Poker Asli Indonesia

http://www.mediaproyek.com/

Jakarta - PT Astra Internasional Tbk (ASII) akan mulai menggarap proyek-proyek infrastruktur, terutama dalam pengembangan infrastruktur jalan tol pada 2014.

Wakil Direktur ASII, Paulus Bambang menjelaskan, alasan pihaknya mengembangkan bisnis jalan tol tersebut dikarenakan banyaknya peluang bisnis yang dapat diberikan pada segmentasi jalan tol.

"Proyek yang kita garap sekarang baru satu, yaitu ruas Mojokerto-Kertosono dan kami telah anggarkan dana Rp. 2,8 triliun," ujar Paulus di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (29/11/2013).

Menurutnya, aksi korporasi Astra lainnya yaitu pengambilalihan dan pengembangan pelabuhan di Provinsi Kalimantan Timur yang memakan dana Rp. 600 miliar.

"Sedangkan pendanaan otomotif untuk tahun depan sendiri mencapai Rp50 triliun. Sebesar 30 sampai 40 persen dari obligasi dan sisanya brasal dari bilateral dan sindikasi," pungkas Paulus.



http://www.mediaproyek.com/

Slogan lampu hemat energi sangat menarik bagi kita untuk membeli dan memasangnya di rumah kita. Dengan memasang lampu hemat energi, kita mengharapkan tagihan listrik di rumah kita akan berkurang sehingga menghemat pengeluaran bulanan kita.

Untuk menghindari kita terkecoh dan salah dalam pemilihan lampu hemat energi, pada kesempatan kali ini akan kami postingkan tips memilih lampu hemat energi. Biasanya beberapa pertimbangan kita dalam memilih lampu adalah :
  1. Harga.
  2. Merk.
  3. Watt sebagai pilihan untuk tingkat penerangannya.
  4. Cool white / daylight / warm white untuk type Color Temperaturenya.

Dibawah ini akan kami sajikan beberapa tips memilih lampu hemat energi secara detail, yaitu antara lain :
  1. Umur pakai biasanya disebut jam nyala (hours). Jangan melihat umur secara tahun yang biasanya dicantumkan di packagingnya karena itu hanya promosi dan tiap merk menggunakan asumsi yang berbeda untuk pemakaian perharinya (produsen selalu mencantumkan tanda "*" untuk asumsi pemakaian jam perhari). Ada yang cantumkan 3 tahun dengan 5 jam perhari ( umur pakai 6000 hours) atau 4 tahun dengan 5.5 jam per hari (umur pakai 8000 hours), terakhir ada yang 10 tahun dengan 4 jam perhari (umur pakai 15000 hours).
  2. Color Rendering Index (CRI) adalah kemampuan sumber cahaya dalam memberikan akurasi perbedaan warna pada benda. Semakin tinggi berarti semakin bagus persepsi penglihatan kita terhadap warna benda. Tetapi tidak semua produsen lampu mencantumkan CRI. CRI memiliki range dari 0-100, biasanya Lampu Hemat Energi standard hanya memiliki CRI sekitar 80. Ada TL yang sampai CRI 95-97 dan biasanya untuk professional room misalnya laboratorium atau boutique textile.
  3. Lumen (lm) atau Candela (Candle Power) atau Lux adalah light output / tingkat kekuatan cahaya yang dihasilkan. Semakin tinggi semakin terang. Tapi untuk lampu Lampu Hemat Energi kita biasa pakai lumens. Banyak juga produsen yang tidak mencantumkan tingkat kekuatan cahayanya, dan hanya watt-nya saja. Karena tidak semua produsen mencantumkan tingkat kekuatan cahanya, maka kita cuma berpedoman pada watt-nya, padahal banyak merk lampu yang boros listrik karena watt-nya besar tapi cahayanya lemah. Jadi pastikan lampu yang anda beli memang terang sesuai kebutuhan dengan watt yang rendah. Bila tidak tercantum tingkat cahayanya, selalu coba bandingkan nyalanya dulu, bukan cuma berdasarkan watt-nya.
  4. lm/watt menunjukan efisiensi lampu tersebut. Semakin tinggi lm/watt nya berarti lampu tersebut bisa memproduksi cahaya lebih terang dengan listrik yang sama. Salah satu produsen terkenal memproduksi TL panjang (TL5HE) yang hemat energi dengan 104 lm/watt jadi lebih terang dan hemat listrik. Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa memilih lampu berdasarkan tingkat terang yang kita butuhkan dan bukan watt konsumsi listriknya. Jangan kaget bila kita beli merk abal-abal dengan watt yang sama tapi sinarnya lebih redup.
  5. Voltage range adalah kemapuan lampu dalam perubahan voltage. Karena bila voltage di rumah kita tidak stabil, Lampu Hemat Energi ini yang menggunakan electronik ballast juga mudah rusak. Pilih Lampu Hemat Energi yang memiliki voltage range yang lebar. Misal 170V-250V.
  6. Colour Temperature (satuan Kelvin) adalah tingkat panas atau dinginnya sinar yang dihasilkan. Walaupun agak membingungkan karena semakin tinggi malah semakin putih. Bila rendah berwarna merah dan semakin tinggi semakin putih kemudian biru. Tetapi biasanya hanya dituliskan klasifikasinya saja yaitu warm white atau cool white atau daylight. Secara detail Warm white memiliki color temperature <3000K (sinarnya kuning), cool white sekitar 4000K, daylight >5000K (sinarnya putih). Biasanya juga ada yang disingkat misal D65 berarti daylight 6500K.

Demikian sedikit ulasan tentang tips memilih lampu hemat energi. Semoga kita tidak salah pilih dalam menentukan lampu hemat energi untuk rumah kita. Terima kasih.



Supervisor Maintenance
PT. Triangle Motorindo (Semarang)
Kawasan Industri Bukit Semarang Baru (BSB)
Blok A5 No. 9 Semarang
Email : lowongan@viarsemarang.com

Responsibilities :
  • Mengoperasikan jaringan instalasi.
  • Kelistrikan terutama mengerti arus kuat dan arus lemah.
  • Mengoperasikan komputer dengan baik.

Requirements :
  • Pria.
  • Pendidikan minimal D3-S1, Teknik Elektro - Listrik.
  • Berpengalaman dibidangnya minimal 2 tahun.
  • Mempunyai leadership yang baik.
  • Dapat berkomunikasi dengan baik, jujur dan disiplin.
  • Bersedia ditempatkan di Semarang.

Company Overview :
Berdiri sejak tahun 2000, PT. Triangle Motorindo sebagai Agen Tunggal Pemegang Merk VIAR didirikan dengan tekad untuk menjadi salah satu produsen sepeda motor terbesar di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan komitmen PT. Triangle Motorindo yang selalu memproduksi sepeda motor VIAR dengan mutu tinggi dan harga yang terjangkau kepada masyarakat Indonesia agar VIAR menjadi leading brand otomotif di Indonesia.

Kini, dengan pabrik yang luas di Semarang, PT. Triangle Motorindo terus mengadakan ekspansi pabrik hingga seluas 20 hektar. Saat ini PT. Triangle Motorindo telah mampu memproduksi sepeda motor secara CKD (Completely Knock Down) dan memiliki kapasitas produksi hingga 1.000 unit per hari sehingga menjadikannya sebagai salah satu pabrik otomotif terbesar di Indonesia. Dukungan berbagai vendor part otomotif terbaik di Indonesia dan luar negeri serta ketatnya Quality Control memastikan setiap produk sepeda motor VIAR merupakan produk yang bermutu tinggi.

Lebih dari 700 dealer sepeda motor di seluruh Indonesia telah bergabung menjadi jaringan penjualan sepeda motor VIAR. Dari segi pembiayaan, VIAR juga didukung oleh perusahaan-perusahaan leasing terbesar seperti ADIRA Dinamika Multi Finance dan Bhakti Finance. Hal ini telah mengukuhkan eksistensi PT. Triangle Motorindo dan sepeda motor VIAR di dalam dunia otomotif Indonesia.

Closing Date :
28 Desember 2013.



http://www.mediaproyek.com/

Setelah pada pembahasan sebeumnya dibahas tentang Penggolongan Kelas-Kelas Kebakaran, pada kesempatan kali ini akan kita lanjutkan pembahasan tentang Upaya Penanggulangan Kebakaran Ditempat Kerja.

Menurut Kepmenaker No. KEP. 186/ MEN/ 1999 tentang Unit Penanggulangan Kebakaran di Tempat Kerja, bahwa yang dimaksud dengan penanggulangan kebakaran adalah segala upaya untuk mencegah timbulnya kebakaran dengan berbagai upaya pengendalian setiap perwujudan energi, pengadaan sarana proteksi kebakaran dan sarana penyelamatan serta pembentukan organisasi tanggap darurat untuk memberantas kebakaran.

Berdasarkan Kepmenaker R.I No. Kep. 186/ MEN/ 1999, Pengurus atau pengusaha wajib mencegah, mengurangi dan memadamkan kebakaran, latihan penanggulangan kebakaran di tempat kerja.

Upaya-upaya tersebut meliputi:
  • Pengendalian setiap bentuk energi.
  • Penyediaan sarana deteksi, alarm, pemadam kebakaran dan sarana evakuasi.
  • Pengendalian penyebaran asap, panas dan gas.
  • Pembentukan unit penanggulangan kebakaran di tempat kerja.
  • Penyelenggaraan latihan dan gladi penanggulangan kebakaran secara berkala.
  • Memiliki buku rencana penanggulangan keadaan darurat kebakaran dan sarana evakuasi serta pengendalian penyebaran asap, panas dan gas.

Demikian sedikit ulasan tentang penanggulangan kebakaran di tempat kerja. Terima kasih.



Drafter 2D
PT. Panel Asri Perkasa (Metric Kitchen)
Jl. Arteri Pondok Indah No. 10A Jakarta

Requirements :
  • Pendidikan S1 / D3 Architect / Interior.
  • Pengalaman minimal 1 tahun.
  • Menguasai Autocad 2D.

Company Overview :
A chance of working for a leading furniture manufacturer in Indonesia, spesializing in kitchen, pantry, wardrobe, cabinets, etc with 12 branches throughout Indonesia and expanding.

Closing Date :
27 Desember 2013.


Send CV & application letter to:
PT. Panel Asri Perkasa (Metric Kitchen)
Jl. Arteri Pondok Indah No. 10A
Jakarta Selatan 12240




http://www.mediaproyek.com/

Wonogiri - Pemerintah pusat mengalokasikan anggaran senilai Rp. 42 Miliar untuk membangun jalur tembus antarprovinsi. Proyek peningkatan jalan itu dimulai dari simpang empat Giribelah, Kecamatan Giritontro, Jawa Tengah menuju Mukus, Kecamatan Donorojo, Provinsi Jawa Timur.

Penegasan itu disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Wonogiri, Selasa (26/11)/2013 di kantornya. Didampingi Kabid Bina Marga DPU Wonogiri, Prihadi Ariyanto, Sri Kuncoro, menjelaskan awalnya peningkatan jalan di daerah perbatasan akan dilakukan akhir 2013.

“Waktu yang mepet menjadi pertimbangan sehingga pengerjaan proyek peningkatan jalan akan dilakukan tahun anggaran 2014.”

Dijelaskannya, rencananya akan dikerjakan Februari 2014. “Jalur tersebut sering dilewati Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ketika pulang ke Pacitan sehingga ada pemikiran untuk ditingkatkan dari jalan kabupaten menjadi jalan provinsi.”

Menurutnya, pengerjaan proyek tersebut ditangani oleh satuan kerja (satker) pusat. “Pemkab hanya menerima manfaat dan menyiapkan dana sharing. Panjang jalan sejauh 7,5 kilometer dengan lebar jalan 15 meter. Sekarang ini, lebar jalan rata-rata 6 meter hingga 11 meter. Sementara di Pacitan, lebar jalan sudah 24 meter sehingga disesuaikan menjadi jalan standar nasional.”

Kabag Kerja Sama Pemkab Wonogiri, Edi Martomo, menjelaskan, realisasi peningkatan jalan antarprovinsi di Giritontro merupakan wujud kerja sama Pacitan (Jawa Timur), Wonogiri (Jawa Tengah) dan Wonosari (DIY). “Memang persoalan infrastruktur jalan menjadi permasalahan di daerah perbatasan. Ternyata pada 2014, salah satu infrastruktur jalan di daerah perbatasan sudah ditangani.”

Asisten bidang pemerintahan Pemkab Wonogiri, Edi Sutopo mengakui, proyek peningkatan jalan tembus Wonogiri-Pacitan dimulai 2014. Edi menegaskan, kegiatan mendesak adalah sosiliasasi terhadap warga terkait pembebasan tanah.

Terpisah, Sekretaris Dinas Perhubungan, Informasi dan Komunikasi (Dishubinfokom) Wonogiri, Mulyadi mengatakan, segera melakukan survei. Edi Sutopo dan Mulyadi mengatakan, peningkatan jalan alternatif antarprovinsi akan meramaikan ekonomi di dua daerah.

Project Supervisor (Code : SPV)
PT. Jaya Teknik Indonesia
Jl. Johar No. 10, Menteng, Jakarta

Responsibilities :
  • Provide project plan.
  • Control implementation of project.
  • Make good relation with subcontractor.
  • Coordination manpower, material, and equipment at project.

Requirements :
  • Minimum Diploma / Bachelor Degree in Electrical / Mechanical Engineering with minimum GPA 3,00.
  • Minimum 3 years of projects experience in elecrical (SPV-ME); Air Conditioning & Refrigeration System (SPV-ACR); Fire Alarm & Security System (SPV-FSC).
  • Good knowledge in ISO 9001:2000, HSE and Project Management.
  • Highly self motivated, honest, discipline, and positive personality.

Company Overview :
  • One of Indonesia's most experienced and reputable Mechanical & Electrical Contractor with main business : Contractor, Trading, Service & Maintenance. Our Division are :
  • MECHANICAL & ELECTRICAL : Mechanical & Electrical Contractor.
  • FIRE SAFETY AND CONTROL : Fire Protection, Equipment & Alarm System.
  • AIR CONDITION & REFRIGERATION : Air Condition & Refrigeration System.
  • INFORMATION & COMMUNICATION TECHNOLOGY : Multimedia PABX, IP Telephone and Call Technology Center.
  • DATA CENTER NETWORK POWER : Power Conditioner, UPS & Site Scan, Precision Air Conditioner.
  • For Detail, visit our website at www.jayateknik.com

Closing Date :
26 Desember 2013.



http://www.mediaproyek.com/

Setelah pada pembahasan yang lalu kita bahas Mengenal Lebih Dekat Pipa PVC dan Mengenal Macam-Macam Accessories Pipa PVC, maka pada kesempatan kali ini penulis akan memaparkan Tips Memilih Pipa PVC yang Benar.

Bagaimana Anda tahu apa Pipa PVC yang tepat untuk aplikasi pemipaan di Rumah Anda? Dengan begitu banyaknya pilihan yang berbeda di luar sana, sangat mudah Anda tertarik pada pilihan yang salah atau mengikuti beberapa nasihat yang buruk sehingga Anda akan menanggung biaya yang besar dalam jangka panjang.

Kebanyakan orang tertarik karena harga yang lebih murah. Yang jarang disadari oleh konsumen, bahwa Pipa PVC dibuat dengan tiga kelas yang berbeda, untuk penggunaannya pun juga berbeda.

Berikut ini akan kami deskripsikan secara singkat tentang perbedaan kelas dan kualitas pipa PVC, sehingga Anda dapat memilih dengan tepat sesuai denga kebutuhan Anda, yaitu sebagai berikut :
  1. Pipa kelas AW yaitu pipa yang dirancang mampu menahan tekanan air dari dalam sampai 10 bar dan memiliki ukuran 1/2" sampai 12". Biasanya dipakai untuk instalasi pipa air bersih, instalasi air kotor dan air bekas.
  2. Pipa kelas D yaitu pipa yang dirancang mampu menahan tekanan air dari dalam sampai 5 bar dan memiliki ukuran 1,25" sampai 12". Biasanya dipakai untuk pipa ventilasi.
  3. Pipa kelas C/OD yaitu pipa yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan perlunya pelindung atau selubung untuk kabel listrik dan telekomunikasi atau untuk penyaluran air tanpa tekanan dan memiliki ukuran 5/8" sampai 4".

Demikian tips singkat ini semoga menolong Anda agar dapat memilih Pipa PVC dengan lebih bijak sesuai dengan peruntukan pipa tersebut. Jangan biarkan anda tertipu dengan iming-iming harga murah akan tetapi pipa tersebut tidak sesuai dengan peruntukannya. Terima kasih.

http://www.mediaproyek.com/

Bandar Lampung - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum tengah mempersiapkan realisasi jalan tol sepanjang sekitar 2.750 km memanjang dari Provinsi Lampung hingga ke Nanggroe Aceh Darussalam dimulai tahun 2014.

Menurut Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Sumatera Selatan Bastian S Sihombing di Bandarlampung, jalan lintas yang baru dan relatif tertutup serupa jalan tol di Sumatera ini dirancang dari Lampung hingga ke Aceh dan masuk dalam skema pembangunan Trans Sumatera Highway ke jalur Asian Highway.

Jalan itu, menurut dia, sedang dalam proses kajian atau perencanaan oleh pemerintah pusat melalui Ditjen Bina Marga Kementerian PU.

Saat ini, menurut Bastian lagi, jalur transportasi darat di Sumatera mengandalkan ruas Jalan Lintas Sumatera khususnya Jalan Lintas Timur dari Lampung ke Provinsi Sumatera Selatan dan daerah lain di Sumatera sebagai penghubung antarprovinsi di Pulau Sumatera ke Pulau Jawa dengan multimoda melewati Pelabuhan Bakauheni-Merak.

"Jalur jalan itu merupakan transportasi darat yang vital dan utama sebagai sarana pengangkutan logistik berupa sembako, bahan industri dan lainnya maupun angkutan transportasi orang dari Sumatera ke Jawa dan sebaliknya," ujar dia.

Namun jalur jalan lintas utama yang sangat penting itu menjadi tempat semua kendaraan dapat melewatinya tanpa dapat dilakukan pembatasan yang diperlukan.

Setiap hari setidaknya 20.000 unit kendaraan melewati jalan jalan negara lintas Sumatera ini, sehingga menjadi sangat padat, rawan kemacetan bila terjadi masalah pada ruas jalannya, dan sering terjadi kerusakan walaupun perbaikan dan perawatannya secara rutin terus dilakukan, katanya.

"Semua kendaraan termasuk lalu-lintas kendaraan lokal bercampur di Jalan Lintas Timur Sumatera itu," ujar dia.

Akibatnya, kata Bastian lagi, pada titik tertentu terjadi kemacetan arus lalu-lintas dan dapat menghambat kelancaran arus kendaraan yang melaluinya.

Kondisi tersebut, katanya, mengakibatkan waktu tempuh kendaraan angkutan logistik dari Aceh menuju Jakarta sebelumnya mencapai sekitar tiga hari dua malam, saat ini bisa lebih lama lagi.

Dampaknya, biaya angkutan per satuan volume makin tinggi dan mendorong terjadi peningkatan harga bahan pokok dan logistik serta bahan industri maupun pertanian yang diangkut makin mahal dan tidak kompetitif, ujarnya pula.

Karena itu, Pemerintah berupaya mencarikan solusinya, antara lain dengan merencanakan membuat jalur jalan baru yang relatif tertutup serupa jalan tol.

"Secara parsial pembangunan jalan tol itu sudah dimulai, walaupun secara total pembangunan jalan alternatif dari Aceh ke Lampung itu sedang dalam pengkajian oleh pemerintah pusat," katanya lagi.

Beberapa ruas jalan tol yang menjadi bagian pembangunan Trans Sumatera Highway itu mulai dibangun, yaitu di Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan Lampung.

Diharapkan pembangunan Trans Sumatera Highway itu tidak hanya mengandalkan dana APBN maupun APBD, melainkan bekerjasama dengan investor swasta.

Menurut Bastian, untuk membangun jalan baru dari Lampung ke Aceh sekitar 2.750 km itu, setidaknya diperlukan dukungan pembiayaan yang mencapai Rp200 triliun dan perlu dibangun dalam beberapa tahapan ke depan.

Diharapkan jajaran Pemerintah Daerah maupun warga yang dilalui ruas jalan Lampung ke Aceh itu dapat mendukung pembangunannya, sehingga dapat terwujud dengan baik, ujar Bastian Sihombing.



http://www.mediaproyek.com/

Majalengka - Pemancangan tiang perdana (groundbreaking) pembangunan Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, ditargetkan akhir 2013. Pada tahap awal, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menganggarkan Rp 130 miliar dari total biaya pembangunan sebesar Rp 1,5 triliun.

“Bandara Kertajati sebentar lagi digroundbreaking secara resmi. Kalau pengerjaan proyek sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun lalu, ini pekerjaan dari sisi runway-nya,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Herry Bakti Singayuda Gumay baru-baru ini.

Dikonfirmasi terpisah, Direktur Kebandarudaraan Kemenhub Bambang Tjahjono menjelaskan, Bandara Kertajati dibangun untuk menggantikan Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Proyek bandara tersebut ditargetkan selesai pada 2016, yakni sisi udara rampung 2015 dan sisi darat pada 2016.

Bambang mengakui, kebutuhaan anggaran untuk Bandara Kertajati sebesar Rp 1,5 triliun jauh di bawah biaya pembangunan Bandara Kuala Namu, Deli Serdang yang mencapai Rp 5,8 triliun. Selanjutnya, dari dana investasi sekitar Rp 1,5 triliun tersebut, kata Bambang, sebesar Rp 400 miliar di antaranya dialokasikan untuk pembangunan landasan dan untuk terminal serta bangunan pendukungnya sebesar Rp 600 miliar.

AERO CONCEPT
Bappeda Jabar menyatakan, Raperda pembangunan Bandara Internasional Kertajati di Majalengka akan dititikberatkan pada pembangunan dan tata ruang "aero city" sehingga di sekeliling bandara akan ada kota yang mendukung semua sarana dan prasarananya.


"Nantinya ’aero city’ akan dibagi menjadi beberapa zonasi. Di antaranya zona pemukiman, zona ekonomi, bahkan perindustrian ada di sana. Jadi bisa saja di sana nanti ada pabrik tekstil, atau pabrik apapun yang menunjang operasional bandara," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jabar, Deny Djuanda, di Bandung.

Ia menjelaskan, dengan adanya perda yang mangatur zonasi, tentunya akan lebih memudahkan investor dalam menginvestasikan saham mereka dalam pembangunan bandara ini. "Untuk itu, para investor tidak perlu khawatir lagi atas ketidakamanan investasi dalam proyek pembangunan ini," ujar Deny.

Menurutnya, proyek pembangunan bandara dan "aero city" ini rencananya akan dibangun di atas lahan seluas lima ribu hektare, dengan rincian 3.200 hektar untuk "aero city" sementara 1.800 hektar untuk bandara.

Dikatakannya, untuk pembangunan bandara tahap awal, pemprov akan menyediakan lahan 630 hektar, yang terbagi atas 530 hektar untuk lapangan terbang, dan sisanya untuk tempat parkir kendaraan.

"Kalau untuk pembebasan lahan bandara, memang dilakukan oleh pemerintah. Namun untuk pembebasan kawasan ’aero city’ dilakukan oleh swasta," ujar Deny.

Akan tetapi, kata Deny, disamping pembangunan fisik dan infrastruktur, yang juga harus dipersiapkan adalah masyarakat sekitar. Oleh karenanya, perlu ada penambahan sekolah yang berkaitan dengan keterampilan penerbangan. Selain itu, harus seimbang juga antara pusat kota di kawasan bandara dengan daerah sekitar.

"Jangan sampai di kawasan sekitar bandara begitu hiruk pikuk dengan kegiatan, namun kawasan sekitarnya, masih dikelilingi dengan pesawahan," katanya.





PT. Smart Tbk (Upstream)
Plaza Sinarmas Land Tw. 2, Lt. 10
Jl. MH Thamrin No. 51 Jakarta Pusat

Requirements :
  • Lulusan dari Teknik Mesin atau Teknik Elektro Arus Kuat dengan IPK 3,00.
  • Memiliki Good Interpersonal dan Good Communication.
  • Menyiapkan report implementasi SAP Plant Maintenance.
  • Track & Monitor Data Maintenance.
  • Bersedia melakukan perjalanan dinas ke perkebunan sawit.

Company Overview :
PT. SMART Tbk is one of largest, publicly-listed, integrated palm-based consumer companies in Indonesia which is committed sustainable palm oil production.

Founded in 1962, SMART's palm plantations have a total coverage area of approximately 139,000 hectares (including small holders). SMART also operates 15 mills, four kernel crushing plants and four refineries. SMART listed its shares on the Indonesia Stock Exchange in 1992.

SMART primary activities are cultivating and harvesting of palm-trees, processing of fresh fruit palm bunches into crude palm oil (CPO) and palm kernel, and refining CPO into value-added products such as cooking oil, margarine and shortening.

Besides bulk and industrial oil, SMART's refined products are also marketed under several brands such as Filma and Kunci Mas. Today, these brands have been recognised for their high quality and command significant market in their respective segment in Indonesia.

SMART is a subsidiary of Golden Agri-Resources Ltd (GAR), which is one of the largest palm-based companies in the world which is listed on the Singapore Exchange. SMART also manages all of GAR's oil palm plantations, which has a total planted area of 464,600 hectares (including small holders) in Indonesia, as at 30 June 2013.

This relationship benefits SMART with its economies of scale in plantation management, information technology, research and development, sourcing of raw material, and access to a wide domestic and international marketing network.

Closing Date :
15 Desember 2013


http://www.mediaproyek.com/

Bagi kita yang mempunyai pengalaman di proyek-proyek bangunan tinggi dan tahan gempa, pastinya kita sering mendengar kata shear wall / dinding geser. Apa itu shear wall? Pada kesempatan kali ini anda akan kami ajak untuk mengenal lebih dekat tentang shear wall.

Shear Wall adalah jenis struktur dinding yang berbentuk beton bertulang yang biasanya dirancang
untuk menahan geser, gaya lateral akibat gempa bumi. Dengan adanya Shear Wall / dinding geser yang kaku pada bangunan, sebagian besar beban gempa akan terserap oleh dinding geser tersebut.

Berdasarkan letak dan fungsinya, shear wall / dinding geser dapat diklasifikasikan dalam 3 jenis yaitu :
  1. Bearing walls adalah dinding geser yang juga mendukung sebagian besar beban gravitasi. Tembok-tembok ini juga menggunakan dinding partisi antar apartemen yang berdekatan.
  2. Frame walls adalah dinding geser yang menahan beban lateral, dimana beban gravitasi berasal dari frame beton bertulang. Tembok-tembok ini dibangun diantara baris kolom.
  3. Core walls adalah dinding geser yang terletak di dalam wilayah inti pusat dalam gedung, yang biasanya diisi tangga atau poros lift. Dinding yang terletak di kawasan inti pusat memiliki fungsi ganda dan dianggap menjadi pilihan ekonomis.

Fungsi shear wall / dinding geser ada 2, yaitu kekuatan dan kekakuan, artinya :
1. Kekuatan
  • Dinding geser harus memberikan kekuatan lateral yang diperlukan untuk melawan kekuatan gempa horizontal.
  • Ketika dinding geser cukup kuat, mereka akan mentransfer gaya horizontal ini ke elemen berikutnya dalam jalur beban di bawah mereka, seperti dinding geser lainnya, lantai, pondasi dinding, lembaran atau footings.

2. Kekakuan
  • Dinding geser juga memberikan kekakuan lateral untuk mencegah
  • atap atau lantai di atas dari sisi - goyangan yang berlebihan.
  • Ketika dinding geser cukup kaku, mereka akan mencegah membingkai
  • lantai dan atap anggota dari bergerak dari mendukung mereka.
  • Juga, bangunan yang cukup kaku biasanya akan menderita kerusakan kurang nonstruktural

Demikian sedikit ulasan tentang shear wall / dinding geser. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Quality Assurance Textile
CARREFOUR (TRANSRETAIL INDONESIA, PT)
Jl. Lebak Bulus Raya No.8
Jakarta Selatan – 12310

Responsibilities :
  • Defining product quality criteria
  • Arranging technical specifications and ensuring that products are in compliance with local law & regulations

Requirements :
  • D3/S1 majoring Textile Engineering / Textile Chemical
  • Experience 2 years in the same field / fresh graduates are welcome to apply
  • Good analytical thinking, oriented to target achievement and good communication skill
  • Has experience in production / R & D / Laboratory / in the industrial / retail / hard-line / soft-line sector.
  • Good communication in English and computer skill proficiency
  • Willing to be placed in Head Office Lebak Bulus (Jakarta)

Company Overview :
Carrefour Indonesia is a leading exclusive retailer in the market with brand equity beyond the product and service. Our culture rewards people with commited, caring, and positive. As one of the leading retail players, Carrefour is committed to providing the best service for more than 72 million customers. Carrefour Indonesia has about 28.000 employees directly and partnered with about 4.000 suppliers that nearly 70% are SMEs (Small and Medium Enterprise)


Send CV & application letter to:

Only Candidates who meet the requirement will be invited for interview




Pada akhir bulan November ini hampir di seluruh wilayah Indonesia telah memasuki musim penghujan. Pada kesempatan kali ini tak ada salahnya akan kita bahas tentang instalasi air hujan, yaitu bagaimana cara menghitung besaran pipa pembuangan air hujan sepengetahuan penulis.

Air hujan adalah air dari awan yang jatuh dipermukaan tanah. Air tersebut dialirkan kesaluran-saluran tertentu. Air hujan yang jatuh pada rumah tinggal atau komplek perummahan disalurkan melalui talang-talang-talang vertikal dengan diameter biasanya 3” (minimal) yang diteruskan ke saluran-saluran horisontal dengan kemiringan 0,5 - 1% dengan jarak terpendek menuju ke saluran terbuka lingkungan.

Dalam menghitung besar pipa pembuangan air hujan harus diketahui atap yang menampung air hujan tersebut dalam luasann m2. Sebagai standar ukuran pipa pembuangan dibuat tabel sebagai berikut :


Sebagai contoh berikut kami sajikan sebuah kasus sebagai berikut :
Misal sebuah bangunan memiliki luas atap 1.200 m2. Berapa besaran pipa dan banyaknya pipa air hujan yang dibutuhkan pada atap bangunan tersebut?

Jawab

Luas atap = 1.200 m2.
Hujan rata - rata di Indonesia kita ambil antara = 300-500 mm/m2/jam = 5 – 8 liter/menit.
Curah hujan = 1.200 m2 x 5-8 liter/menit = 6.000 – 9600 liter/menit.
Luas atap 1.200m2 dalam tabel di atas paling efesien menggunakan diameter 6” dengan kapasitas 1.610 liter/menit.
Jika curah hujan = 8.000 liter/menit, maka air hujan akan mengalir ke bawah dalam waktu 1 x 6” = 8.000 : 1.610 = 5 menit.
Untuk mempercepat pembuangan air diperlukan pipa 6” sebanyak 5 buah yang tersebar letaknya sehingga air di atas atap pada saat tertentu akan terbuang keluar dalam waktu 1 menit.

Demikian kiranya cara menghitung besaran pipa pembuangan air hujan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


http://www.mediaproyek.com/

Yogyakarta - Rencana pembangunan bandara baru di Yogyakarta di kawasan Kulon Progo, menemui titik terang. Kementerian Perhubungan (Kemhub) memperkirakan bandara pengganti Adi Sutjipto ini bisa beroperasi pada 2017 mendatang.

Dirjen Perhubungan Udara Kemhub Harry Bakti S Gumay mengatakan, pihaknya sudah merestui izin penetapan lokasi (IPL) bandara Kulon Progo kepada calon pengelola PT Angkasa Pura I (AP I). "Kami harapkan ground breaking akhir 2014 dan anggap saja tiga tahun bisa selesai," katanya akhir pekan lalu.

"Proyek bandara baru ini dikerjakan AP I, di mana bandara yang baru ini akan dibangun di atas lahan seluas 600 hektare," kata dia di acara Indonesia Insfrastructure Week 2013 yang berlokasi di JCC, Senayan (13/11/2013).

Dia menambahkan, untuk membangun bandara baru ini, AP I telah menganggarkan dana sekira Rp. 6 triliun. Dana ini berasal dari kas PT Angkasa Pura dan pinjaman dari beberapa pihak bank.

Rencananya bandara Kulon Progo akan memiliki terminal seluas 106.500 meter persegi (m2) dengan kapasitas 10 juta penumpang pertahun. Adapun hanggar seluas 371.125 m2 sanggup menampung 28 unit pesawat.

http://www.mediaproyek.com/

Seringkali kita mendengar di lapangan istilah listrik 1 phasa atau 3 phasa. Apa perbedaan keduanya? Mari kita bahas bersama.

Pengertian Listrik 1 Phasa
Listrik 1 phasa adalah instalasi listrik yang menggunakan dua kawat penghantar yaitu 1 kawat phasa dan 1 kawat 0 (netral). Pengertian sederhananya adalah listrik 1 phasa terdiri dari dua kabel yaitu 1 bertegangan dan 1 netral. Umumnya listrik 1 phasa bertegangan 220 volt yang digunakan banyak orang. Biasanya listrik 1 phasa digunakan untuk listrik perumahan, namun listrik PLN di jalanan itu memiliki 3 phasa, tetapi yang masuk ke rumah kita hanya 1 phasa karena kita tidak memerlukan daya besar. Misalnya yang ke rumah kita adalah Phase R, tetangga kita mungkin Phase S, dan tetangga yang lain Phase T.

Pengertian Listrik 3 Phasa
Listrik 3 phasa adalah instalasi listrik yang menggunakan tiga kawat phasa dan satu kawat 0 (netral) atau kawat ground. Menurut istilah Listrik 3 Phasa terdiri dari 3 kabel bertegangan listrik dan 1 kabel Netral. Umumnya listrik 3 phasa bertegangan 380V yang banyak digunakan Industri atau pabrik.

Listrik 3 phasa adalah listrik AC (alternating current) yang menggunakan 3 penghantar yang mempunyai tegangan sama tetapi berbeda dalam sudut phase sebesar 120 degree. 

Ada 2 macam hubungan dalam koneksi 3 penghantar, yaitu :
  1. Hubungan bintang (“Y” atau star).
  2. Hubungan delta.

Ada 2 macam tegangan listrik yang dikenal dalam sistem 3 phasa ini, yaitu :
  1. Tegangan antar phase (Vpp : voltage phase to phase atau ada juga yang menggunakan istilah Voltage line to line).
  2. Tegangan phase ke netral (Vpn : Voltage phase to netral atau Voltage line to netral).

Keuntungan Listrik 3 phasa yaitu :
  1. Menyediakan daya listrik yang besar ( biasanya pada industri menengah dan besar ). Industri atau hotel memerlukan daya listrik yang besar sehingga memerlukan line yang banyak. Tapi pada output terakhir untuk pemakaian hanya memerlukan satu phasa ( memilih salah satu dari 3 phasa ). Listrik 3 phasa biasanya diperlukan untuk menggerakkan motor industri yang memerlukan daya besar.
  2. Karena menggunakan tegangan yang lebih tinggi maka arus yang akan mengalir akan lebih rendah untuk daya yang sama. Sehingga untuk daya yang besar, kabel yang digunakan bisa lebih kecil.
  3. Untuk motor induksi, listrik 3 phasa tidak memerlukan kapasitor.

Demikian sedikit uraian tentang listrik 1 phasa dan listrik 3 phasa. Terima kasih.
http://www.mediaproyek.com/

Jakarta - Pemerintah Republik Indonesia menawarkan proyek terkait infrastruktur perkeretaapian kepada pihak Jepang yang dinilai sedang mengalami kejenuhan dalam sektor konstruksi di negaranya sendiri.

“Pasar jasa konstruksi Jepang yang sudah jenuh merupakan peluang investasi dengan merelokasi modalnya ke Indonesia,” kata Kepala Badan Pembinaan (BP) Konstruksi Hediyanto Husaini dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, semakin sedikitnya orang yang bekerja di sektor konstruksi di Jepang juga membuat investor Jepang di sektor tersebut melihat ke pasar lain yang sedang tumbuh seperti Indonesia.

Karenanya pemerintah juga tertarik untuk mengambil peluang investasi tersebut dengan menawarkan pembangunan infrastruktur seperti rel kereta di Indonesia. Apalagi, lanjutnya, perkeretaapian juga termasuk ke dalam bagian infrastruktur transportasi yang dinilai merupakan salah satu program prioritas pemerintah.

Sebagaimana diketahui, program pemerintah untuk meningkatkan kualitas layanan transportasi massal dan jaringan logistik nasional ditawarkan melalui berbagai program yang terdapat dalam Masterplan Percepatan dan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

“Selama ini Jepang lebih tertarik untuk membangun jalan di Indonesia, mungkin sekarang kita sudah waktunya tawarkan pembangunan rel kereta,” ujarnya.

Sebelumnya, PT KAI Commuter Jadobetabek (KCJ) kembali mendatangkan 20 unit KRL dari Jepang sebagai bentuk peningkatan pelayanan perkeretapian kepada pengguna jasa.

“Ke-20 unit KRL ini merupakan program pengiriman tahap dua dari pengadaan KRL pada 2013 yang secara keseluruhan berjumlah 180 unit,” kata Manajer Komunikasi KCJ Eva Chairunnisa.

Menurut Eva Chairunnisa, sebanyak 20 unit KRL baru tersebut merupakan hasil pembelian dari operator KRL di Jepang dan telah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta pada Sabtu (16/11) malam.

Menurut Direktur Utama KCJ Tri Handoyo, pihaknya juga telah mendatangkan tim dari Jepang untuk memastikan bahwa unit KRL bar tersebut dapat dioperasikan dengan lancar di Indonesia.

Ia memaparkan bahwa pihaknya sejak 2009 juga telah mendatangkan hingga lebih dari 300 unit KRL. Sementara harga dari setiap gerbong kereta itu mencapai sekitar Rp1 miliar per unit.

Project Junior Manager
PT. Yestar Indonesia
Gd. Pembina Graha
Jl. D.I. Panjaitan No.45
Jakarta Timur 13350
Phone: +62 21 858 1830

Responsibilities :
  • Menangani project-project perusahaan.
  • Melakukan supervisi team project di lapangan.
  • Mengawasi dan memeriksa jalannya pembangunan project sesuai dengan standar perusahaan.

Requirements :
  • Pendidikan S1.
  • Pengalaman minimal 5 tahun dibidang property.
  • Memiliki leadership yang baik.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
  • Menguasai aplikasi komputer (Microsoft Office & Internet).
  • Teliti, cekatan, rajin & tekun.

Company Overview :
PT. Yestar Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dibidang property yang sedang berkembang. Lokasi kantor kami berada di wilayah Jakarta Timur.

Closing Date :
14 Desember 2013.

Kebakaran dalam sebuah bangunan terkadang tak bisa kita hindari. Di Indonesia menganut klasifikasi yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Per. 04/MEN/1980, klasifikasi kebakaran dibagi dalam 4 kelas, antara lain :

1. Kelas A.
Yaitu kebakaran yang disebabkan oleh benda-benda padat selain logam yang kebanyakan tidak dapat terbakar dengan sendirinya, misalnya kertas, kayu, plastik, karet, busa dan lain-lainnya. Kebakaran kelas A ini adalah akibat panas yang datang dari luar, molekul-molekul benda padat terurai dan membentuk gas dan gas inilah yang terbakar. Hasil kebakaran ini menimbulkan panas dan selanjutnya mengurai lebih banyak molekul-molekul dan menimbulkan gas yang terbakar. Sifat utama dari kebakaran benda padat adalah bahan bakarnya tidak mengalir dan sanggup menyimpan panas yang banyak sekali dalam bentuk bara.

2. Kelas B.
Yaitu kebakaran yang disebabkan oleh benda-benda mudah terbakar berupa cairan, misalnya bensin, solar, minyak tanah, spirtus, alkohol dan lain-lainnya. Di atas cairan pada umumnya terdapat gas dan gas inilah yang dapat terbakar. Pada bahan cair ini suatu bunga api kecil sanggup mencetuskan api yang akan menimbulkan kebakaran. Sifat cairan ini adalah mudah mengalir dan menyalakan api ke tempat lain.

3. Kelas C.
Yaitu kebakaran pada aparat listrik yang bertegangan, yang mana sebenarnya kelas C ini tidak lain dari kebakaran kelas A dan B atau kombinasi dimana ada aliran listrik. Apabila aliran listrik diputuskan maka akan berubah apakah kebakaran kelas A atau kebakaran kelas B. Kelas C perlu diperhatikan dalam memilih jenis media pemadam yaitu yang tidak menghantar listrik untuk melindungi orang yang memadamkan kebakaran dari aliran listrik.

4. Kelas D.
Yaitu kebakaran yang disebabkan oleh benda-benda yang berupa benda logam, seperti Magnesium, Natrium (Sodium), Calsium, Kalium (Potasium) dan lain-lain.

Demikian sedikit ulasan tentang penggolongan kelas-kelas kebakaran. Terima kasih.

PT. SMCC Utama Indonesia
Gd. Summitmas II Lantai 20
Jl. Jend. Sudirman Kav. 61-62
Central Jakarta, Indonesia

Responsibilities :
  • Controlling Site Drawing, Checking work volume on site.
  • Receiving and Distributing all site drawing.
  • Checking, reviewing and approve the drawing calculation.
  • Reminding that estimation made in relation with company environment policy and quality objective.

Requirements :
  • Male, preferred age 25-40 years old.
  • Graduated from reputable university majoring in Civil Engineering.
  • Good communication in English and interpersonal skill.
  • Having minimum 2 years experiences in the same field in construction company.
  • Understanding ISO 9001:2008,ISO 14001:2004, and OHSAS 18001:2007.

Facility :
  • THR.
  • Bonus.
  • Medical Allowance.

Company Overview :
PT. SMCC Utama Indonesia is one of the leading construction companies in Indonesia and subsidiary company of Sumitomo Mitsui Construction Co. Ltd.

We absolutely realize that our biggest strength came from our personnel which make us gradually improve our human resources competency.

We trully understand the importance of customer satisfaction, therefore each of us is personally responsible for the ensuring the construction product with consistent quality work, on-time delivery, safety work.

Closing Date :
22 Desember 2013.

Send application to :
hrd@sumicon.co.id

http://www.mediaproyek.com/

Makassar - Perusahaan Daerah (PD) Pasar Makassar Raya akan membangun baru pasar tradisional Toddopuli yang terletak di Kecamatan Panakukang ini.

Realisasi proyek tersebut akan dimulai tahun 2014 mendatang setelah Kementrian Perindustrian dan Perdagangan (Kemenperindag) menggelontorkan anggaran ke PD Pasar sebesar Rp 3,9 miliar.

Direktur PD Pasar Makassar Raya, Rusman Abu, Kamis(21/11) membenarkan rencana pembangunan baru pasar di Toddopuli. Menurutnya, pihaknya sangat mengharapkan anggaran itu bisa secepatnya cair, agar pembangunan dan penataan di pasar itu bisa terwujud.

"Memang benar ada rencana pusat melalui Kemenperindag menggelontorkan anggaran sebesar Rp 3,9 miliar untuk membangun baru pasar tradisional di Toddopuli. Apalagi mereka melihat areal atau lahan tersebut tidak bermasalah,"katanya.

Selain itu, kata Rusman Abu, PD Pasar juga mengharapkan penyertaan modal dari Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar sebesar Rp 1 miliar bisa terealisasi.

Rencananya anggaran tersebut diperuntukkan untuk pembangunan Pasar Parantambung dan Pasar Sambung Jawa. Hanya saja, sampai saat ini usulan tersebut terkendala oleh persetujuan dari DPRD kota Makassar.

Electrical Supervisor
PT. Satyaraya Keramindoindah (ROMAN Ceramic)
Jl. Raya Serang Km 25 Balaraja Tangerang

Requirements :
  • Pria, Makimal 27 tahun.
  • D3 atau S1 lulusan Teknik Mekatronika / Elektro / Elektronika.
  • Mampu berbahasa Inggris.
  • Mampu bekerja individual atau dalam team.
  • Telah berpengalaman minimum 1 tahun atau lebih. Juga diperkenankan bagi pelamar yang beum berpengalaman, namun mempunyai nilai akademis yang baik.
  • Akan ditempatkan di perusahaan di Balaraja - Tangerang.

Company Overview :
Roman merupakan produk keramik terkemuka yang dikenal dengan produk keramik lantai, keramik dinding, dan accessories pendukungnya. Roman keramik diproduksi oleh PT. Satyaraya Keramindoindah.

Kami adalah perusahaan manufaktur keramik yang berorientasi export, sedang mencari profesional yang dinamis dan berkualitas untuk maju dan berkembang.

Closing Date :
22 Desember 2013.

Keterangan Lamaran :
Lamaran maksimal 500 kb dalam format pdf atau doc. Tulis kode posisi dan nama sebagai subject email. Lamaran dikirim ke aamat email :
srki-personnel@lyman.co.id
http://www.mediaproyek.com/

Dalam perkembangannya, proyek konstruksi memerlukan pendanaan yang makin besar dan demikian pula dalam pengelolaan proyek akan semakin kompleks. Kendala terhadap penyediaan dana, saat ini dapat diatasi oleh Pemilik Proyek dengan beberapa konsep pendekatan dan dengan bentuk organisasi eksternal yang didasarkan pada penyedia dana (Investor) yang sekaligus sebagai pelaksana jasa konstruksi, yaitu antara lain :

1. Konsep Build, Own, Operate, Transfer (BOOT) atau BOO.
Konsep semacam ini seringkali disebut sebagai konsep proyek konsesi. Pada konsep semacam ini terdapat investor sebagai pemilik sementara yang melakukan pembangunan (build), pemilikan (own), pengoperasian (operate), dan serah terima (transfer) proyek kepada pemilik tetap. Awal mula timbulnya konsep semacam ini karena pemilik tetap mengalami kesulitan mendanai proyek sehingga memberikan kewenangan kepada investor / pemilik sementara untuk melakukan pembangunan dan kemudian mengoperasikan proyek sampai masa konsesi berakhir. Dengan demikian pemilik sementara / investor bertangungjawab mulai dari desain, pelaksanaan konstruksi sampai dengan pengoperasiannya sehingga dapat memperoleh keuntungan untuk pengembalian biaya investasi. Berakhirnya masa konsesi ditandai dengan serah terima proyek kepada pemilik tetap. Pada konsep BOOT studi kelayakan proyek biasa dilakukan oleh pemilik sementara / investor sedangkan pada turnkey bisa dilakukan oleh owner.

2. Konsep Engineering, Procurement, Construction (EPC).
Pada konsep semacam ini, pemilik proyek tidak menyerahkan tanggung jawab kegiatan desain (engineering) kepada konsultan dan tidak menyerahkan kegiatan pengadaan material / peralatan (procurement) dan kegiatan pelaksanaan konstruksi kepada kontraktor. Pada proyek semacam ini pemilik proyek menyerahkan tanggung jawabnya kepada satu pihak yang disebut kontraktor EPC.

Demikian sedikit ulasan tentang konsep-konsep manajemen konstruksi. Semoga bermanfaat.


PT. Lippo Karawaci, Tbk
recruitment@lippokarawaci.co.id

Responsibilities :
Assisting in technical operation matters.

Requirements :
  • Candidate must possess at least a Bachelor's Degree in Architecture or Civil Engineering from reputable university with GPA min 3.00.
  • At least 3 years of working experience in the related field is required for this position.
  • Applicants must be willing to work in Lippo Karawaci, Tangerang.
  • Active English is a must.
  • Full-Time position(s) available.

Company Overview :
PT. Lippo Karawaci, Tbk (Lippo Karawaci) was founded on a vision to impact lives through the development of well-planned sustainable independent township within green environments and first class physical and social infrastructure. Over more than a decade, the company has proven itself as a highly trusted property developer with the most recognizable brand name, owner of the largest diversified landbank and pioneering projects in strategic locations throughout Indonesia. Through a merger of 8 property related companies in 2004 the Company has expanded its business portfolio to encompass urban development, large scale integrated developments, retail malls, healthcare, hotels and leisure, as well as a fee-based income portfolio.

Closing Date :
12 Desember 2013.
http://www.mediaproyek.com/

Kudus - Dana yang dibutuhkan untuk pembangunan Waduk Logung di perbatasan Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe dan Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kudus diperkirakan bakal membengkak dari Rp 475 miliar menjadi Rp 700 miliar.

Hal itu didasarkan pada pembangunan sarana pengairan serupa di daerah lain, faktor inflasi, dan kesalahan teknis yang dapat mengakibatkan alokasi membengkak.

''Dalam pengerjaan waduk, hal seperti itu biasa terjadi terkait kondisi alam di sekitarnya. Perkiraan kami dana yang diperlukan bisa mencapai Rp 700 miliar,'' ungkap Kepala Satuan Kerja Pembangunan Jaringan Sungai Air Pemali Juana, Budi Priyanto, Rabu (20/11).

Bulan ini, jelas dia, sudah dimulai proses awal pengadaan barang dan jasa. Biasanya, untuk proyek sebesar itu membutuhkan persiapan sekitar setahun.

Salah satu alasannya, karena harus mendapat persetujuan pejabat selevel direktorat jenderal. Jadi, papar Budi, perkiraan sementara pembangunan fisik dapat dimulai pada Oktober atau November tahun depan.

Budi menambahkan, berdasarkan hasil rapat koordinasi terakhir dengan Pemerintah Pusat, telah disiapkan uang muka Rp 40 miliar. Dana awal untuk proyek pengairan yang dirintis sejak tahun 1970-an tersebut akan diberikan pada 2014.

''Tahun depan sudah disiapkan uang muka sebesar Rp 40 miliar. Jumlah itu dimungkinkan dapat ditambah seandainya Pemerintah Pusat menilai perkembangan di lapangan memang membutuhkan.'' Menurutnya, pembangunan Waduk Logung tidak akan dapat dituntaskan dalam satu tahun anggaran. Sesuai ancangan sebelumnya, hal itu akan dilakukan secara bertahap mulai 2014 - 2018.
''Biaya pembebasan waduk memang dibebankan pada pemerintah daerah dan provinsi. Tapi untuk pembangunan fisik sepenuhnya dibiayai dari pusat,'' jelasnya.

PT. Surya Citra Televisi (SCTV)
Jl. Asia Afrika, Jakarta Capital Region 12220
Indonesia

Requirements :
  • Male.
  • Age 27 - 35 years old.
  • Candidate must posses at least Bachelor's Degree, Engineering (Electrical/Electronic) or equivalent.
  • At least 3 year(s) of working experience in the related field is required for this position.
  • Preferably Supervisor / Coordinators Spesializing in Engineering - Electrical or equivalent.
  • Full-Time position(s) available.
  • Have skill of Mechanical and Electrical system.

Company Overview :
The success of SCTV as the leading television station is result of hard work, accuracy and perseverance in determining strategy combined with management commitment to prioritize prudential management principes. This success contitutes an important momentum in achieving future great successes.

Vision :
To be a leading television station that contributes to advancing and educating the nation.

Mission :
SCTV aims to become the premier private network television station in Indonesia by :
  • Delivering a wide variety of creative, innovative, high quality programs that contributes to advancing the nation.
  • Implementing good corporate governance.
  • Give an added value to all stakeholders.

Closing Date :
11 Desember 2013.


http://www.mediaproyek.com/

Dalam kehidupan sehari-hari kita, baik di rumah, di kantor, di gedung-gedung, di pabrik-pabrik/industri, di tempat ibadah, terutama masjid (yang notabene jamaahnya banyak menggunakan air untuk berwudlu) selalu kita temui tempat penampungan air. Penampungan air ini bisa berupa ground tank, roof tank, tanki air atau sering disebut tandon air dan bermacam-macam tempat penampungan buatan yang lain.

Untuk memudahkan kita agar tidak repot dalam mengisi tangki air, biasanya dipasang alat otomatis sehingga pompa bisa hidup dan mati sesuai dengan volume air dalam tangki tersebut. Bagaimana cara kerja alat otomatis tersebut? Mari kita bahas.

Model Pengaturan Level Air
Ada dua model kontrol level yang banyak digunakan. Yang pertama adalah menggunakan ball-floater dan yang kedua menggunakan level switch. 

1. Kontrol Level Model Ball-Floater

http://www.mediaproyek.com/

Model ball-floater berbentuk bola pelampung yang mengatur buka-tutup air sesuai dengan level air dalam toren. Sistem ini murni mekanis. Saat level air dalam toren turun mencapai level low dari ball-floater, maka alat ini secara mekanis akan membuka aliran air untuk pengisian. Bila level air sudah mencapai level high dari ball-floater, maka aliran air akan ditutup secara mekanis juga. Jadi sistem kerjanya adalah keran yang bisa buka-tutup secara otomatis. Kelemahan model ini adalah mudah bocor pada bagian keran tersebut, karena dia juga harus bisa menahan tekanan air dalam pipa yang keluar dari mesin pompa air.

Model ball-floater tidak berhubungan langsung dengan mesin pompa air. Start-stop mesin pompa air terjadi karena faktor tekanan air dalam pipa yang sudah cukup tinggi disebabkan aliran air ditutup oleh keran ball-floater.

2. Level Control Switch

http://www.mediaproyek.com/

Model Level Switch menggunakan kontak relay yang bersifat elektrik, dan ada juga yang menyebutnya liquid level relay. Nama yang lebih familiar di beberapa tempat untuk model ini adalah “Radar”. Sebetulnya ini adalah nama merk. Jadi seperti kita menyebut “Kodak” untuk kamera atau “Aqua” untuk air mineral.

Hampir mirip dengan model ball-floater, hanya saja bola pelampungnya diganti dengan 2 buah “sinker” (pemberat) yang dipasang menggantung dalam satu tali. Kemudian sistem pengaturannya menggunakan kontak relay yang dihubungkan dengan mesin pompa air melalui kabel listrik. Saat level air di toren rendah maka mesin air akan start dan kemudian stop bila levelnya sudah tinggi, sesuai dengan setting posisi dari dua buah sinker tersebut. Sistem ini relatif lebih handal dalam menghindari kebocoran seperti pada model ball-floater, karena mesin pompa air bisa dimatikan secara langsung. Untuk lebih jelasnya mengenai model ini, silahkan dilanjut.

Cara Kerja Level Control Switch

http://www.mediaproyek.com/

Seperti gambar ini, sistem level switch mempunyai cara kerja yang cukup sederhana. Saat air mencapai setengah dari pemberat yang bawah (level low) maka dua pemberat (sinker) akan menggantung dimana total beratnya akan mampu menarik switch yang ada pada switch body di bagian atas. Switch yang tertarik pemberat akan membuat kontak relay menjadi close dan arus listrik akan mengalir melalui kabel ke mesin pompa air yang kemudian start dan mengisi air ke dalam toren hingga mencapai level high.

Saat air mendekati level high, maka pemberat bagian bawah akan mengambang dan saat level air mencapai setengah dari pemberat bagian atas maka level switch akan kembali ke posisi awal (dengan bantuan pegas yang ada dalam switch body) sehingga kontak relay akan menjadi open dan arus listrik terputus sehingga mesin pompa air stop secara otomatis.

Batas level high dan level low dalam toren ini dapat di-setting sesuai keinginan, dengan mengatur ketinggian dari dua pemberat ini. Cukup dengan mengatur panjang talinya dan kemudian dikencangkan kembali ikatannya.

Jika setting level low-nya dinaikkan (pemberat bagian bawah posisnya lebih naik), maka volume air dalam toren akan masih tersisa banyak sesaat sebelum air diisikan kembali. Begitu pula jika setting level high-nya dinaikkan (dengan menaikkan lagi posisi pemberat bagian atas), maka volume air akan bisa mendekati maksimum kapasitas yang bisa ditampung dalam toren sesaat setelah mesin air dimatikan.

Hanya perlu diperhatikan, bila jarak antara kedua pemberat sangat pendek (sehingga jarak level low dan high berdekatan) maka akibatnya interval pengisian air akan lebih singkat sehingga mesin pompa air akan semakin sering start-stop. Apalagi jika toren yang digunakan memiliki kapasitas kecil, misalnya 250 liter. Ingat, start mesin pompa air akan menyerap daya listrik yang cukup besar. Karena itu setting pemberat ini lebih disesuaikan pada kebutuhan dengan pertimbangan aspek volume cadangan air dalam toren dan penghematan daya listrik.

Demikian sedikit ulasan tentang cara kerja pengatur level air dalam tangki air. Semoga bermanfaat.


http://www.mediaproyek.com/

Purworejo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo membangun 1.353 kios pasar darurat untuk menampung para pedagang korban kebakaran Pasar Baledono. Kios darurat dibangun di lima tempat sesuai SK Bupati dan ditargetkan selesai sebelum akhir tahun ini.

“Minggu ini pembangunan kios darurat sudah dimulai, dan harus selesai maksimal tanggal 19 Desember nanti,” kata Kepala Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan Pariwisata (Diskopperindagpar) Purworejo Dra Suhartini MM, Kamis (21/11/2013).

Dijelaskan, total keseluruhan kios pasar darurat yang dibangun berjumlah 1.353 dengan rincian di kompleks belakang bangunan Ruko Plaza sebanyak 500 kios, di Pasar Suronegaran 140 kios, di Terminal Angkudes Kongsi 310 kios, di Jalan Pahlawan 256 kios, serta di Jalan Kemuning 147 kios.

Untuk kios yang sudah terlanjur dibangun di belakang Ruko Plaza, yang spesifikasinya sudah sesuai akan dibeli oleh rekanan. Sedangkan yang di Kongsi dan Kemuning hanya dibangun lantai kios karena atapnya sudah ada. “Mungkin anggaran lainnya nanti bisa untuk membangun saluran,” jelas Suhartini seraya menambahkan, lokasi itu sudah sesuai dengan SK Bupati tentang lokasi pasar darurat sebelum Pasar Baledono kembali dibangun.

#Sumber : krjogja.com
http://www.mediaproyek.com/

Dalam sebuah proyek bangunan, mungkin diantara kita sering mendengar kata-kata bestek atau gambar bestek. Apa itu bestek / gambar bestek? Pada kesempatan kali ini akan kita bahas tentang Apa itu bestek / gambar bestek dalam sebuah proyek bangunan.

Pengertian Bestek
Bestek berasal dari bahasa Belanda yang artinya Peraturan dan syarat-syarat pelaksanaan suatu pekerjaan bangunan atau proyek. Dalam arti luas, bestek adalah suatu peraturan yang mengikat, yang diuraikan sedemikian rupa, terinci, cukup jelas dan mudah dipahami.

Bagian-bagian bestek terdiri dari :
  1. Peraturan Umum.
  2. Peraturan Administrasi.
  3. Peraturan dan Teknis Pelaksanaan.

Pengertian Gambar Bestek
Gambar bestek adalah gambar lanjutan dari uraian gambar pra rencana, serta gambar detail dasar dengan skala yang lebih besar. Gambar bestek juga terdiri atas lampiran dari uraian syarat-syarat (bestek) pekerjaan.

Gambar bestek terdiri dari :
  1. Gambar Situasi.
  2. Gambar Denah.
  3. Gambar Potongan.
  4. Gambar Perspektif.
  5. Gambar Rencana Atap.
  6. Gambar Detail Konstruksi.
  7. Gambar Pelengkap.

Bestek dan gambar bestek merupakan kunci pokok (tolok ukur) baik dalam menentukan kualitas dan scope of work maupun dalam menyusun RAB (Rencana Anggaran Biaya) proyek.

Dengan adanya bestek dan gambar bestek, maka pemborong / kontraktor dapat membayangkan bentuk dan macam bangunan yang diingini oleh Pemberi Tugas dan bagaimana untuk melaksanakannya.

Demikian sedikit ulasan tentang pengertian bestek dan gambar bestek dalam sebuah proyek. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

PT. Unicorn Tosan Perkasa
Jl. Sriwijaya No. 133 Bandung
Jawa Barat, Indonesia

Responsibilities :
  • Membuat gambar perencanaan.
  • Melakukan survey ke lapangan.
  • Melakukan konsultasi dengan staff yang lain dan personnel terkait untuk menyelesaikan masalah yang menyangkut gambar atau suatu proyek tertentu.

Requirements :
  • Age maximum 40 years old.
  • Mimimum Bachelor Degree (S1) in any major.
  • Mastering in Electrical - Electronic and Air Conditioning (AC).
  • Having minimum 5 yearsin the same field.

Company Overview :
PT. Unicorn Tosan Perkasa was founded on 16th July 1993 started from the mere love and passion of the founders for Electrical installation. It was originally started by installing simple electrical services to residential.

Since the formative years, our hard work, high standard services, and up to date innovations keep us well - known for completing various projects within the required timeline and within budget which put us as one of the leading mechanical and electrical contractor.

To become clients first choice, we always innovate any ideas of design and build for every scope of works. We offers wide range of services from conseptualization to design, project management, installation, commissioning, testing and maintenance both mechanically and electrically. Our self - made panel switchboard integrates the installation work to guarantee top quality that we offer.

To ensure our big or small jobs, we provide excellent customer service and quality management. We provide friendly, reliable, professional human resources and competitive service to come clients expectation. PT. Mandiri Abadi Selaras, an affiliation company was established to maintain the installation of the project. By choosing our company, you will discover the true commitment of aftercare.

Closing Date :
12 Desember 2013.



Solo - Proyek Pasar Gilingan yang menempati bekas lahan pangkalan angkutan umum non bus antar kota (Papsa) Solo terancam molor. Sebab hingga 19 November 2013, pembangunan terlambat hingga 9,8 persen dari jadwal proyek yang ditentukan. Padahal, batas waktu pembangunan berakhir 29 November 2013.

Berdasarkan laporan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) selaku leading sector proyek pasar tersebut, pada 19 November 2013 mestinya persentase pembangunan mencapai 94,8 persen. Namun fakta di lapangan, realisasi pembangunannya masih di angka 84,9 persen.

"Dengan keterlambatan mencapai 9,8 persen, sementara deadline proyek sudah mepet, apa pembangunannya bisa selesai? Kalau sampai batas waktunya belum selesai, apa yang akan dilakukan? Karena waktu yang tersisa tinggal beberapa hari," kata Ketua Komisi III Honda Hendarto.

Haminto dari PT Tata Analisa Multimulya selaku pelaksana proyek mengaku, pembangunan terhadang sejumlah kendala. Salah satunya cuaca, di mana sering turun hujan. Warga di sekitar proyek juga keberatan jika pekerjaan dilembur sampai malam.

"Tapi kami berupaya optimal menyelesaikan pekerjaan. Jika bisa, kami minta waktu tambahan satu pekan untuk menyelesaikan pekerjaan, tanpa kena denda," katanya.

Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP) Proyek Pasar Gilingan Suhardi mengaku, salah satu kendala yang membuat proyek pembangunan pasar di eks lahan Travel Gilingan adalah sulitnya mencari tenaga las untuk pekerjaan atap.

Dikatakan Hardi, Pembangunan Pasar Gilingan berasal dari dua sumber pendanaan yakni dari APBD senilai Rp. 6 Miliar yang harus selesai pada tanggal 29 November 2013 dan APBN Rp. 5 Miliar yang harus selesai 10 Desember 2013. Dari dua dana tersebut untuk dan dari APBN belum selesai. Namun untuk dana ABD 99 % sudah selesai.

Kepala Disperindag Rohana mengatakan, dari evaluasi yang dilakukan, ada komitmen dari pelaksana proyek untuk menyelesaikan pekerjaan maksimal sampai 10 Desember 2013, jika dilakukan perpanjangan.

"Jika sampai 10 Desember 2013 tak rampung, maka kontrak akan diputus. Tapi mudah-mudahan hal itu tidak terjadi," katanya.