Poker Asli Indonesia

Cara Instalasi Saklar Listrik

Unknown | 1/28/2014 | 3 komentar
masterpoker88
BetAnda

http://www.mediaproyek.com/

Pada kesempatan yang lalu telah kita bahas tentang Cara Kerja Saklar Hotel. Pada kesempatan kali ini tak ada salahnya kita kembali lagi ke awal untuk membahas cara instalasi saklar listrik. Mungkin diantara kita sudah hafal untuk menginstalasi saklar di rumah kita, namun mungkin juga ada beberapa diantara kita yang tidak mengetahuinya. Bahkan mungkin kita merasa takut untuk menginstalasi saklar di rumah kita, sebab kebanyakan takut salah sehingga nanti menimbulkan korsleting listrik dan bisa jadi berbahaya menimbulkan kebakaran di rumah kita.

Mari pembahasan kali ini kita awali dengan apa yang dimaksud dengan saklar? Seperti gambar di atas, Saklar adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk memutuskan jaringan listrik, atau untuk menghubungkannya. Jadi saklar pada dasarnya adalah alat penyambung atau pemutus aliran listrik.

Untuk jenis-jenis saklar banyak sekali. Namun pada kesempatan kali ini akan kami bahas saklar tunggal dan saklar seri beserta cara instalasinya.
1. Saklar Tunggal.
Saklar Tunggal adalah saklar yang digunakan untuk menghidupkan dan mematikan satu buah atau satu kelompok beban listrik. Dalam hal ini adalah beban penerangan atau lampu listrik. Adapun cara instalasi saklar tunggal bisa dilihat pada gambar di bawah ini :

http://www.mediaproyek.com/

Keteragan :
Dua kabel dari line, untuk kabel netral berwarna biru dihubungkan langsung ke lampu. Sedangkan kabel hitam (fasa) dihubungkan ke saklar, lalu dari saklar dihubungkan ke lampu.

2. Sakelar Seri.
Saklar Seri adalah saklar yang berfungsi sebagai pemutus dan penghubung rangkaian instalasi listrik satu lampu atau lebih secara bergantian. Adapun c
ara instalasi saklar seri dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

http://www.mediaproyek.com/

Keterangan :
Kabel netral berwarna biru dihubungkan langsung ke dua buah lampu. Sedangkan untuk kabel fasa berwarna hitam dihubungkan ke saklar seri. Sedangkan output dari masing-masing saklar seri dihubungkan ke masing-masing lampu.

Demikian sedikit ulasan tentang cara instalasi saklar listrik. Terima kasih.


















Category:

3 komentar:

  1. Tambah 1 ilmu lagi mas buat saya :D thanks tutorialnya

    BalasHapus



  2. Halo.
    Saya Mr Rahel Cohran pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman peluang waktu hidup kepada individu, perusahaan bisnis, asuransi, dll. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan atau membutuhkan pinjaman untuk berinvestasi atau Anda memerlukan pinjaman untuk membayar tagihan Anda tidak mencari lebih lanjut seperti kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda menjadi sesuatu dari masa lalu. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam denominasi mata uang dengan tarif 2% tanpa biaya di muka. Saya ingin menggunakan media besar ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami siap membantu Anda dengan segala jenis pinjaman untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda.Jika ya kemudian kembali sekarang melalui Email (rahelcohranloan@gmail.com) untuk lebih jelasnya, ANDA SANGAT BERTEMU.

    BalasHapus