Poker Asli Indonesia

5 Gereja Unik di Indonesia

Unknown | 12/25/2013 | 0 komentar
masterpoker88
BetAnda

Indonesia - Pada tanggal 25 Desember yang bertepatan dengan Hari Raya Natal bagi Umat Kristiani ini, kami sengaja memostingkan 5 Gereja yang kami anggap unik di Indonesia. Gereja merupakan tempat ibadah bagi umat Kristiani. Adapun 5 Gereja unik di Indonesia tersebut antara lain :

1. Gereja Palasari Bali.


Gereja-gereja di Bali memang unik. Betapa tidak. Jika gereja-gereja lain di Indonesia mengambil bentuk arsitektur bergaya Barat, justru gereja-gereja di Bali mengambil gaya arsitektur khas Pulau Dewata itu sendiri. Sekilas dilihat, gereja-gereja di Bali memang mirip pura. Salah satu contohnya adalah Gereja Katolik Palasari ini yang berdiri sejak 1955. Tak hanya bangunannya yang mirip pura, bahkan gereja ini juga memiliki gapura bergaya Bali.

2. Gereja Santo Fransiskus Asisi Brastagi.


Di tengah sejuknya udara Brastagi, Sumatra Utara terdapat gereja unik ini. Gereja ini sering disebut gereja inkulturatif sebab menggabungkan budaya Kristen dengan budaya tradisional khas Sumatra Utara. Gaya bangunannya sendiri terinspirasi dengan rumah adat Batak Karo. Gereja ini terletak di desa Sempa Jaya dan diresmikan pada 2005. Bahkan, gereja ini pernah mendapatkan penghargaan dari Vatikan.

3. Gereja Poh Sarang Kediri.


Gereja unik ini terletak di kaki Gunung Wilis, Kediri. Bangunan yang diarsiteki Henri Maclaine Pont dan Pastur Jan Waolters ini terinspirasi dengan gaya tradisional Jawa. Namun tetap, gereja ini memiliki keunikan tiada duanya bila dilihat dari bentuk bangunannya. Di gereja ini juga terdapat Gua Maria yang dibuat menyerupai Gua Maria yang ada di Lourdes, Prancis.

4. GKJ Karangjoso Purworejo


Gereja ini didirikan oleh Kyai Sadrach dengan ajaran campuran antara Kristen – Kejawen (kepercayaan tradisional Jawa). Uniknya, gereja ini sepintas memang menyerupai masjid. Namun jika pada masjid terdapat mustaka di puncaknya, di bangunan gereja ini mustaka digantikan dengan salib. Salibnya pun unik, yaitu persilangan antara senjata cakra milik Prabu Kresna dan panah Pasopati milik Arjuna. Berkat akulturasi ini, ajaran GKJ berkembang dengan pesat, walaupun menurut sejarah, cara ini tak disetujui oleh para zending (para misionaris asal Belanda).

5. Gereja Hati Kudus Yesus Ganjuran


Gereja superunik ini terletak di Ganjuran, sekitar 20 km dar Yogyakarta. Gereja dan Gua Maria yang dibangun pada tahun 1924 atas prakarsa Joseph dan Julius Smutzer (pengelola Pabrik Gula Gondang Lipuro) ini diarsiteki J. Yh. van Oyen. Keunikannya tentu bangunan candi dengan patung Yesus yang menyerupai dewa Hindu serta bangunan gerejanya yang bergaya Joglo.


Demikian ulasan 5 Gereja unik di Indonesia. Semoga menambah wawasan kita tentang gereja-gereja di Indonesia, dan tentunya juga menambah referensi tempat wisata rohani kita. Semoga bermanfaat. Terima kasih.




Category:

0 komentar