Poker Asli Indonesia

Mengintip Keelokan Jembatan Kelok 9

Unknown | 11/10/2013 | 0 komentar
masterpoker88
BetAnda

http://www.mediaproyek.com/

Lima Puluh Kota - Jembatan Kelok 9 yang sudah dilaksanakan pembangunannya sejak tahun 2003 di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, telah rampung dan telah diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada akhir bulan Oktober 2013 bulan lalu.

Jembatan Kelok 9 adalah jembatan yang menghubungkan Payakumbuh, Sumatera Barat, dengan Pekanbaru, Riau, tepatnya di Km 143 hingga Km 148 dari Padang. Sebelum ini, Jalan Kelok 9 tidak dapat dilalui oleh truk gandeng ataupun trailer karena radius tikungan lebih kecil dari 40 meter dan lebar pengerasan hanya 5 meter. Jalan Kelok 9 memiliki lalu lintas rata-rata 7.900 kendaraan per hari.

Jembatan ini memiliki panjang mencapai 943 meter dan jalan penghubung sepanjang 2.089 meter telah dipasang rambu–rambu dan sudah lolos uji kelayakan, serta penambahan road safety seperti penghijauan di tebing-tebing.

Menurut Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Jembatan ini menelan biaya APBN sekitar Rp 600 Miliar itu diperkirakan mampu bertahan hingga 100 tahun.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan, jembatan tersebut dirancang dan dibangun oleh putra-putri Indonesia dengan konsep green construction dan menggunakan produksi dalam negeri.

"Pembangunan Jembatan ini dilakukan dengan pendekatan green construction mengingat jembatan ini terletak di kawasan Suaka Alam yaitu di wilayah lembah dan pengunungan Bukit Barisan. Jembatan Kelok 9 dibangun karena kondisi jalan tersebut sebelumnya sangat sempit dengan radius tikungan yang sangat kecil sehingga tidak lagi mampu mengakomodasi kendaraan-kendaraan besar," papar Djoko.

Djoko menjelaskan, pekerjaan jembatan dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada tahun 2003 – 2011 dengan membangun empat buah jembatan yaitu jembatan nomor 3, 4, 5 dan 6 sepanjang 699 Meter, sedangkan tahap kedua dilaksanakan pada tahun 2012–2013 dengan membangun dua jembatan yaitu jembatan nomor 1 dan 2 sepanjang 244 Meter.

Berikut kami sajikan beberapa foto jembatan kelok 9, antara lain :

http://www.mediaproyek.com/


http://www.mediaproyek.com/


http://www.mediaproyek.com/


http://www.mediaproyek.com/


http://www.mediaproyek.com/

Demikian sedikit ulasan keelokan Jembatan kelok 9. Semoga ke depan lebih banyak lagi jembatan-jembatan yang megah hasil maha karya anak bangsa Indonesia. Terima kasih...




Category:

0 komentar