Poker Asli Indonesia

http://www.mediaproyek.com/

Setiap pemilik rumah, sudah pasti ada keinginan untuk mempercantik rumahnya, entah dari segi penataan ruangan, penambahan aksen dekorasi hingga permainan warna cat pada tembok atau dinding rumah.

Bagi kebanyakan orang awam, menganggap semua jenis cat adalah sama untuk penggunaannya, mungkin hanya kualitas berdasarkan harga yang mereka ketahui. Mereka terkadang membeli cat tembok untuk jenis yang sama dipakai untuk kebutuhan Interior dan Eksterior. Memang, selain ketidaktahuan tentang cat, juga masalah klasik yaitu "harga". Konsumen di Indonesia memang sangat sensitif terhadap harga, kualitas masih menjadi nomer sekian dibawah masalah harga.

Jenis Cat Tembok atau dinding Rumah untuk keperluan dekorasi, secara umum dibagi menjadi 2, yaitu:
1. Cat untuk Interior
2. Cat untuk Eksterior

1. Cat Interior
Cat Interior, dari formulasinya memang diperuntukkan untuk Interior rumah, jenis cat ini memang tidak diformulasikan tahan terhadap cuaca ekstrem apalagi di Indonesia yang memiliki cuaca sangat ekstrem antara panas dan hujan. Bila Cat interior dipaksakan untuk diaplikasikan pada eksterior rumah, barang tentu tidak akan bertahan cukup lama, mengelupas, pudar, mengapur dll sudah pasti menghinggapi cat tsb.

2. Cat Eksterior
Cat Eksterior memang dikhususkan untuk bagian eksterior rumah, Cat ini memang diformulasikan untuk lebih tahan terhadap serangan cuaca yang kerap kali berubah-ubah, mulai panas terik hingga hujan sekalipun. Biasanya hasil akhir dari cat eksterior secara umum adalah satin, atau semi gloss, atau seperti kulit telur. karena didalamnya memang lebih banyak resin acrylic.
Cat Eksterior dapat pula diaplikasikan di dalam ruangan atau Interior, hanya saja harga cat eksterior yang lebih mahal dari cat interior akan membuat over budget bila dipaksakan untuk Interior.

Cat Tembok itu sendiri juga dibagi menjadi beberapa kelas berdasarkan kualitasnya, yaitu kelas bawah, menengah dan kelas Premium.

Ragam Jenis Brand atau Merk Cat juga banyak macamnya, mulai dari pabrikan ICI, Nippon Paint, Jotun, Danapaint, Propan dll.

1. Kelas Premium
Segment kelas menengah ke atas untuk cat Tembok Premium memang tidak banyak ragamnya dibanding kelas bawah, selain harganya yang cukup mahal dengan menjamin kualitas yang yahud, juga sasaran konsumennya tentu saja yang memang peduli dengan berbagai faktor seperti aspek seni, kenyamanan, kesehatan dll. Karena Cat Tembok Premium biasanya pula memiliki beberapa fitur penting yang disertakan seperti, bebas mercury, anti jamur dan lumut, anti cipratan, juga green label atau ramah lingkungan dll. Cat Kelas ini sebagian besar dijual dalam kemasan Liter atau volume, berbeda dengan kelas menengah atau kelas value bawah yang cenderung menggunakan Kilogram dalam penjualannya.

Contoh brand atau merk cat Interior pada kelas ini antara Lain:
a. Dulux Pentalite
Cat produksi dari ICI ini mempunyai hasil akhir Matt atau dof, memakai cat ini, sangat baik, daya sebar yang tinggi dan daya tutup yang baik pula.

b. Dulux Pearl Glo
Masih sama dengan Pentalite, yaitu produk dari ICI. Cat ini lebih mahal daripada Dulux Pentalite, dengan daya sebar yang relatif sama, daya tutup yang baik, dah hasil akhir semi gloss, menjadikan dinding anda yang memang benar-benar rata dan halus akan tampak lebih elegant. Kalau tidak terpaksa dan dinding anda tidak rata atau halus, jangan memakai cat yang memiliki hasil akhir semi gloss, karena ketidakrataan dinding anda akan semakin terlihat.

c. Nippon Spotless
Cat produksi Nippon paint ini sangat bagus, fitur anti noda dan mudah dicuci menjadi andalannya, daya sebar dan daya tutup yang sangat baik serta ramah lingkungan. Hasil akhir cat ini adalah satin, atau dibawah semi gloss sedikit.

d. Nippon Matex Gold
Cat premium dengan hasil akhir dof atau matt, harga sangat bersaing, dengan hasil akhir saat kering bila disentuh sangat lembut dan halus, daya hiding atau daya tutup dan sebar yang sangat baik, tingkat kekentalan yang cukup tinggi.

e. Jotun Majestic Royale Matt
Sudah bisa ditebak dari namanya, produk dari jotun ini memiliki hasil akhir dof atau matt, daya tutup sangat baik, tingkat kekentalan sedang, dan daya sebar yang sedikit lebih rendah dibanding produk milik nippon paint. dan dari segi harga, type atau merk ini yang paling murah dibanding cat premium milik Jotun.

f. Jotun Majestic Pearl Silk
Hasil akhir satin dan mudah dicuci, menjadikan tembok anda terlihat elegant, daya tutup tinggi dan daya sebar cukup tinggi pula.

g. Jotun Majestic Optima
Cat milik jotun ini memiliki harga yang paling mahal diantara Majestic Pearl Silk dan Royale Matt. hasil akhir yang semi gloss atau semi kilap dan mudah dicuci dan tahan noda menjadi pilihan yang tepat dan bagus.

Selain beberapa brand yang kami sebutkan di atas, sebenarnya masih ada beberapa brand yang cukup bagus, seperti produk dari propan dengan Decorsafe dan Decorlotus yang tahan noda, produk dari Mowilex dll.

Contoh Brand untuk Cat Eksterior untuk kelas Premium antara lain:
a. Mowilex WeatherCoat
Hampir semua cat eksterior untuk kelas premium memiliki hasil akhir satin hingga semi gloss. tahan cuaca ekstrim, cat dari mowilex ini memiliki daya sebar yang tinggi dan daya tutup yang sangat baik.

b. Nippon WeatherBond
Cat Nippon ini sangat baik, dari segi daya tutup maupun daya sebarnya, karena kekentalan dari produk ini juga tinggi, sehingga saat melakukan pengenceran bisa lebih tinggi dan akan mendapatkan daya sebar yang baik. Perlindungan terhadap cuaca yang baik dan warna yang tidak cepat pudar. dan Setelah kering, cat milik nippon paint ini cukup halus saat diraba.

c. Jotun Jotashield dan Jotashield Extreme
Kedua cat eksterior milik jotun ini juga sangat bagus, ketebalan film hasil akhir yang cukup tipis, daya tutup sangat baik dan daya sebar yang cukup baik pula, meskipun daya sebarnya masih kalah sedikit dibanding milik nippon paint dan Dulux Weathershield. Khusus yang memiliki embel-embel extreme, ketahanannya lebih baik daripada tanpa embel-embel extreme, dan tentu harga lebih mahal, untuk yang memakai embel-embel extreme, setara dengan milik Dulux Weathershield max.

d. Dulux Weathershield Pro dan Weathershield Max
Produk keluaran dari ICI Dulux memang tidak diragukan lagi, dari ketiga merk atau brand sebelumnya, milik dulux adalah yang paling mahal harganya. Dan produk dari Dulux ini cukup terkenal pula. dengan daya sebar dan tutup yang tinggi membuat cat ini sangat diperhitungkan. Ketahanan terhadap cuaca yang ekstrem juga sangat baik khususnya yang memiliki embel-embel Max.

Dari keempat produk diatas, untuk ketahanan rata-rata pada cuaca ekstrem seperti di indonesia, Nippon weatherbond dan mowilex Weathercoat sudah sangat memadai, harga yang wajar dan daya sebar yang sangat baik, juga kualitas yang tidak diragukan lagi, bahkan mampu hingga 5 tahun. Bila ingin ketahanan lebih dari 7-8 tahun, harga yang lebih mahal, kualitas yang baik pula? Jotun Jotashield Extreme dan Dulux Weathershield Max perlu diperhitungkan. Nippon paint sebenarnya memiliki produk yang sebanding dengan Dulux Weathershield Max dan Jotun Jotashield Extreme ini, yaitu Super Nippon Weatherbond.

2. Kelas Menengah
Cukup banyak brand yang mencoba bermain di kelas ini, bahkan pabrikan terkenal seperti ICI Dulux dan Nippon Paint juga melepaskan produknya untuk memenuhi kebutuhan konsumen di kelas menengah. Ada pula beberapa merk atau brand yang mencoba meraih hati konsumen dengan meningkatkan penyebaran marketnya, meningkatkan brand image dengan harapan dapat menempatkan hasil produknya pada jajaran kelas menengah, tapi hasil akhir dan kualitas yang didapat masih dibawah kelas menengah produk milik Nippon dan ICI Dulux.

Contoh Brand cat Interior untuk kelas menengah antara lain:
a. Nippon Super Vinilex dan Vinilex (5000)
Untuk kelas menengah, produk milik Nippon ini tidak mengecewakan. Daya tutup yang tangguh, dan daya sebar yang tinggi serta hasil yang cukup halus saat diraba menjadikan Vinilex patut diperhitungkan. Terlebih saat ini sepertinya Nippon juga sedang mendongkrak pemasaran produknya khususnya Vinilex yang memiliki desain kemasan baru membuat cat ini lebih dikenal masyarakat atau konsumen, meskipun masyarakat mungkin lebih banyak mengenal Catylac yang terlebih dulu sejak lama gencar mengenalkan pada masyarakat. Super Vinilex selama ini, saya belum menemukan fitur yang bisa menggunakan warna oplosan atau tinting system. beberapa kali memakai super vinilex, daya tutupnya lebih baik daripada vinilex, daya sebar yang sama, tetapi hasil akhir yang sepertinya cenderung lebih kasar ketimbang vinilex.

b. Catylac
Siapa yang tidak mengenal brand Catylac? hampir kebanyakan orang sudah pasti mengenal brand ini. Produk dari ICI Dulux ini memang bagus untuk kelas menengah, terlebih ditopang dengan nama besar ICI Dulux. Terlebih Catylac sudah berganti design kemasan dan formula baru, sepertinya tidak mau kalah dengan brand-brand baru yang tengah membidik kelas ini. Cat Catylac memiliki daya tutup dan sebar yang baik, hasil akhir dof atau matt, dan setelah mengering, hasil cat cukup halus, meski tidak sehalus vinilex (CMIIW). Dari segi harga terpaut lebih murah sedikit ketimbang Vinilex ataupun SuperVinilex.

c. Avitex
Produk dari Avian paint ini sepertinya banyak tersebar di surabaya dan sekitarnya, dan Cat ini juga mendobrak di kelas menengah.

d. Paragon
Sebenarnya bingung juga mengelompokkan Cat Paragon ini. Dilihat dari segi harga masih dibawah Avitex (CMIIW) namun siapa yang tidak mengenal warna Putihnya paling putih dari Cat Paragon ini. Memang kebanyakan orang banyak yang memberikan jempol 2 untuk produk ini karena putihnya menjadi warna paling putih. Cat Paragon, biasanya dipakai pada plafon atau langit-langit juga dinding dari client yang memang menginginkan warna yang benar-benar super putih. Kalau dilihat dari daya tutupnya, memang masih dibawah Vinilex bahkan Catylac. Tapi dari segi putihnya memang luar biasa.

Sebenarnya dipasaran kelas menengah sangat banyak sekali brand-brand yang bertebaran, ada juga Envitex, produk ini dilihat dari segi harga sebenarnya berani masuk di kelas menengah.

3. Cat Kelas Bawah
Kelas ini banyak sekali berjubel dengan brand-brand yang banyak dikenal maupun tidak dikenal sekalipun. Pada kelas ini brand-brand penghuninya antara lain Komilex, Q-luc, Mawar, Aga, Cendana dll.

Demikian ulasan tentang ragam jenis cat tembok yang banyak kita jumpai di pasaran. Semoga bermanfaat.




Surabaya - Pembangunan jalan lintas selatan (JLS) di Jatim diprediksi baru selesai pada tahun 2019 mendatang. Padahal, sebelumnya JLS ditarget rampung tahun 2014.

Molornya pembangunan JLS tersebut membuat biaya yang dikeluarkan diprediksi akan membengkak hingga mencapai Rp 7,7 triliun. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sekitar Rp 1,7 triliun dari perkiraan sebelumnya yang hanya sekitar Rp 6 triliun.

"Kalau itu perhitungannya karena dengan molornya pembangunan JLS, maka bahan-bahan yang dibutuhkan akan semakin mahal dan melihat situasi ekonomi seperti sekarang ini," ungkap Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) JLS Dinas PU Bina Marga Provinsi Jatim Untung Hidayat, Minggu (29/12/2013).

Menurut Untung, kondisi itu terjadi karena minimnya anggaran dari pemerintah pusat maupun provinsi, sehingga pembangunan jalan di pesisir selatan Jatim tersebut terkatung-katung.

"Kendala utamanya adalah anggaran, karena PT Perhutani sudah welcome untuk menyerahkan lahannya dan sebagian jalur sudah dibuat," katanya.

Untung menjelaskan, alokasi dana tersebut dihabiskan hanya untuk mempersiapkan jalur, pengaspalan jalan, pemasangan rambu serta pembangunan 167 buah jembatan yang akan dilalui jalan tersebut. "Kalau pembebasan lahannya itu wewenang pemerintah daerah karena mereka yang menyelesaikan," tegasnya.

Memang, pada tahun 2013 alokasi anggaran untuk penyelesaian JLS yang dikucurkan oleh pemerintah pusat dan pemprov Jatim menurun tajam. Jumlah total anggaran yang keluar pada tahun ini hanya sebesar Rp 258 miliar dengan rincian dari pemerintah pusat sebesar Rp 218,9 miliar dan dari pemprov Jatim senilai Rp 39,1 miliar. Angka tersebut jauh lebih kecil dibandingkan tahun 2012 lalu yang mencapai Rp 432,3 miliar dengan rincian dari pemerintah pusat sebesar Rp 388,8 miliar dan pemprov Jatim sebesar Rp 45,3 miliar.

Dia berharap agar tahun 2014 mendatang anggaran dari pemerintah pusat dapat ditingkatkan. Mengingat, pihaknya sudah berusaha maksimal untuk melakukan pembebasan lahan dan pembukaan jalur. "Kami sudah maksimal bekerja sehingga kucuran dana yang dialokasikan diharapkan lebih ditingkatkan lagi," tandasnya.

Meski mengalami berbagai kendala, sejauh ini pihaknya sudah berhasil membuka dan mengaspal jalan dari Pacitan ke Trenggalek sepanjang 85 km. Diharapkan, dengan dibukanya jalur tersebut perekonomian masyarakat di wilayah itu dapat terangkat.

Pihaknya berharap agar akses di wilayah itu menjadi lebih mudah dengan dibukanya jalur di sisi Pacitan. Pada tahun 2014 mendatang pengaspalan jalan diprediksi mencapai 25 km yang menghubungkan wilayah Trenggalek dengan Tulungangung. Saat ini pembukaan akses dan pembuatan jalur di wilayah itu sudah rampung. "Tinggal pengaspalan saja. Kalau target kami pada tahun depan bisa sampai 25 km," imbuhnya.

Kendala lainnya dalam pembangunan JLS yang muncul belakangan adalah melonjaknya harga tanah yang akan dibebaskan karena sudah jatuh ke tangan spekulan. Saat ini harga per meter tanah di pesisir Tulungagung mencapai Rp 1 juta per meternya. "Kalau dulu harganya hanya ratusan ribu sekarang sudah sampai Rp 1 juta. Kalau harga tanah mahal nanti biaya yang ada tersedot untuk pembebasan lahan saja," pungkasnya.

Secara keseluruhan JLS memiliki panjang 634,11 kilometer (km). Total kebutuhan lahan proyek JLS seluas 13.515.288,00 meter persegi (m2). Rinciannya, kepemilikan lahan meliputi lahan Perhutani 5.609.420 m2, perkebunan 1.284.240 m2, penduduk sekitar proyek 3.671.908 m2, dan lain-lain seluas 3.156.120 m2.

Pembangunan JLS dimulai sejak era Gubernur Jatim Imam Utomo pada tahun 2002. Delapan daerah yang dilewati JLS adalah Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember dan Banyuwangi. Dari delapan daerah itu, yang selesai 100 persen baru Pacitan dan Trenggalek.





Electrical Engineer Supervisor
PT. Sigma Mutiara
Jl sisingamangaraja no 57
Kebayoran Baru-Jakarta Selatan
E-mail : hrd@sigmamutiara.com

Requirements :
  • Pria, Maksimal 45 tahun
  • Pendidikan S1 Teknik Elektro (Arus Kuat)
  • Pengalaman kerja min 3 tahun sebagai supervisor electrical di proyek sipil / konstruksi
  • Mengerti sistem kontrol instrumen, trouble shooting dan maintenance.
  • Mengerti dan dapat membaca gambar teknik
  • Menguasai Microsoft Office dan Autocad
  • Memiliki keteladanan dan cakap memimpin karyawan
  • Berorientasi terhadap hasil dan pencapaian target
  • Berpikir matang, komunikatif dan aktif
  • Bersedia ditempatkan di site luar pulau

Company Overview :
Kami adalah group perusahaan swasta nasional yang berkembang pesat dan bergerak di bidang konstruksi.

Closing Date :
20 Januari 2014




Engineering Manager (FAR)
PT. Faratu
Jl. Raya Narogong Km 13.5
Bekasi

Responsible:
  • Maintenance mesin produksi
  • Bertanggung Jawab terhadap divisinya
  • Melaporkan hasil pekerjaan kepada atasan

Kualifikasi:
  • Pria/ Wanita
  • Usia maks. 45 th
  • Pendidikan min. S1 segala jurusan
  • Pengalaman min. 1 th sebagai Engineering Manager
  • Penempatan Jakarta Selatan

Company Overview :
PT. Faratu merupakan perusahaan Farmasi yang sedang berkembang pesat dan berlokasi di Bekasi. Sejalan dengan ekspansi bisnis, maka kami membutuhkan para profesional.

Quick Apply:



http://www.mediaproyek.com/

Dalam kehidupan sehari-hari maupun di proyek, sering kita mendengar kata sound Sytem. Dalam dunia audio professional khususnya, banyak sekali berbagai cara untuk mendapatkan kualitas suara yang mungkin baik dan bagus untuk kita dengar. Sebenarnya apa itu Sound System? Mari kita bahas.

“Tata suara” barangkali terjemahan paling mendekati untuk istilah “sound system”. Namun para praktisi lebih menyebut Soundsystem untuk seperangkat peralatan reproduksi suara yang meliputi microphone, kaset/tape recorder - player, mixer (pencampur suara), amplifier, speaker monitor.

Dalam sound system itu sendiri terdiri dari dua sistem,yaitu:
1. Public Adress Sistem
Public Adress Sistem merupakan seperangkat audio yang dipasang pada suatu gedung bertingkat ataupun gedung-gedung lainya dengan tujuan menyampaikan pengumuman singkat atau menandakan suatu keadaan darurat di gedung tersebut. Sistem ini memiliki cara kerja mendistribusikan suara diseluruh tempat tersebut. Dilihat dari peralatannya sistem ini lebih simple dan mudah, karena pendistribusian sinyal audionya menggunakan sistem voltage dalam skala kecil, namun jangkauannya dapat lebih jauh dan bahkan ke beberapa speaker.

Adapun beberapa perangkatnya seperti speaker ceiling, bamplifier, bsignal processor, bahkan mixer PA.

http://www.mediaproyek.com/
Rack PA System
Kelebihan :
  • Peralatan yang digunakan lebih sedikit dan simple.
  • Sistem pengkabelannya lebih sederhana
  • Harganya lebih murah
  • Jangkauan dari sistem dapat dilink ke beberapa speaker.

Kekurangan:
  • Hasil suara hanya sebatas orang bicara (tidak terlalu detail).
  • Hanya dapat digunakan pada fungsinya saja.
  • Biasanya harus sering maintenance alat karena sistem ini harus menyala 24 jam.

2. Sound Reinforcement
Sound Reinforcement adalah sistem yang lebih besar lagi untuk menjamak audience dalam jumlah banyak dan luas dalam suatu tempat, misalnya live musik outdoor, konser indor atau outdoor, dll.

http://www.mediaproyek.com/

Sistem ini lebih kompleks baik dari X-over speaker, equalisasi, delay speaker, limiter dan aplikasi pendukung lainnya. Dilihat dari segi quantity peralatan pun lebih banyak mulai dari ratusan microfon, mixer audio, Processor, audio controller, remote amplifier, line array speaker, gate, limiter, effect, dll. Nah itu semua dijadikan satu sistem yang kompleks hingga dapat menghasilkan suara yang bagus, detail dan dapat menjangkau banyak audience.

http://www.mediaproyek.com/
Application of Concert
Kelebihan :
  • Dapat menjangkau atau mengcover ruangan maupun lapangan yang luas.
  • Dapat mendistribusikan suara ke lebih banyak audience.
  • Suara yang dihasilkan lebih detail, lebih kuat,dan berkualitas.

Kekurangan :
  • Sistem yang digunakan lebih kompleks dan rumit.
  • Memakan biaya yang sangat mahal
  • Terlalu banyak peralatan yang dipakai.

Demikian sedikit ulasan tentang sound system. Terima kasih.




Jakarta - Kondisi pasar di seluruh Indonesia banyak yang perlu dibenahi, dan umumnya bangunan yang ada dibangun sudah puluhan tahun. Kondisi ini yang membuat Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi untuk melakukan revitalisasi pasar di seluruh Indonesia. Kendala yang ada untuk revitalisasi ini adalah kebutuhkan dana yang sangat besar mengingat jumlah pasar yang ada lebih dari 10 ribu tempat.

Hal ini disampaikan Bayu saat beberapa waktu lalau meresmikan Pasar Percontohan Jepon, Blora, Jawa Tengah, yang dibangun dengan menghabiskan dana sebesar Rp7,5 miliar dari Dana Tugas Pembantuan Kementerian Perdagangan. “Total dana untuk membangun Pasar Jepon senilai Rp7,5 miliar dan saat ini Kementerian Perdagangan telah melakukan revitalisasi lebih dari 450 pasar dengan menghabiskan dana lebih dari Rp2 triliun,” kata Bayu seusai meresmikan Pasar Jepon, di Blora, Jawa Tengah.

Terkait dengan revitalisasi pasar, semua sangat tergantung dari ketersediaan anggaran dan kesepakatan kawan-kawan di DPR. Kita sudah mengusulkan untuk lebih banyak lagi namun alokasinya baru seperti saat ini. Bayu menjelaskan, langkah untuk merenovasi atau revitalisasi pasar-pasar yang ada di Indonesia dikarenakan konsumen menginginkan pasar yang bersih, nyaman, terang, tidak sumpek serta barang yang tersedia banyak untuk memenuhi kebutuhan para konsumen tersebut.

Sementara itu, Bayu melanjutkan, terkait dengan kapasitas Pasar Jepon yang baru direvitalisasi tersebut bertambah sebesar 15 persen saja dan diharapkan pemerintah daerah bisa melakukan perbaikan ataupun perluasan setelah pihaknya memberikan pasar percontohan tersebut.

Sejak tahun 2011 hingga 2013, Kementerian Perdagangan telah merevitalisasi pasar tradisional sebanyak 517 unit dengan anggaran sebesar Rp2 triliun, yang terdiri dari pasar percontohan sebanyak 53 unit dan pasar non-percontohan sebanyak 464 unit.

Pasar Jepon berlokasi di Kecamatan Jepon, Kabupaten Bloradengan luas lahan sebesar 10 ribu meter persegi yang memiliki 117 kios dan 342 los, serta sarana pendukung antara lain empat unit toilet, delapan titik CCTV, satu unit pos jaga, satu unit penampungan sampah, satu area parkir dan penghijauan.




Boyolali - Para petani di 19 desa di Kecamatan Ngemplak dan Nogosari, Boyolali akan mengadu ke setidaknya dua menteri yaitu Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Menteri Pertanian. Mereka menuding pembangunan jalan tol Solo-Kertosono (Soker) telah merusak saluran irigasi dan sawah mereka.

“Saluran irigasi di Ngemplak banyak yang rusak, hal ini berdampak luas terhadap pola tanam para petani. Karena itu dalam waktu dekat ini kami akan ke Jakarta menghadap Menteri PU dan Menteri Pertanian. Kalau tidak bisa paling tidak kami akan menyerahkan proposal ke dirjen,” ujar Ketua Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) Kecamatan Ngemplak, Samidi, seusai menggelar rapat koordinasi di Balai Desa Dibal, Kecamatan Ngemplak, Selasa (24/12/2013).

Selasa siang, Samidi, para Kaur serta sejumlah petani di Kecamatan Ngemplak menggelar rakor. Mereka membahas beberapa hal di antaranya soal kerusakan saluran irigasi di beberapa desa, permintaan pengerukan Waduk Cengklik dan sebagainya.

Saat ini terdapat 113 hektare sawah di lima desa di Ngemplak, Boyolali, yang rusak akibat saluran irigasi sawah-sawah hancurnya saluran irigasi. Hal itu terjadi selama pengerjaan pembangunan jalan tol Solo-Mantingan.

“Lahan pertanian yang rusak tersebar di lima desa di Kecamatan Ngemplak, yaitu Desa Sawahan 60 hektare, Pandeyan 30 hektare, Ngesrep 15 hektare, Sindon 5 hektare, dan Donohudan 3 hektare. Akibatnya para petani menderita kerugian ratusan juta rupiah,” ungkap Ketua GP3A Kecamatan Ngemplak, Boyolali, Samidi, Oktober lalu.

Menurut dia sawah-sawah di lima desa tersebut tak bisa ditanami padi jika tak ada air yang dipompa dari sumur dalam tanah. Kerusakan itu terjadi sejak kira-kira dua tahun lalu atau empat musim tanam (MT).

Sementara itu salah seorang peserta rakor, Kaurbang Desa Ngargorejo, Rahmat mendukung keputusan rakor yang akan mengadu ke menteri. Sebab hal itu dinilai sebagai kepentingan bersama. Dia yang wilayahnya mencakup Waduk Cengklik juga tak keberatan wacana pengerukan waduk meski banyak warga yang membudidayakan ikan karamba di waduk itu.

“Pengerukan tidak masalah asal ada pemberitahuan atau sosialisasi satu tahun sebelumnya. Karana ini menyangkut keberadaan ratusan atau seribuan petak karamba di sana,” ujar dia seusai pertemuan.




Estimator
PT. Sekawan Abadi Prima
Jl. Raya Kebayoran Lama No. 8A
Jakarta - Indonesia

Requirements :
  • Candidate must possess at least a Diploma, Engineering (Civil), Engineering (Computer/Telecomunication) or equivalent.
  • Required skill(s) : Drawing, Estimator, Excel, Autocad 2D and 3D.
  • At least 2 year(s) of working experience in the related field is required for this position.
  • Applicants must be willing to work in Jakarta Selatan.
  • Preferably Staff (non-management & non-supervisor)s spesializing in Engineering - Civil / Construction / Structural or equivalent.
  • Full-Time position(s) available.
  • High motivation, proaktif & hard worker.

Company Overview :
PT. Sekawan Abadi Prima, a dependable end-to-end service provider company spesializing in telecomunication infrastructure that anages over 800 tower sites in the greater Jakarta area (JABODETABEK) efficiently and effectively for guaranteed client satisfaction. We offer extensive knowledge and experience with innovative system to get things done right, safely, cost effectively and on schedule. We are looking for competent and result oriented professionals.

Closing Date :
23 Januari 2014



http://www.mediaproyek.com/

Water heater adalah alat yang digunakan untuk memanaskan air yang menggunakan energi sebagai sumber pemanas. pada awalnya untuk mendapatkan air panas biasanya kita memasak air atau memanfaatkan air panas langsung dari alam.Pada tahun 1868 seorang pelukis asal London, Inggris, Benjamin Waddy Maughan menemukan water heater domestik instan pertama. Cara kerja alat ini sederhana air dingin ditempatkan dibagian atas wadah berupa tabung yang juga diisi jaringan kawat-kawat tipis sebagai pengantar panas, dimana bagian bawahnya diletakkan sebuah alat pemanas berbahan bakar gas. Lalu air panas mengalir ke bak mandi tanpa ada perantara. Maughan menamai penemuannya ini "Geyser", bahkan hingga kini di Inggris water heater masih sering disebut geyser.

Suatu saat seorang ahli tekhnik asal norwegia, Edwin Rudd memutuskan untuk berimigrasi ke Amerika, tepatnya ke Pittsburgh, Pennsylvania. Di kota itu ia menemukan blue print atau cetak biru water heater instan pertama buatan Maughan. Penemuan ini menjadi inspirasi, lalu Rudd mengembangkan penemuan ini menjadi mesin water heater otomatis. Akhirnya ia berhasil membuat water heater otomotis pertama di sekitar tahun 1889, Mesin ini berupa wadah berbentuk tangki penyimpanan air yang suhu airnya bisa di atur secara mekanis dan didistribusikan melalui pipa penyaluran air.

Dewasa ini water heater sudah semakin berkembang, dan sudah banyak sekali sistem yang di pakai dan bahan baku yang semakin baik dari ke hari. Hal ini demi kepuasan konsumen yang mengharapkan water heater terbaik untuk mereka. Di bawah ini saya akan mengupas sedikit tipe - tipe water heater yang beredar di masyarakat saat ini.

1. Water Heater Listrik ( Electric Water Heater )
Seperti namanya water heater ini menggunakan listrik sebagai energi utama untuk memanaskan air. Electric Water Heater terdiri dari 2 ( dua ) tipe yaitu:
  • Instan Electric Water Heater
  • Water Heater Listrik dengan Penampungan.

2. Solar Water Heater ( SWH )
Solar Water Heater adalah pemanas air yang memanfaatkan energi matahari yang gratis. Sering timbul salah pengertian dengan Pemanas air tipe ini. Banyak yang menganggap energi panas matahari di tangkap lalu di simpan di batere yang akan di gunakan untuk memanaskan air di dalam tangki. Padahal dari semua water heater yang beredar menurut saya justru tipe ini yang paling sederhana cara kerjanya.Air dingin yang mengalir justru langsung dipanaskan matahari di kolektor lalu disimpan di tangki sampai akhirnya dipergunakan.

Solar Water Heater terbagi 2 yaitu sistem pasif dan aktif. Sistem pasif cenderung untuk kapasitas kecil buat rumah tangga sedangkan yang aktif biasanya untuk kapasitas besar seperti hotel, rumah sakit dan lain-lain.

3. Air Conditioning Water Heater ( ACWH )
Pemanas air jenis ini adalah dengan memanfaatkan panas freon dari AC yang biasanya dibuang. Freon yang panas dialirkan ke Heat Exchanger yang akan memanaskan air di tangki penampungan.

4. Heat Pump Water Heater
Heat Pump Water Heater cara kerjanya tidak berbeda dengan ACWH, hanya saja di Heat Pump semua sudah menjadi satu kesatuan yang didesain untuk air panas, sedangkan ACWH memanfaatkan AC yang sudah ada, sehingga harus kita modifikasi untuk bisa di salurkan ke tangki penampungan.

5. Gas Water Heater
Pemanas air ini menggunakan gas ( baik gas elpiji ataupun gas alam ) sebagai sumber energi untuk memanaskan air. Caranya dengan pembakaran seperti kompor gas. Pipa yang dalamnya mengalir air dingin langsung dipanasi, sehingga air yang keluar langsung panas tanpa perlu ditampung terlebih dahulu.

6. Solar Rubber Pool Heating
Pemanas air ini di desain untuk kolam renang dengan memanfaatkan panas matahari. cara kerjanya hampir sama dengan solar water heater, hanya untuk kolektor atau penangkap panas menggunakan panel karet ( polymer ) yang tahan terhadap chlor atau zat kimia kolam renang. sistem pemanasan ini tidak menggunakan tangki penampungan, justru kolam renang itu sendirilah sebagai tangki penampungan dan disirkulasi langsung.

Demikian ulasan tentang pengertian water heater dan jenisnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.



http://www.mediaproyek.com/
Gambar kolom setelah dibuka bekistingnya
Setelah pada kesempatan yang lalu telah dibahas tentang Pengertian Bekisting dan Jenisnya, Tahap Pemasangan Bekisting, maka pada kesempatan kali ini akan kita lanjutkan tentang Tahap Pembongkaran Bekisting.

http://www.mediaproyek.com/
Gambar pembongkaran bekisting balok
Untuk menentukan berapa lama bekisting dapat di bongkar tanpa menimbulkan crack atau lendut pada balok atau lantai beton tentunya harus melalui prosedur ijin bongkar dari konsultan serta hasil analisa statik terhadap umur beton.

http://www.mediaproyek.com/
Gambar pembongkaran plat lantai
Waktu yang tepat untuk melakukan bongkaran bekisting tentunya tergantung pada bagian struktur beton dan kelas beton yang digunakan serta metode bongkaran yang digunakan. Contohnya Bongkaran pada kolom beton bisa dilakukan 8-12 jam setelah pengecoran, kemudian pada Lantai dengan sistem balok, bekisting slab beton boleh lebih dulu di bongkar pada umur beton minimal 6-7 hari dengan syarat langsung di shoring atau di tumpu oleh pipa support pada jarak tertentu, sementara balok nya di bongkar pada umur 10 hari.

http://www.mediaproyek.com/
Gambar pembongkaran bekisting kolom
Pada intinya semua itu perlu di lakukan analisa statik, dengan memasukan umur beton pada saat bongkaran akan dilakukan.

Demikian sedikit pembahasan tentang tahap pembongkarang bekisting. Semoga bermanfaat.




Pamekasan - Proyek pemasangan paving untuk area parkir RSD dr Slamet Martodirdjo, Pamekasan, yang dianggarkan di APBD tahun 2013. Hingga akhir bulan Desember ini belum juga dikerjakan.

Hal tersebut mendapat sorotan dari komisi B DPRD setempat, yang sempat melakukan kenjungan ke rumah sakit terbaik di Madura itu. Sebab, kondisi parkiran sendiri terbilang sangat buruk. Bahkan sering tergenang air ketika turun hujan. "Ini kok sampai saat ini masih belum dikerjakan, ini ada apa. Kondisi parkiran kan sudah sangat buruk seperti ini, setiap hujan turun ini selalu ada genangan air," kata Fathorrahman, salah satu anggota Komisi B, Sabtu (21/12/12013).

Taufiq menambahkan, seharusnya proyek tersebut segera dikerjakan sebelum pergantian tahun. Sebab, hal tersebut sudah dianggarkan di APBD tahun 2013. "Persoalan apapun ,seharusnya tidak mengganggu proses pembangunan sarana perbaikan parkir di rumah sakit. Sebab kami sudah memperjuangkan untuk menganggarkan," imbuhnya.

“Kalau begini, kan tetap saja tidak ada perbaikan. Meskipun kita (DPRD) dan pemerintah telah berupaya keras untuk meningkatkan fasilitas dan pelayanan publik di rumah sakit ini," ungkap Taufiq, dengan nada geram.

Taufiq juga berharap agar proyek secepatnya dilaksanakan. Sebab waktunya sudah sangat mendesak, dan kondisi parkir semakin memprihatinkan. Sedang pendapatan parkir setiap harinya berkisar Rp 500 ribu hingga Rp 600 ribu. "Perolehan sebesar itu jika tidak dibarengi dengan fasilitas yang memadai, kan tidak etis," harapnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas PU Pemkab Pamekasan, Totok Suhartono mengatakan, pelaksanaan proyek tersebut sudah menjadi wewenang pihak rumah sakit, bukan menjadi wewenang PU. "Terkait pelaksanaan Itu (pemasangan paving) sudah menjadi kewenangan RSUD," katanya, melalui pesan Blackberry Massenger.

Sayangnya, hingga berita ini diturunkan. Belum ada keterangan resmi dari pihak RSD dr Slamet Martodirdjo, terkait tidak dikerjakannya proyek pemasangan paving tersebut.




Site Manager
PT. Cipta Dimensi Baja Nusantara
Sapta Mulia Center, Jl. Rawa Gelam V Kav. OR-3B
Kawasan Industri Pulogadung - Jakarta

Requirements :
  • Usia minimum 32 tahun.
  • Pendidikan minimum S1 Teknik Sipil / Arsitektur.
  • Pengalaman lebih dari 3 tahun dibidangnya / Konstruksi.
  • Berjiwa pemimpin, dapat bekerja secara team.
  • Menguasai computer, Ms. Office, Ms. Project, Autocad.
  • Baik dalam berkomunikasi, negoisasi, berkepribadian dewasa, loyal, kreatif dan memiliki jiwa kepemimpinan.
  • Berpengalaman di proyek-proyek trade center / mall / apartemen / high rise building.
  • Bersedia ditempatkan di wilayah kerja / luar kota.
  • Bisa berbahasa Inggris (Aktif lebih diutamakan).

Company Overview :
Didirikan pada tahun 1989, PT. Cipta Dimensi Baja Nusantara telah berkembang sebagai Kontraktor umum dengan reputasi yang handal diantara klien-klien yang setia dan rekanan. PT. Cipta Dimensi Baja Nusantara memberikan pelayanan menyeluruh dibidang konstruksi untuk proyek komersial, perdagangan, hiburan, pendidikan dan industri di seluruh Indonesia. Dengan menawarkan pelayanan di bidang rancang bangun, konstruksi umum dan pabrikasi serta ereksi baja, kami siap menangani semua jenis proyek.

Closing Date :
23 Januari 2014




Electrical Supervisor Site (Project)
PT. Rekadaya Elektrika
Mega Building, Jalan Tanjung Karang No. 3A
Jakarta Pusat

Requirements :
  • Candidate must posses at least a Bachelor’s Degree Engineering (Electrical/Electronic) or equivaent
  • Required skill(s) : min from bachelor degree from electrical (technic), experience in power plant (steam), software skill ETAP, MICROSOFT OFFICE, LOGIC CONTROLLER, Autocad
  • Required language(s) : English
  • At least 3 year(s) of working ecperience in the related field is reuired for this position
  • Preferably Supervisor / Coordinators spesializingin Engineering – Elecrical or equivalent
  • 6 Full-Time and Contract position available

Company Overview :
PT. Rekadaya Elektrika Bima (Nusa Tenggara Barat), Ende (Nusa Tenggara Timur), Flores Timur Larantuka (Nusa Tenggara Timur), Jakarta Raya, Tidore (Maluku Utara), Timika (Papua)

Closing Date :
11 Januari 2014



http://www.mediaproyek.com/

Mulai 1 Januari 2014, PT. Askes akan berubah menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan mulai beroperasi. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menegaskan kehadiran BPJS Kesehatan diharapkan tak bersaing dengan industri asuransi. Kepala Eksekutif Pengawas Industri Non-Bank OJK Firdaus Djaelani menyatakan BPJS Kesehatan dan asuransi umum merupakan “saudara kandung”.

“Diharapkan tidak bersaing karena mereka ‘bersaudara’, “ tuturnya saat Konferensi Pers tutup tahun 2013 di Jakarta.

Dia menjelaskan BPJS Kesehatan sesuai dengan amanat UU Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) menargetkan dapat memberikan asuransi kepada 120 juta penduduk Indonesia, tahun depan. Pada 2019, lanjut dia, ditargetkan seluruh penduduk dapat merasakan manfaat BPJS Kesehatan. “Itu wajib, industri asuransi akan extra cover ; kalau butuh cover di atas BPJS, itu ruang untuk industri asuransi komersial,” jelasnya. Menurut dia, PT. Askes sudah menandatangani nota kesepahaman dengan perusahaan asuransi. Salah satu kesepakatannya adalah misalnya, ada nasabah asuransi yang sudah menutup kerja samanya, bisa dialihkan ke BPJS Kesehatan.




Kulonprogo – Penentuan titik koordinat di lapangan untuk lokasi pembangunan bandara baru di wilayah Kecamatan temon, Kulonprogo, akan dilakukan pekan ini.

Penentuan titik ini diperlukan untuk memastikan lokasi di lapangan sekaligus memastikan warga yang terdampak proyek itu.

Sekretariat Daerah (Sekda) Kulonprogo, RM Astungkoro mengatakan, dalam Izin Penetapan Lokasi (IPL) yang ditetapkan Menteri Perhubungan sudah ada titik koordinat lokasi bandara yang akan dibangun. Pekan ini Tim dari Bappeda Kulonprogo bersama BPN dan PT. Angkasa Pura akan melakukan penentuan titik di lapangan.

“harus ditentukan dulu titik pastinya, minggu ini akan dilakukan penetuan titik-titik berdasarkan koordinat yang sudah ditentukan dalam IPL,” katanya dalam koordinasi dengan Perangkat Desa, Para Dukuh dan tokoh-tokoh masyarakat di Balai Desa Glagah, Kecamatan temon, Senin (23/12).

Menurut RM Astungkoro, data dari enam Desa calon lokasi bandara terkait jumlah bidang luasan, serta jumlah kepala keluarga yang terdampak sebenarnya telah ada. Setelah penentuan titik koordinat di lapangan, data itu akan dilakukan pengecekan ulang dan akan didapat data yang pasti. Enam Desa calon lokasi bandara ini meliputi Desa Glagah, Palihan, Jangkaran, Sindutan, Temon Kulon dan kebonrejo.

“Data(warga yang terdampak)by name 607 keluarga sudah ada namanya, tinggal kami recheck kembali. Kalau tidak banyak hambatan inginnya secepatnya selesai. Kemudian kita sosialisasi (pada warga yang terkena). Beberapa tim juga turun di empat desa yang lain (Palihan, Jangkaran, Sindutan dan Kebonrejo), paparnya.

Pengecekan ulang data warga yang terdampak dengan melibatkan Pemerintah Desa diharapkan bisa selesai Desember ini. Dengan begitu pada 2014 bisa dimulai proses pembebasan lahan.

Kabag Umum Desa Glagah, Supriyono Waluyo mengharapkan agar penentuan titik bandara segera dilakukan sehingga jelas lokasinya. Kejelasan titik lokasi ini sangat diperlukan sebagai dasar pendataan warga yang akan terkena dampak. Kepala Dukuh Glagah, Suroto mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya telah diminta melakuka pendataan namun belum bisa dilaksanakan belum tahu titik pastinya.




Semarang – Pengembangan Bandar Ahmad yani Semarang tidak bisa dilakukan awal Januari 2014 seperti keinginan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Pembangunan molor karena tersendatnya perijinan dari Pemerintah Pusat.

Gubernur jateng Ganjar Pranowo mengatakan, setelah dikejar terus – menerus, Menteri Keungan akhirnya meneken perijinan pengembangan bandara. Namun karena sudah akhir tahun, pembangunan tidak bisa dimulai sesuai jadwal.

“Sudah diteken, saya sudah tanya Angkasa Pura apakah bisa ground breaking awal Januari, ternyata tidak bisa karena banyaknya agenda,” katanya, usai sidang paripurna di Gedung Berlian DPRD Jateng.

Tetapi kapan pelaksanaan pembangunan belum bisa diketahui. Menurut Gubernur, harus ada pembicaraan ulang di internal PT. Angkas Pura untuk menentukan jadwal pengganti. “Jadi masih harus pembicaraan ulang untuk menentukan ground breakingnya,” katanya.

Anggota Komisi D DPRD Jateng Abdul Aziz menyayangkan berlarut-larutnya pengembangan bandara. Dia akan membawa masalah ini ke rapat internal Komisi untuk menentukan langkah terobosan mengatasinya.

“Apakah Komisi D harus memanggil Angkasa Pura atau ke Jakarta sekalian untuk meminta percepatan. Yang jelas kami meminta bandara segera dibangun.” Katanya.

Sebelumnya, General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yan Semarang, Priyo Jatmiko mengatakan, pembangunan bandara membutuhkan surat pengesahan perjanjian kerja sama antara PT. Angkasa Pura dengan TNI AD oleh Kementerian Pertahanan, Mabes TNI, Kementerian BUMN, dan Kementerian Keuangan.Tapi prosesnya sempat mandek di Kementerian Keuangan sehingga pembangunan tidak bisa dilakukan dalam waktu cepat.

Pengembangan Bandara Ahmad Yani diprediksi selesei dalam dua tahun. Perluasan Bandara akan mampu menampung jumlah penumpang pesawat, dan muatan kargo hingga 20-30 tahun ke depan. Dalam masterplan rencana pengembangan disebutkan, apron akan dibangun dua tahap. Tahap pertama seluas 61.344 meter pesegi dapat menampung Boeing 767 dua buah dan Boeing 737 delapan buah.

Pembangunan pada tahap dua seluas 72.522 meter persegi dapat menampung Boeing 767 dua buah dan Boeing 737 sepuluh buah. Sedangkan terminal baru akan dibangun seluas 40.900 meter persegi dengan kapasitas empat juta penumpang per tahun. Saat ini Detail Engineering Design (DED) proyek telah mencapai 90%.

Menurut General Affair and Communication Section Head PT. Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani, Anom Fitranggono, saat ini luas apron existing 29.032 meter persegi dan hanya bisa menampung enam pesawat berbadan sedang, dan dua pesawat baling-baling. Luas terminal penumpang 6.708 meter persegi. Sedang luas terminal existing 6.108 meter persegi dengan kapasitas hanya 900.000 penumpang per tahun.

Rincian anggaran pekerjaan untuk paket satu meliputi pekerjaan pengurugan tanah dan pembuatan jalan akses senilai Rp. 272.813.067.363.Pekerjaan terminal dan fasilitas penunjang masuk pada paket dua, dengan estimasi anggaran Rp. 605.623.579.008. Pekerjaan bangunan lain, fasilitas penunjang dan lansekap masuk pada paket tiga dengan pagu anggaran Rp. 98.563.353.629.

Sementara pagu untuk paket empat yang meliputi pembuatan apron dan taxiway sebesar Rp. 120,5 miliar. “Total nilai investasi yang dibutuhkan Rp. 1,14 triliun yang berasal dari Angkasa Pura dan pinjaman Bank,” paparnya.




Project Manager
PT. Mevtek Premier
Jl. Paseban Dalam, Jakarta Capital Region 10430
Indonesia

Responsibilities :
  • Managing and developing project department
  • Monitoring project team productivity and target
  • Managing clients and subcontractors

Requirements :
  • Maximum 35 years old
  • Minimum Degree (S1) in Engineering field
  • Minimum experience 2 years on the same position in the contractor / oil & gas company
  • Leadership skill
  • Able to work under pressure
  • Computer literate
  • Willing to be placed in workshop or site project (outside Jakarta)

Company Overview :
Mevtek Premier, pt (MEV) is a privately – held, family – owned Company which established by the Government of the Republic of Indonesia on February 10th 2010. The trading of steel products, equipments, tools and spare parts for both land and marine (oil & gas industries, power plant, civi, etc) remains MEV’s core business. We have buit strong relations with several mills and manufacturer in Indonesia and abroad 9Asia, Australia & Europe). Currently we’re chalenging courageous and profesional people to join our team.

Closing Date :
22 Januari 2014. 



http://www.mediaproyek.com/

Dalam pelaksanaan sebuah proyek, kita sering mendengar berbagai macam istilah gambar mulai dari perencanaan (pra konstruksi) sampai dengan pembangunan selesai (pasca konstruksi).

Pada kesempatan kali ini akan kami uraian beberapa metamorfosa gambar proyek yang biasa penulis alami dalam sebuah pelaksanaan proyek, antara lain :

1. Gambar For Information
Gambar For Information dibuat oleh Konsultan Perencana pada masa awal pra konstruksi. Gambar ini menjelaskan gambaran proyek awal maupun bentuk bangunan yang akan dibangun nantinya. Gambar For Information ini juga biasanya dibuat untuk data Detail Engineering Design (DED) yang diajukan ke Dinas Pemerintah terkait (apabila proyek tersebut proyek pemerintah). Gambar For Information biasanya dibuat dalam bentuk kertas A1.

2. Gambar For Tender
Dari Gambar For Information, biasanya ada koreksi dan revisi dari berbagai pihak terutama dari Pemberi Tugas maupun dari Konsultan Manajemen Konstruksi. Dari hasil koreksi dan revisi tersebut, maka gambar proyek berubah status mejadi Gambar For Tender. Gambar For Tender ini juga dijadikan patokan Konsultan Quantity Surveyor (QS) untuk menghitung RAB / Bill Of Quantity (BQ) yang nantinya akan dijadikan Dokumen Tender. Gambar For Tender ini akan dibagikan ke Kontraktor Peserta Tender untuk dihitung dan dijadikan Dokumen Penawaran oleh calon kontraktor tersebut. Gambar For Tender biasanya dibuat dalam bentuk kertas A1.

3. Gambar For Construction
Dari Gambar For Tender setelah dilakukan proses tender dan setelah dilakukan berbagai revisi maka gambar proyek berubah statusnya menjadi Gambar For Construction. Gambar For Construction inilah yang akan menjadi patokan / acuan oleh Kontraktor Pelaksana dalam pelaksanaan proyek, bersama dokumen lain seperti Bill Of Quanity (BQ), Spesifikasi Teknis / Rencana Kerja dan Syarat (RKS) maupun Berit a Acara Aanwijzing. Gambar For Construction biasanya dibuat dalam bentuk kertas A1.

4. Shop Drawing (Gambar Kerja)
Shop Drawing (Gambar Kerja ) adalah gambar yang menjelaskan secara lebih mendetail dari Gambar For Construction. Shop Drawing (Gambar Kerja ) dibuat oleh pihak Kontraktor sebelum melakukan pekerjaan di lapangan dan diajukan terlebih dahulu ke Konsultan Manajemen Konstruksi (MK) untuk mendapatkan persetujuan. Shop Drawing (Gambar Kerja ) juga dibuat berdasarkan kondisi di lapangan. Dalam pelaksanaan proyek di lapangan biasanya kita menemui adanya pekerjaan tambah, maka setelah ada persetujuan pekerjaan tambah dari pihak Pemberi Tugas dan Konsultan Manajemen Konstruksi (MK) maka Kontraktor menuangkan pekerjaan tambah tersebut ke dalam Shop Drawing (Gambar Kerja). Shop Drawing (Gambar Kerja) biasanya dibuat dalam bentuk kertas A3.

5. As Built Drawing
Gambar As Built Drawing adalah gambar terlaksana. Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa pelaksanaan proyek ada kalanya terdapat perubahan pekerjaan (pekerjaan tambah – kurang) yang disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Maka As Built Drwaing dibuat sesuai dengan kondisi yang terpasang di lapangan. Biasanya dalam beberapa tempat As Built Drawing berbeda dengan Gambar For Construction dikarenakan perubahan pekerjaan di lapangan. As Built Drawing ini dibuat oleh Kontraktor dan dikoreksi oleh Konsultan Manajemen Konstruksi selaku Pengawas di Lapangan. As Built Drawing sangat penting bagi team Maintenance gedung, karena dari gambar tersebut team Maintenance akan tahu kondisi bangunan tersebut baik jalur kabel, jenis besi yang digunakan, mutu beton dan lain-lain. Maka biasanya setelah As Built Drawing dikoreksi oleh Konsultan Manajemen Konstruksi (MK), lalu diserahkan ke Pemberi Tugas sebagai salah satu Dokumen Serah Terima Pekerjaan.

Demikian sedikit ulasan tentang Metamorfosa Gambar Proyek sepengetahuan penulis. Mungkin ada beberapa dari anda yang bisa menambahkan atau mengoreksi ulasan tersebut di atas dan penulis akan sangat mengucapkan terima kasih. Semoga ulasan di atas bermanfaat, dan terima kasih.



Indonesia - Pada tanggal 25 Desember yang bertepatan dengan Hari Raya Natal bagi Umat Kristiani ini, kami sengaja memostingkan 5 Gereja yang kami anggap unik di Indonesia. Gereja merupakan tempat ibadah bagi umat Kristiani. Adapun 5 Gereja unik di Indonesia tersebut antara lain :

1. Gereja Palasari Bali.


Gereja-gereja di Bali memang unik. Betapa tidak. Jika gereja-gereja lain di Indonesia mengambil bentuk arsitektur bergaya Barat, justru gereja-gereja di Bali mengambil gaya arsitektur khas Pulau Dewata itu sendiri. Sekilas dilihat, gereja-gereja di Bali memang mirip pura. Salah satu contohnya adalah Gereja Katolik Palasari ini yang berdiri sejak 1955. Tak hanya bangunannya yang mirip pura, bahkan gereja ini juga memiliki gapura bergaya Bali.

2. Gereja Santo Fransiskus Asisi Brastagi.


Di tengah sejuknya udara Brastagi, Sumatra Utara terdapat gereja unik ini. Gereja ini sering disebut gereja inkulturatif sebab menggabungkan budaya Kristen dengan budaya tradisional khas Sumatra Utara. Gaya bangunannya sendiri terinspirasi dengan rumah adat Batak Karo. Gereja ini terletak di desa Sempa Jaya dan diresmikan pada 2005. Bahkan, gereja ini pernah mendapatkan penghargaan dari Vatikan.

3. Gereja Poh Sarang Kediri.


Gereja unik ini terletak di kaki Gunung Wilis, Kediri. Bangunan yang diarsiteki Henri Maclaine Pont dan Pastur Jan Waolters ini terinspirasi dengan gaya tradisional Jawa. Namun tetap, gereja ini memiliki keunikan tiada duanya bila dilihat dari bentuk bangunannya. Di gereja ini juga terdapat Gua Maria yang dibuat menyerupai Gua Maria yang ada di Lourdes, Prancis.

4. GKJ Karangjoso Purworejo


Gereja ini didirikan oleh Kyai Sadrach dengan ajaran campuran antara Kristen – Kejawen (kepercayaan tradisional Jawa). Uniknya, gereja ini sepintas memang menyerupai masjid. Namun jika pada masjid terdapat mustaka di puncaknya, di bangunan gereja ini mustaka digantikan dengan salib. Salibnya pun unik, yaitu persilangan antara senjata cakra milik Prabu Kresna dan panah Pasopati milik Arjuna. Berkat akulturasi ini, ajaran GKJ berkembang dengan pesat, walaupun menurut sejarah, cara ini tak disetujui oleh para zending (para misionaris asal Belanda).

5. Gereja Hati Kudus Yesus Ganjuran


Gereja superunik ini terletak di Ganjuran, sekitar 20 km dar Yogyakarta. Gereja dan Gua Maria yang dibangun pada tahun 1924 atas prakarsa Joseph dan Julius Smutzer (pengelola Pabrik Gula Gondang Lipuro) ini diarsiteki J. Yh. van Oyen. Keunikannya tentu bangunan candi dengan patung Yesus yang menyerupai dewa Hindu serta bangunan gerejanya yang bergaya Joglo.


Demikian ulasan 5 Gereja unik di Indonesia. Semoga menambah wawasan kita tentang gereja-gereja di Indonesia, dan tentunya juga menambah referensi tempat wisata rohani kita. Semoga bermanfaat. Terima kasih.




http://www.mediaproyek.com/

Kolom Praktis Adalah kolom yang berfungsi membantu kolom utama dan juga sebagai pengikat dinding agar dinding stabil. Pekerjaan kolom praktis dipasang bersamaan dengan pasangan bata yaitu di tiap 9 - 12 m2. Selain itu kolom praktis juga dipasang pada pertemuan pasangan bata, (sudut-sudut), openingan pintu dan jendela serta untuk kebutuhan lain.

Dimensi kolom praktis 15/15 dengan tulangan beton 4 d 10 begel d 8 - 20. Untuk campuran concrete adalah 1 : 2 : 3 dan hindari dengan memakai kerikil bekas ayakan.

Cara pembuatan kolom praktis konvensional bangunan rumah tinggal adalah dengan memasang rangkaian tulangan secara vertical, memasang bekisting dimasing - masing sisi rangkaian tulangan dengan jarak tulangan terluar dengan bekisting +2 cm, kemudian memasukan adukan beton secara bertahap, ditusuk - tusuk dengan tongkat besi sampai padat. Pelaksanaan tersebut dilakukan setiap tinggi antar 90 cm–120 cm, supaya hasil cetakan tidak ada yang keropos.

Demikian sedikit ulasan tentang pekerjaan kolom praktis. Semoga bermanfaat. 





Arsitek
PT. Berkatkurnia Mitraabadi (BKMA)
Komplek Ruko Bougenville Blok A No.1
Jatibening Pondok Gede, Jakarta Timur

Responsibilities :
  • Mampu mengolah tata ruang bangunan.
  • Menghitung biaya konstruksi sebuah bangunan.
  • Mampu bekerja sama dengan tim sipil.

Requirements :
  • Lulusan S1 Teknik Arsitektur.
  • Pengalaman minimal 2 tahun dibidangnya.
  • Menguasai aplikasi komputer yang berhubungan dengan Teknik Sipil / Arsitektur.
  • Mempunyai kemampuan komunikasi & kerja sama team yang baik.
  • Memiliki wawasan yang luas dibidang project implementasi.
  • Mampu bekerja di bawah tekanan dalam memenuhi target penyelesaian kerja.
  • Menguasai bahasa inggris.
  • Bersedia ditempatkan pada area proyek di seluruh wilayah Indonesia.

Company Overview :
PT. Berkatkurnia Mitraabadi (BKMA) adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang konstruksi membutuhkan profesional muda untuk bergabung bersama kami.

Closing Date :
18 Januari 2014


Kirimkan Surat Lamaran atau CV, Foto terbaru & dokumen pendukung lainnya dengan mencantumkan posisi yang anda lamar melalui email :
bandoengster@gmail.com





Unit Survey & Pemetaan Section Head
PT. Lippo Cikarang, Tbk
Cibatu, West Java, Indonesia

Responsibilities :
  • Memimpin team survey & koordinasi aktivitas harian personnel (Project Land Division).
  • Pengukuran batas tanah baru dan rekonstruksi batas (Land Division).
  • Setting titik konstruksi, topografi lapangan, pengukuran volume tanah.

Requirements :
  • Minimal pendidikan S1 Geodesi.
  • Minimal pengalaman 7 tahun sebagai Surveyor.
  • Menguasai aplikasi computer Autocad, Ms. Office.
  • Bertanggung jawab dan teliti.

Company Overview :
Dalam rentang waktu 20 tahun, Lippo Cikarang berkembang menjadi kota mandiri dengan industri sebagai basis ekonomi yang solid. Sejak didirikan, Perseroan telah merupakan salah satu pengembang yang mempelopori pembangunan perumahan berkualitas tinggi, nyaman, sehat dan ramah lingkungan. Konsep ini hingga sekarang tetap dipertahankan baik dalam pengembangan kawasan industri, komersial maupun residential dan telah menjadikan Lippo Cikarang sebagai kawasan untuk bekerja, tinggal dan bermain.

Closing Date :
17 Januari 2014



http://www.mediaproyek.com/

Telah kita ketahui bersama bahwa mulai 1 Januari 2014, Jamsostek akan transformasi menjadi BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial).

Dengan telah disahkan dan diundangkannya UU No. 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (UU BPJS), pada tanggal 25 November 2011, maka PT Askes (Persero) dan PT (Persero) Jamsostek ditranformasi menjadi BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Transformasi tersebut meliputi perubahan sifat, organ dan prinsip pengelolaan, atau dengan kata lain berkaitan dengan perubahan stuktur dan budaya organisasi.

UU BPJS menentukan bahwa PT Askes (Persero) dinyatakan bubar tanpa likuidasi pada saat mulai beroperasinya BPJS Kesehatan pada tanggal 1 Januari 2014. Sedangkan PT (Persero) Jamsostek dinyatakan bubar tanpa likuidasi pada saat berubah menjadi BPJS Ketenagakerjaan, pada tanggal 1 Januari 2014. BPJS Ketenagakerjaan menurut UU BPJS mulai beroperasi selambatnya tanggal 1 Juli 2015 menyelenggarakan prorgam jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun, dan jaminan kematian bagi peserta, selain peserta program yang dikelola oleh PT Taspen (Persero) dan PT (Persero) Asabri, sesuai dengan ketentuan Pasal 29 samapai dengan Pasal 46 UU No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

Tranformasi PT Askes (Persero) dan PT (Persero) Jamsostek menjadi badan hukum publik BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan diantarkan oleh masing-masing Dewan Komisaris dan Direksi PT Askes (Persero) sampai dengan mulai beroperasinya BPJS Kesehatan dan oleh PT (Persero) Jamsostek sampai dengan berubahnya PT (Persero) Jamsostek menjadi BPJS Ketenagakerjaan.
TRANSFORMASI SIFAT

Transformasi dari PT (Persero) menjadi badan hukum publik sangat mendasar, karena menyangkut perubahan sifat dari pro laba melayani pemegang saham menuju nir laba melayani kepentingan publik yang lebih luas untuk melaksanakan misi yang ditetapkan dalam konstitusi dan peraturan perundang-undangan pelaksanaannya. Dengan kata lain BPJS pada dasarnya menyelenggarakan program yang merupakan program Negara yang bertujuan memberikan kepastian perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pasal 5 ayat (2) UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik menyatakan bahwa jaminan sosial termasuk salah satu pelayanan yang termasuk dalam pelayanan publik. Sehubungan dengan itu, dalam penyelenggaraannya berpedoman pada asas-asas kepentingan umum, kepastian hukum, kesamaan hak, keseimbangan hak dan kewajiban, keprofesionalan, partisipatif, persamaan perlakuan/tidak diskriminatif, keterbukaan, akuntabilitas, fasilitas dan perlakuan khusus bagi kelompok rentan, ketepatan waktu, dan kecepatan, kemudahan, dan keterjangkauan.

Selain itu secara khusus BPJS menyelenggarakan SJSN, menurut Pasal 2 UU BPJS berdasarkan asas kemanusiaan yang terkait dengan penghargaan terhadap martabat manusia. Manfaat yaitu asas yang bersifat operasional yang menggambarkan pengelolaan yang efisien dan efektif, sedangkan asas yang bersifat idiil yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sebagai badan hukum publik pembentukan BPJS berdasarkan UU BPJS. Fungsi, tugas, wewenang, hak dan kewajibannya juga diatur dalam UU BPJS. UU BPJS menentukan bahwa BPJS bertanggung jawab kepada Presiden. Hal ini berbeda dengan Direksi PT (Persero) yang bertanggung jawab kepada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).
TRANSFORMASI ORGAN DAN PRINSIP PENGELOLAAN

Organ BPJS menurut UU BPJS sangat berbeda jika dibandingkan dengan PT (Persero) yang tunduk kepada UU No. 19 Tahun 2003 tentang BUMN dan peraturan pelaksanaannya, serta tunduk juga pada UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Organ BPJS ditentukan dalam UU BPJS. Terdiri atas Dewan Pengawas dan Direksi yang diangkat dan diberhentikan oleh Presiden. Jumlah anggota Dewan Pengawas dan anggota Direksi, serta mekanisme seleksinya ditentukan dalam UU BPJS. Sedangkan organ PT (Persero) terdiri atas Direksi, Komisaris dan Dewan Pengawas yang di angkat dan diberhentikan oleh RUPS yang mekanisme seleksinya ditentukan dalam Peraturan Pemerintah.

Tugas dan wewenang Dewan Pengawas dan Direksi BPJS diatur dalam UU BPJS, sedangkan tugas dan wewenang Direksi, Komisaris dan Dewan Pengawas diatur dalam Peraturan Pemerintah.

Prinsip pengelolaan BPJS dilaksanakan berdasarkan 9 prinsip penyelenggaraan jaminan sosial, yaitu kegotongroyongan, nir laba, keterbukaan, kehati-hatian, akuntabilitas, portabilitas, kepesertaan bersifat wajib, dana amanat dan hasil pengelolaan Dana Jaminan Sosial dipergunakan seluruhnya untuk pengembangan program dan untuk sebesar-besar kepentingan peserta. Sedangkan pengelolaan PT (persero) mengikuti prinsip-prinsip yang berlaku bagi Perseroan Terbatas yang pada intinya memaksimalkan kembalian (return) bagi pemegang saham.

PT Askes (Persero) dan PT (Persero) Jamsostek dari sekarang harus mempersiapkan diri untuk melakukan perubahan struktural, mekanisme kerja dan perubahan kultur organisasi masing-masing, secara terarah dan terencana, agar target waktu yang ditentukan dalam UU BPJS dapat dipenuhi.

Dengan beroperasinya BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan diharapkan cakupan semesta kepesertaan jaminan sosial dan pemberian manfaat yang lebih baik kepada peserta dan anggota keluarganya dapat diwujudkan dalam rangka memenuhi hak konstitusional penduduk atas jaminan sosial.




Grobogan - Stasiun Ngrombo akan naik status, dari stasiun kelas II menjadi stasiun besar. Untuk itu, Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan telah menggelontorkan dana Rp. 24 miliar untuk membangun sarana pendukung stasiun.

Kepala Satker Pengembangan Perkeretaapian Jateng, Hendy Siswanto mengatakan, saat ini Stasiun Ngrombo memiliki kantor baru dengan dua lantai yang posisinya di sebelah barat kantor lama. Lantai dua digunakan sebagai ruang tunggu yang dilengkapi dengan layar informasi jadwal kedatangan kereta.

Selain itu, stasiun yang terletak tepat di pinggir Jalan Solo-Purwodadi ini juga dilengkapi dengan area parkir yang cukup luas. Pembangunan memakan waktu 18 bulan dan akan selesai Desember ini. Setelah itu akan masuk tahap pemeliharaan selama delapan bulan oleh kontraktor.

“Dipilihnya Ngrombo sebagai stasiun besar karena letaknya yang strategis dan mudah diakses oleh masyarakat. Kedepannya stasiun ini juga akan dilengkapi dengan ruang workshop,” kata Hendy. Terpisah Kepala Stasiun Ngrombo, Suparmin mengatakan setelah naik derajat menjadi stasiun besar maka semua kereta api ekonomi, bisnis dan eksekutif dari Surabaya-Jakarta dan sebaliknya akan menaik turunkan penumpang di Stasiun Ngrombo. Sementara untuk saat ini, hanya ada empat kereta yang menaik turunkan penumpang di Ngrombo. Yakni, KA Harina tujuan Surabaya-Bandung, Blora Jaya 1 tujuan Semarang Poncol- Bojonegoro, Blora Jaya 2 tujuan Semarang Poncol-Cepu dan Cepu Ekspress tujuan Semarang Poncol - Cepu.




Project Manager
PT. Shinnetsko Prima
Jl. Muara Baru, Jakarta Utara
Jakarta, Indonesia

Responsibilities :
  • Mengatur perkembangan proyek dari tahap inisiasi, perencanaan, eksekusi, pengendalian, penyelesaian dan evaluasi.
  • Menyiasati pengontrolan proyek dari awal hingga selesai sesuai dengan budget, spesifikasi dan waktu.
  • Melacak, menyusun dan menyediakan laporan project milestones dan status proyek.
  • Melakukan manajemen resiko : proses dari identifikasi resiko, penilaian resiko, pencegahan, pemantauan dan evaluasi.

Requirements :
  • Usia maksimal 35 tahun.
  • Pendidikan minimal S1.
  • Pengalaman dibidang Manajemen Proyek minimal 1 tahun.
  • Memahami sistem kerja dan metode kerja bidang konstruksi.
  • Memahami prosedur pelaksanaan proyek.
  • Mampu menunjukkan kepemimpinan dan membina kerja sama dalam team.
  • Memiliki kemampuan manajemen, analisis, komunikasi dan diplomasi.

Company Overview :
PT. Shinnetsko Prima adalah Perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi baja, yang saat ini kami membutuhkan dengan segera kandidat - kandidat profesional untuk bergabung dan berkembang bersama team kami.

Closing Date :
17 Januari 2014.


Kirimkan segera CV + foto ke alamat email :
shinnetsko.recruit@gmail.com




Kabupaten Semarang - Proyek-proyek yang telah direalisasikan melalui Program Pemberdayaan Masyarakat mandiri (PNPM) di Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang senilai Rp 1,15 miliar untuk tahun 2013, diresmikan.

Proyek-proyek tersebut tersebar di berbagai desa dengan bentuk penyediaan sarana masyarakat. Peresmian proyek-proyek PNPM di wilayah Susukan tersebut dilakukan oleh Bupati Semarang Mundjirin yang dipusatkan di Desa Ngasinan, Susukan, Kamis(19/12). Di desa itu dibangun poliklinik desa melalui PNPM.

Hadir dalam peresmian di antaranya Kepala Bapermasdes Kabupaten Semarang Yosep T, Wakil Ketua DPRD Sulistiyowati dan Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Semarang Ahsin Mahruf.

Badan Kerja Sama Antar- Desa (BKAD) Susukan, Nur Khirudin didampingi ketua Unit Pengelola Kegatan (UPK) PNPM Susukan, Ahmad Amin mengatakan, selama tahun 2013 ini PNPM Susukan mendapatkan alokasi dana dari pusat sebesar Rp 1,15 miliar. Dana sebesar itu telah diwujudkan dengan proyek di 13 titik yang tersebar di berbagai desa.

”Sebenarnya alokasi anggaran ini masih kurang untuk menunjang kebutuhan sarana masyarakat di Susukan. Tetapi memang jatahnya sejumlah itu maka kami alokasikan sesuai prioritas, ” katanya. Menurutnya, tidak semua desa yang ada di susukan ini mendapatkan proyek dari PNPM. Proyek-proyek yang dibangun merupakan proyek sarana kebutuhan yang mendesak.

”Mekanisme pembangunan di PNPM ini merupakan usulan dari setiap desa. Tidak semua usulan kami terima karena anggaran terbatas. Setidaknya ada 26 usulan dan baru 13 yang bisa direalisasikan,” tuturnya. Sejumlah proyek yang direalisasikan di antaranya talud jalan, rabat beton, sarana air bersih, gedung poliklinik desa, dan rehab jembatan.

Ketua komisi B DPRD Kabupaten Semarang, Ahsin Makruf mengatakan, pihaknya menyanyangkan proyek-proyek yang seharusnya bisa didanai Pemkab, seperti Poliklinik Desa tetapi dikerjakan pula PNPM. Seharusnya PNPM mengerjakan sarana lain yang mendesak yang tidak terjangkau dinas terkait. ”PNPM tidak salah tapi kurang efektif. Seharusnya saat musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang), perwakilan PNPM dilibatkan,” kata politisi PAN ini. Bupati Semarang Mundjirin menekankan masyarakat untuk menggali potensi di daerahnya masing-masing. Misalnya, desa tertentu memiliki keunggulan kerajinan atau makanan olahan harus dimaksimalkan untuk menambah pendapatan warga.



Pada kesempatan yang lalu telah dibahas tentang Pengertian Bekisting dan Jenisnya. Pada kesempatan kali ini pembahasan akan kita lanjutkan tentang tahap pemasangan bekisting.

Pada pekerjaan bekisting, khususnya bekisting plat dan balok biasanya dilakukan pekerjaan perancah. Pekerjaan perancah dilakukan untuk mendukung perencanaan pembuatan bekisting balok dan pelat. Pertama-tama yang harus dilakukan sebelum mendirikan scaffolding adalah memasang jack base pada kaki untuk memudahkan pengaturan ketinggian, setelah itu baru dapat disusun dan disambung antara yang satu dengan lainnya menggunakan joint pin, dan bagian atasnya dipasang U-head untuk menjepit balok kayu yang melintang.

http://www.mediaproyek.com/
Gambar pendirian scaffolding
Pekerjaan bekisting dilakukan setelah pekerjaan pembesian. Hal tersebut berlaku pada pekerjaan pembuatan kolom. Sedangkan pada pembuatan balok dan pelat, bekisting terlebih dahulu dikerjakan. Bekisting memiliki fungsi dalam bangunan untuk membuat bentuk dan dimensi pada suatu konstruksi beton, dan mampu memikul beban sendiri yang baru dicor sampai konstruksi tersebut dapat dipikul seluruh beban yang ada.

Pelaksanaan pekerjaan bekisting pada pembuatan balok baru dapat dilakukan setelah pekerjaan perancah selesai. Bekisting yang dibuat adalah bekisting balok, pelat, dan kolom. Petama-tama yang harus dipersiapkan sebelum pembuatan bekisting adalah plywood 12 mm, dan balok kayu 8/12 dan 5/7 yang telah dipotong-potong sesuai kebutuhan. Kemudian balok kayu dan plywoood tersebut dihubungkan dengan paku, sehingga membentuk dimensi balok yang direncanakan. Balok kayu 8/12 digunakan untuk dudukan bekisting balok pada bagian atas scaffolding. Rangka dan penopang bekisting menggunakan kayu 5/7 yang dipaku, kemudian plywood yang sudah dipotong dipaku ke rangka tersebut.

http://www.mediaproyek.com/
Gambar pekerjaan bekisting balok

http://www.mediaproyek.com/
Gambar pemasangan bekisting pada balok
Pembuatan bekisting pelat dimulai dengan persiapan. Bahan yang harus dipersiapkan adalah plywood 9 mm dan balok ukuran 5/7, 4/6 atau sejenisnya. Pertama-tama yang harus dilakukan untuk memulai pembuatan bekisting pelat adalah memasang multispan yang berpegangan pada bekisting balok. Kemudian plywood yang telah dipotong-potong diletakkan di atas balok dan disusun dengan rapi dan rapat agar tidak bocor.

http://www.mediaproyek.com/
Gambar tampak bawah bekisting pelat


http://www.mediaproyek.com/
Gambar tampak atas bekisting pelat
Bekisting pada kolom menggunakan plywood 12 mm, baja sebagai penguaat, dan rangka besi siku yang dirancang untuk plywood. Rangka besi siku yang telah dipasang plywood didirikan, lalu antara rangka yang satu dengan yang lainnya dihubungkan menggunakan baut. Bekisting tersebut diberikan sokongan samping menggunakan baja ukuran 5/7.

http://www.mediaproyek.com/
Gambar bekisting kolom

http://www.mediaproyek.com/
Gambar pemasangan bekisting kolom

http://www.mediaproyek.com/
Gambar pemasangan core lift
Demikian sedikit ulasan tentang Tahap Pemasangan Bekisting. Terima kasih.