Poker Asli Indonesia

Jenis-Jenis Elektroda Pentanahan

Unknown | 11/16/2013 | 0 komentar
masterpoker88
BetAnda

http://www.mediaproyek.com/

Elektroda pentanahan (Grounding electrode) adalah suatu konduktor yang digunakan untuk menetapkan suatu pentanahan. Pada kesempatan yang lalu telah dibahas tentang Sistem Penangkal Petir. Pada kesempatan kali ini akan kita lanjutkan pembahasannya tentang jenis-jenis elektroda yang biasa digunakan dalam pentanahan.

Suatu sistem pentanahan menjadi bagian esensial dari sistem tenaga listrik untuk mencegah potensi bahaya listrik terhada manusia, peralatan maupun sistem pelayanannya. Terdapat 3 macam elekroda pentanahan yaitu bentuk batang (rod), bentuk pita (kisi-kisi), dan bentuk plat.

1. Elektroda Batang (Rod)
Elektroda batang yaitu elektroda dari pipa atau besi baja profil yang dipancangkan ke dalam tanah. Elektroda ini merupakan elektroda yang pertama kali digunakan dan teori-teori berawal dari elektroda jenis ini. Elektroda ini banyak digunakan pada gardu induk. Secara teknis, elektroda jenis ini mudah pemasangannya dan tidak memerlukan lahan yang luas. Elektroda batang biasanya ditanam dengan kedalaman yang cukup dalam.

http://www.mediaproyek.com/

2. Elektroda Pita (kisi-kisi)
Elektroda pita merupakan elektroda yang terbuat dari hantaran berbentuk pita atau berpenampang bulat atau hantaran pilin yang pada umumnya ditanam secara dangkal. Pemancangan dilakukan secara vertikal dengan menanam batang hantaran secara horizontal (mendatar) dan dangkal.

http://www.mediaproyek.com/

3. Elektroda Plat
Elektroda plat merupakan elektroda dari bahan pelat logam (utuh atau berlubang) atau dari kawat kasa. Pada umumnya elektroda ini ditanam cukup dalam. Elektroda ini digunakan apabila diinginkan tahanan pentanahan yang kecil dan yang sulit diperoleh dengan menggunakan jenis-jenis elektroda yang lain.

http://www.mediaproyek.com/

Demikian sedikit ulasan tentang jenis-jenis elektroda pentanahan. Semoga bermanfaat.

Category:

0 komentar