Poker Asli Indonesia

Tahap Pemasangan Bekisting

Unknown | 12/23/2013 | 1 komentar
masterpoker88
BetAnda

Pada kesempatan yang lalu telah dibahas tentang Pengertian Bekisting dan Jenisnya. Pada kesempatan kali ini pembahasan akan kita lanjutkan tentang tahap pemasangan bekisting.

Pada pekerjaan bekisting, khususnya bekisting plat dan balok biasanya dilakukan pekerjaan perancah. Pekerjaan perancah dilakukan untuk mendukung perencanaan pembuatan bekisting balok dan pelat. Pertama-tama yang harus dilakukan sebelum mendirikan scaffolding adalah memasang jack base pada kaki untuk memudahkan pengaturan ketinggian, setelah itu baru dapat disusun dan disambung antara yang satu dengan lainnya menggunakan joint pin, dan bagian atasnya dipasang U-head untuk menjepit balok kayu yang melintang.

http://www.mediaproyek.com/
Gambar pendirian scaffolding
Pekerjaan bekisting dilakukan setelah pekerjaan pembesian. Hal tersebut berlaku pada pekerjaan pembuatan kolom. Sedangkan pada pembuatan balok dan pelat, bekisting terlebih dahulu dikerjakan. Bekisting memiliki fungsi dalam bangunan untuk membuat bentuk dan dimensi pada suatu konstruksi beton, dan mampu memikul beban sendiri yang baru dicor sampai konstruksi tersebut dapat dipikul seluruh beban yang ada.

Pelaksanaan pekerjaan bekisting pada pembuatan balok baru dapat dilakukan setelah pekerjaan perancah selesai. Bekisting yang dibuat adalah bekisting balok, pelat, dan kolom. Petama-tama yang harus dipersiapkan sebelum pembuatan bekisting adalah plywood 12 mm, dan balok kayu 8/12 dan 5/7 yang telah dipotong-potong sesuai kebutuhan. Kemudian balok kayu dan plywoood tersebut dihubungkan dengan paku, sehingga membentuk dimensi balok yang direncanakan. Balok kayu 8/12 digunakan untuk dudukan bekisting balok pada bagian atas scaffolding. Rangka dan penopang bekisting menggunakan kayu 5/7 yang dipaku, kemudian plywood yang sudah dipotong dipaku ke rangka tersebut.

http://www.mediaproyek.com/
Gambar pekerjaan bekisting balok

http://www.mediaproyek.com/
Gambar pemasangan bekisting pada balok
Pembuatan bekisting pelat dimulai dengan persiapan. Bahan yang harus dipersiapkan adalah plywood 9 mm dan balok ukuran 5/7, 4/6 atau sejenisnya. Pertama-tama yang harus dilakukan untuk memulai pembuatan bekisting pelat adalah memasang multispan yang berpegangan pada bekisting balok. Kemudian plywood yang telah dipotong-potong diletakkan di atas balok dan disusun dengan rapi dan rapat agar tidak bocor.

http://www.mediaproyek.com/
Gambar tampak bawah bekisting pelat


http://www.mediaproyek.com/
Gambar tampak atas bekisting pelat
Bekisting pada kolom menggunakan plywood 12 mm, baja sebagai penguaat, dan rangka besi siku yang dirancang untuk plywood. Rangka besi siku yang telah dipasang plywood didirikan, lalu antara rangka yang satu dengan yang lainnya dihubungkan menggunakan baut. Bekisting tersebut diberikan sokongan samping menggunakan baja ukuran 5/7.

http://www.mediaproyek.com/
Gambar bekisting kolom

http://www.mediaproyek.com/
Gambar pemasangan bekisting kolom

http://www.mediaproyek.com/
Gambar pemasangan core lift
Demikian sedikit ulasan tentang Tahap Pemasangan Bekisting. Terima kasih. 



Category:

1 komentar:

  1. urutan pemasangan bekisting:

    Sewa Scaffolding hanya Rp. 25.000 / Bulan. Scaffolding per set hanya 450ribu. Sewa Alat Bekisting, Ringlock, PCH Untuk gudang, pabrik, apartemen, hotel, perkantoran, ruko, gedung bertingkat.

    Sewa Scaffolding untuk Finishing, renovasi, Pembangunan Gedung, Gudang, Kantor, Pabrik dan Proyek Lainnya.

    atau cek google maps : CV. HUTAMA LOGAM JAYA

    Alamat Gudang : Jl. Perjuangan No. 7 Bojong Nangka, Gunung Putri. Bogor-Jawa Barat.

    Kontak : 089503458224

    Link Google Maps : https://goo.gl/wfwNWj

    BalasHapus