryamas Dutamakmur, Tbk
Sudirman Plaza Business Complex
Plaza Marein Lt.16
Jl. Jend. Sudirman Kav. 76-78, Jakarta 12910

Requirements :
  • Pria, usia maks. 40 tahun
  • Pendidikan minimal S1 dari jurusan Teknik Sipil
  • Pengalaman min. 10 tahun di bidang kontruksi di Properti dengan luas area dari 300ha
  • Memiliki kemampuan dan ketrampilan teknik yang tinggi dalam perencanaan, perhitungan dan pengawasan pelaksanaan pembangunan rumah menengah & menengah atas
  • Pekerja keras dan mampu bekerja dibawah tekanan dengan target dan deadline yang ketat
  • Memiliki kemampuan untuk memimpin dengan integritas, loyalitas dan motivasi yang tinggi
  • Penempatan di Bogor

Closing Date :
20 Februari 2014.


Surat lamaran disertai daftar riwayat hidup (jika dirim via email File dlm bentuk word atau pdf), fotocopy ijazah, surat referensi, fotocopy KTP, foto terbaru 4x6 (2 lbr) serta mencantumkan gaji yang diharapkan, ditujukan kepada :

HRD DIVISION PT. SURYAMAS DUTAMAKMUR, Tbk.
Sudirman Plaza Business Complex
Plaza Marein Lt.16
Jl. Jend. Sudirman Kav. 76-78, Jakarta 12910
atau ke Email :
recruitment.rcmy@gmail.com





Project & Production Interior
PT. Wulandari Lestari
Jl. H. Marzuki VII No. 40
Penggilingan – Cakung, Jakarta Timur

Requirements :
  • Pria usia max. 50 tahun.
  • Pendidikan minimal D3 Interior Design atau Lulusan PIKA Akademi Pendidikan Industri Kayu Atas.
  • Lebih disukai jika memiliki pengalaman yang sama seperti diatas (drafter, cost estimator, pengawas lapangan).
  • Bersedia untuk in-charge / turun ke proyek.
  • Mampu menggambar detail interior, Built-In and Loose Furniture.
  • Mengerti material dan konstruksi interior, Built-in and Loose Furniture.
  • Mampu bekerja dibawah tekanan.
  • Menguasai AutoCAD / 3D Max / ArchiCAD, mampu membaca & menguasai gambar kerja.
  • Mempunyai kendaraan minimal sepeda motor & memiliki SIM C atau A.
  • Pekerja Keras, Kreatif, Rajin, Jujur, Disiplin, Inisiatif, Setia pada perusahaan, Bertanggung Jawab dan memiliki motivasi yg tinggi untuk berkembang.

Closing Date :
10 Februari 2014.


Jika anda adalah orang yang kami cari, silakan datang langsung dengan membawa CV ke
PT. WULANDARI LESTARI
Jl. H. Marzuki VII No. 40
Penggilingan – Cakung, Jakarta Timur
Atau anda dapat mengirimkan CV ke email :
recruitment_wulandarilestari@yahoo.co.id




Seperti yang telah kita ketahui bersama, Proyek EPC (Engineering, Procurement, and Construction) merupakan jenis proyek yang lebih kompleks dari proyek konstruksi. Karakter jenis proyek ini memiliki perbedaan dengan proyek konstruksi biasa. Dalam mencapai kesuksesan proyek EPC perlu diketahui proses yang terjadi di dalamnya. Memahami rumitnya proses proyek ini akan membantu menyelesaikan masalah kompleksitasnya.

Proyek EPC memiliki tantangan yang sangat tinggi, mulai dari saling ketergantungaan antar aktifitas yang ada, fase overlaps antar masing-masing aktifitas tersebut, pemecahan aktifitas menjadi aktifitas-aktifitas pekerjaan yang lebih detail, kompleksitas struktur organisasi, dan ketidakpastian dalam akurasi prediksi yang timbul selama masa pelaksanaan. Kegiatan yang paling menantang dalam proyek ini adalah kegiatan dalam pembuatan anggaran dan jadwal pelaksanaan proyek karena harus dibuat dan diketahui sebelum proyek dimulai.

Karakter Proyek EPC yang masif (besar-besaran), perlu keahlian dan keterampilan tinggi, kompleks, arus informasi yang cepat antar disiplin ilmu. Penyebab keterlambatan dan kerugian yang dianggap berkesesuaian dengan kondisi pelaksanaan EPC proyek di Indonesia adalah:
  1. Kekurangan material. Hal ini dimungkinkan karena kurang baiknya WBS dan resource management pada proses procurement. Faktor ini sering terjadi juga pada konstruksi Indonesia yang disebut dengan mismatch.
  2. Keterlambatan procurement. Schedule procurement sering tidak menyesuaikan dengan master schedule proyek. Faktor lain adalah karena melesetnya perkiraan schedule proses procurement akibat dari ketidakpahaman mengenai kompleksitas proses ini. Faktor ini dapat dikatakan selalu terjadi juga di Indonesia akibat faktor tambahan birokrasi perusahaan.
  3. Keterlambatan pengiriman ke Site. Faktor ini memiliki dampak yang paling besar terhadap keterlambatan. Ketergantungan proses dengan kondisi alam mungkin menjadi penyebab utama. Di Indonesia, dapat disebabkan oleh kurang baiknya infrastruktur dan birokrasi custom clearance.
  4. Lemahnya keahlian kontraktor EPC. Faktor ini juga menjadi masalah di Indonesia. Perusahaan konstruksi EPC murni Indonesia mulai menurun karena merugi dan perusahaan general contractor mulai masuk ke dunia EPC. Ini indikasi lemahnya keahlian konstraktor EPC Indonesia.
  5. Perencanaan dan pengendalian yang lemah. Mungkin inilah faktor yang menyebabkan dampak paling besar atas kerugian dan keterlambatan kontraktor EPC di Indonesia. Kesamaan faktor ini dengan negara Thailand menjadi cukup menarik jika dikaitkan dengan kesamaan budaya secara regional.
  6. Kurangnya komitmen top manajemen. Faktor ini juga salah satu faktor yang berdampak besar. Sudut pandang top management terhadap unit proyek sebagai unit mandiri diperkirakan sebagai penyebab utama. Kesamaan faktor ini juga menarik dikaji kesamaannya dengan Thailand.
  7. Schedule proyek yang tidak realistis. Sebagai dari bentuk investasi, owner cenderung ingin schedule pelaksanaan yang sesingkat mungkin agar segera beroperasi dan menghasilkan tanpa diimbangi dengan kualitashasil yang berkorelasi dengan tidak realistisnya schedule.Faktor ini sangat sering terjadi di Indonesia karena keputusan investasi yang sering terlambat sehingga perlu penyelesaian proyek yang bersifat buru-buru.
  8. Lemahnya koordinasi dan komunikasi. Faktor ini adalah faktor yang bersumber dari pelaku. Proyek EPC menuntut keahlian tinggi yang mana dimiliki oleh orang-orang yang cenderung kurang berkomunikasi. Ini adalah fenomena pelaku proyek di Indonesia.
Demikian sedikit gambaran tentang beberapa problem yang biasa diaami di dalam Proyek EPC. Semoga menambah wawasan kita. Terima kasih.




Kediri - Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri Jawa Timur kecolongan. Proyek pembangunan tower atau menara base transceiver (BTS) illegal milik salah satu operator seluler di dekat Masjid Agung Kota Kediri nekat dilanjutkan

Padahal sebelumnya, Pemkot Kediri melalui Badan Penanaman Modal (BPM), Satpol PP, Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi (Dishubkominfo) sudah menghentikan. Proyek dinyatakan illegal, karena belum berijin dan terletak di zona putih.

Zona putih yang dimaksud adalah, berada di jalan arteri primer, protective view di tiga jembatan, dan berada di kawasan budi daya wisata. Sebab, disini adalah tempat peninggalan cagar budaya, dan rumah milik mantan Bupati Kediri.

Sementara itu, pantauan di lokasi, ada beberapa orang pekerja yang tetap melanjutkan pekerjaanya. Mereka adalah para tukang yang tengah membuat pasangan batu bata diantara papan penyangga cor dengan menara tower

Para pekerja tampak ketakutan ketika hendak difoto. Mereka sepertinya sudah mengetahui bahwa pembangunan tower tidak boleh dilanjutkan. Namun ketika dikonfirmasi, tidak ada seorang pun pekerja yang menjawab. Mereka mengabaikan pertanyaan, dan tetap melanjutkan pekerjaanya.

Ironisnya, tidak ada seorang pun petugas dari Pemkot Kediri yang berada di lokasi untuk melakukan pengawasan. Sehingga, pelaksana proyek dengan leluasa melanjutkan pekerjaanya. Selain itu, pemkot juga tidak memasang papan pengumuman mapun banner atau stiker di lokasi yang menyatakan penghentian proyek.

Sebelumnya Kepala BPM Bambang Priyambodo secara tegas mendesak pelaksana proyek membongkar menara yang sudah berdiri mencapai ketinggian 30 meter tersebut. Apabila pelaksana mokong (tidak mengindakan), pemkot akan bertindak tegas. Sebab, pihaknya tidak akan mentolerir mereka.

Perlu diketahui, pelakasana pembangunan tower BTS itu adalah PT. Tower Bersama M. Fahri Pic CV. MICO Tulungagung. Rekanan sempat mengajukan surat rekomendasi ke Dishubkominfo Kota Kediri, pada 25 Oktober 2013 lalu. Tetapi Dishubkominfo tidak memberikan rekomendasi, melalui surat balasan.

Proyek sudah berjalan kurang lebih tiga bulan. Pekerjaan sudah hampir mencapai 100 persen. Menara sudah berdiri, dan kini tinggal pemasangan instalansi. Nilai proyek diperkirakan mencapai milyaran rupiah.

Sementara itu, Dedi Bastomi, pemilik lahan yang di sewa mengaku, tidak keberatam, apabila tower dirobohkan. Dedi mengaku, tanah miliknya seluas 7X9 meter persegi disewa selama 10 tahun. Tetapi, baru dibayar uang mukanya.




Bojonegoro - Bupati Bojonegoro, Jatim, Suyoto, menggagas pembangunan Gedung Budaya dan Industri Kreatif yang bisa dimanfaatkan sebagai ajang pembelajaran masyarakat di berbagai bidang mulai kebudayaan sampai mengetahui permasalahan banjir.

"Tapi, pemkab masih membutuhkan masukan berbagai pihak, baik seniman maupun masyarakat lainnya, sebelum membuat perencanaan agar pembangunan Gedung Budaya dan Industri Kreatif bisa benar-benar sesuai dengan harapan bersama," katanya di Bojonegoro, Ahad.

Ia menjelaskan masukan dari berbagai lapisan masyarakat, terutama seniman di daerahnya akan dijadikan dasar untuk merencanakan bentuk Gedung Budaya dan Industri Kreatif itu.

"Saya akan mengajak berbagai lapisan masyarakat berbincang-bincang untuk menentukan bagaimana idealnya bentuk Gedung Budaya dan Industri Kreatif nantinya," katanya.

Ditanya biaya yang dibutuhkan, ia mengaku belum tahu, sebab masih menunggu masukan dari berbagai pihak sebelum membuat desain rinci bangunannya.
"Kalau sudah ada rencana bentuk bangunan baru bisa kita tentukan besarnya biaya," ucapnya.

Ia menjelaskan pemkab sudah mempunyai alternatif lokasi yang akan dimanfaatkan untuk Gedung Budaya dan Industri Kreatif, di antaranya tanah Kantor Dinas Pendidikan Nonformal dan Informal (PNFI) atau tanah bekas Kantor PUSKUD.

Bahkan, ia menjelaskan kemungkinan Gedung Budaya dan Industri Kreatif tersebut bisa berlantai empat atau lima, kalau memang lokasi tanahnya kurang luas agar lokasi setempat mampu menampung berbagai kegiatan kebudayaan dan industri kreatif.

Ia mengharapkan Gedung Budaya dan Industri Kreatif bisa dimanfaatkan untuk kegiatan kesenian, mulai pameran seni rupa, musik, teater, dan untuk kegiatan industri kreatif, seperti batik "Jonegoroan".

Selain itu, lanjutnya, di lokasi setempat juga dilengkapi musium, perpustakaan, bahkan juga akan dilengkapi dengan pusat pembelajaran masyarakat dalam menghadapi bencana terutama banjir.

"Masyarakat bisa belajar berbagai budaya Bojonegoro di gedung setempat sekaligus berekreasi," katanya, menegaskan.

Ia juga berniat akan menyimpan berbagai barang miliknya yang merupakan cendera mata dari berbagai pihak selama menjabat sebagai Bupati Bojonegoro di Gedung Budaya dan Industri Kreatif sebagai kenangan-kenangan.





Electric Engineer Supervisor (Kode EES)
PT. Argha Karya Prima Industry, Tbk
Jl. Pahlawan, Citeureup, Karang Asem Barat
West Java, Indonesia

Responsibilities :
  • Melakukan installation, commissioning, trainning dan perbaikan product instrument control, electrical dan mechanical.
  • Maintenance product instrument control dan electrical.

Requirements :
  • Minimal Pendidikan S1 Teknik Elektro.
  • Pria.
  • Usia maksimal 35 tahun.
  • Pengalaman minimal 3 tahun di bidang engineering mesin produksi khususnya menguasai PLC, Siemens S5 & S7, AC & DC berikut trouble shooting, preventive maintenance dari perusahaan yang beroperasi 24 jam terutama dari perusahaan kertas / plastik atau industri lainnya yang sudah menjalankan ISO.
  • Memiliki kemampuan dan pengalaman memimpin suatu group / unit & terbiasa dengan program 5R, TQM.

Closing Date :
08 Februari 2014.


Silahkan kirim lamaran lengkap ke :
dini@arghakaryaoffice.com



http://www.mediaproyek.com/

Pada postingan kali ini, masih kita bahas tentang seputar BPJS yang mungkin sebagian dari kita masih kebingungan tentang program BPJS tersebut. Menindaklanjuti pertanyaan dari teman apakah BPJS Kesehatan itu sama dengan BPJS Ketenagakerjaan? Maka setelah kami mencari berbagai informasi mengenai hal tersebut, ijinkan kami sharekan informasi dari berbagai sumber tersebut.

Sesuai dengan Undang-Undang nomor 24/2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Keshatan (BPJS), ada 2 (dua) BPJS, yaitu :
  1. BPJS Kesehatan, yaitu merupakan transformasi dari PT. Askes yang mengelola jaminan kesehatan.
  2. BPJS Ketenagakerjaan, yaitu merupakan transformasi dari PT. Jamsostek yang mengelola jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan pensiun dan hari tua.

BPJS Kesehatan mulai beroperasi pada 1 Januari 2014. Sejak BPJS Kesehatan beroperasi, BPJS Ketenagakerjaan (dahulu PT. Jamsostek) sudah tidak lagi menyelenggarakan jaminan kesehatan.

Sesuai Perpres nomor 111 tahun 2013 tentang Perubahan atas Perpres nomor 12 tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan pasal 16C, iuran untuk peserta pekerja penerima upah yang dibayarkan mulai 1 Januari 2014 sampai dengan 30 Juni 2015 adalah sebesar 4,5 persen dari upah atau gaji tetap dan tunjangan tetap, dengan ketentuan sebagai berikut :
  • 4 persen dibayar Pemberi Kerja (Perusahaan).
  • 0,5 persen dibayar Pekerja (dipotong dari gajinya).

BPJS Kesehatan menanggung Peserta, istri/Suami yang sah dan Anak Kandung / Angkat yang sah sampai dengan 3 orang dengan kriteria anak sebagai berikut :
  1. Tidak atau belum pernah menikah atau tidak mempunyai penghasilan sendiri.
  2. Belum berusia 21 (dua puluh satu) tahun atau belum berusia 25 (dua puluh lima) tahun yang masih melanjutkan pendidikan formal.

Perusahaan mengisi form Registrasi Badan Usaha, dan peserta / pekerja mengisi Formulir Daftar Isian Peserta dengan melampirkan fotokopi KTP, KK, Surat Keterangan Bekerja / SK Pengangkatan Kerja dan foto 3x4 sebanyak 1 lembar per orang (termasuk anggota keluarganya).

Dalam hal Pemberi Kerja atau Perusahaan tidak mendaftarkan pekerjanya, maka pekerja dapat mendaftar secara mandiri ke BPJS Kesehatan.

Demikian sedikit info tentang BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Semoga bermanfaat.

#sumber : tribunjateng.



http://www.mediaproyek.com/

Tidak dapat dipungkiri bila nuansa alami dengan menggunakan lantai kayu untuk interior ruangan menjadi tren saat ini, tidak hanya di Indonesia juga di dunia.

Lantai kayu Parket laminate terbuat dari beberapa lapis material yang direkatkan jadi satu. Umumnya ada 4 lapisan pembentuknya, yaitu :
  1. Paling bawah adalah lapisan pelindung. Biasanya melamin yang berfungsi melindungi kayu dari kelembaban yang ditimbulkan lantai yang sudah ada (lantai di bawahnya).
  2. Lapisan di atasnya adalah bahan utama. Biasanya MDF (medium density fiberboard) atau HDF (high density fiberboard).
  3. Lapisan di atasnya lagi adalah material dekoratif. Karena MDF dan HDF memiliki permukaan polos (tidak bermotif), maka dibutuhkan motif kayu buatan agar tampilan lantai kayu terlihat seperti kayu alami. Lapisan bermotif kayu ini biasanya terbuat dari resin.
  4. Lapisan paling atas adalah film transparan yang kuat dan berfungsi sebagai pelindung. Dengan adanya lapisan film ini, parket laminate lebih tahan gores dan tahan air dibandingkan parket kayu solid.

Cara pasang lantai kayu parket laminate adalah sebagai berikut :
  1. Parket biasanya menggunakan lapisan lembaran foam terlebih dahulu, untuk menghindari permukaan lantai yang tidak merata dan bunyi berdecit.
  2. Untuk kemudahan pasang, parket laminate didesain dengan sistem interlocking antara lidah dan ceruk. Pada satu keping, sisi sebelah kirinya adalah lidah dan sisi sebelah kanannya adalah ceruk, sisi atasnya lidah dan sisi bawahnya ceruk. Cara memasangnya adalah memasukkan lidah keping yang satu ke dalam ceruk keping yang lain. Ini berbeda dengan pemasangan keramik yang setiap kepingnya harus direkatkan pada lantai yang ada di bawahnya. Di sini perekat juga dibutuhkan, tapi hanya untuk menempelkan antara satu keping dengan keping lainnya (lem dioleskan pada bagian lidah dan ceruk).

Dengan cara ini, pemasangan lantai kayu parket laminate menjadi lebih mudah, seperti memasang puzzle. Dan selain itu, karena tidak perlu direkatkan ke lantai bawahnya, penutup lantai ini bisa diaplikasikan pada lantai yang sudah ditutup keramik atau bahan lainnya.