Poker Asli Indonesia

PLTS Komunal Akan Dibangun di Nunukan Tahun ini

Unknown | 1/12/2014 | 0 komentar
masterpoker88
BetAnda


Nunukan - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral akan membangun pembangkit listrik tenaga surya komunal di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, pada tahun 2014 ini.

Rencana lokasi pembangunan PLTS terpusat tersebut di Desa Srinanti, ibu kota Kecamatan Seimenggaris berdaya 50 kilowatt volt, Desa Bukit Harapan, Kecamatan Sebatik Tengah, Pulau Sebatik, juga 50 KWV, 10 KWV di Desa Balatikon, Kecamatan Sebuku.

Selanjutnya pembangkit listrik yang sama pada dua ibukota kecamatan yang berbatasan dengan Sarawak yaitu Kecamatan Krayan dan Krayan Selatan. Mengenai PLTS komunal ini pada masing-masing ibukota kecamatan daerah yang masih sulit dijangkau dengan aliran listrik, rencananya dibangun secara terpusat dan selanjutnya akan dialirkan ke rumah-rumah penduduk.

Alasan mengapa pembangunan PLTS diprioritaskan kepada daerah yang belum dapat teraliri jaringan listrik adalah karena proyek ini masih termasuk dalam rangkaian program Pemkab Nunukan yakni Gerbang Emas (Gerakan Pembangunan Ekonomi Mandiri, Aman dan Sejahtera) dengan slogan “Perbatasan Terang Benderang”.

Masih di Kecamatan Seimenggaris, pembangunan PLTS komunal ini telah menjadi upaya pemerintah pusat dan daerah dalam memberikan pelayanan tenaga listrik bagi masyarakat di wilayah perbatasan dan terpencil di wilayah tersebut.

Masalah listrik telah menjadi kebutuhan primer masyarakat saat ini sehingga perlu mendapatkan perhatian serius dari pemerintah dalam rangka peningkatan kesejahteraannya.

Bantuan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) lebih layak diberikan kepada masyarakat di daerah itu yang sebagian besar berada di pedalaman yang terpencil lebih. Hal tersebut dikarenakan masih banyak warga Nunukan yang bertempat tinggal di wilayah terpencil.

Alasannya adalah daerah terpencil di Kabupaten Nunukan masih sulit mendapatkan bahan bakar makanya pemerintah pusat maupun daerah terus menganggarkan untuk pengadaannya berkaitan dengan program “Perbatasan Terang Benderang”.

Upaya pengadaan PLTS ini telah diprogramkan melalui satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait seperti Dinas Pertambangan dan Energi melalui sistem komunal (terpusat) dan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa yang disebar di rumah-rumah penduduk yang berada di kebun-kebun. Selain itu, PLTS yang menggunakan tenaga matahari ini pemeliharaannya lebih mudah sehingga tidak membutuhkan biaya yang besar.

Karena itu, bantuan PLTS di Kabupaten Nunukan telah dilaksanakan sejak beberapa tahun terakhir sebagai upaya pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemeliharaan PLTS ini lebih mudah dan tidak membutuhkan bahan bakar sehingga biayanya lebih murah.

Kabupaten Nunukan dengan letak geografis yang terdiri dari pulau-pulau yang terpisah dari ibukota kabupaten dan terpencil dengan perkampungan yang berkelompok-kelompok atau terpisah dengan jarak yang berjauhan relatif sulit dialiri listrik dengan menggunakan pembangkit selain PLTS.

Karena alasan itulah, maka daerah pedalaman di daerahnya yang sampai saat ini belum mendapatkan lstrik dengan pembangkit tenaga matahari ini akan terus diupayakan diberikan melalui APBN maupun APBD provinsi atau kabupaten.








Category:

0 komentar