Poker Asli Indonesia

Cara Instalasi Box MCB

Unknown | 11/13/2013 | 0 komentar
masterpoker88
BetAnda

http://www.mediaproyek.com/

Box MCB sering kita jumpai pada instalasi listrik di perumahan-perumahan. Setelah pada postingan yang lalu kita bahas tentang MCB, dimana memiliki fungsi sebagai alat pengaman arus lebih, pada kesempatan kali ini akan kita lanjutkan pembahasan tentang cara instalasi box MCB. Bagaimana cara  instalasi Box MCB agar aman? Mari kita bahas.

Box MCB merupakan komponen pengaman instalasi listrik lain yang sering digunakan selain Box Sekering. Lebih rapi dan lebih ringkas dalam pemasangannya adalah salah satu alasan orang lebih memilih Box MCB daripada Box Sekering. Akan tetapi Box MCB ini kurang cocok jika dipasang pada dinding kayu atau boleh juga dikatakan kurang bagus jika harus dipasang pada instalasi pasang luar walaupun box MCB untuk luar tembok ada di pasaran.

http://www.mediaproyek.com/

Pada gambar di atas terdapat 3 kabel dengan warna berbeda. Kali ini kita asumsikan warna kabel hitam sebagai fasa, kabel biru sebagai netral dan kabel kuning sebagai grounding. Berikut akan kami jelaskan satu per satu instalasi kabel tersebut, yaitu :
  1. Kabel Hitam. Kabel hitam bermuatan listrik positif atau kable fasa dari MCB KWH Meter masuk ke MCB dalam Box MCB dan keluar menuju instalasi rumah cara pemasangannya seperti diatas yaitu dari KWH masuk ke MCB dan keluar menuju Instalasi rumah.
  2. Kabel Biru. Kabel biru bermuatan arus negatif atau Netral dari KWH Meter menuju ke instalasi. Cara pemasangnnya lihat pada gambar karena tidak mungkin kabel biru sampai ke Instalasi berikutnya maka kabel biru disambung di terminal yang telah disediakan oleh Box MCB.
  3. Kabel Kuning. Kabel kuning ini bermuatan arus negatif karena didapatkan dari grounding pembumian. Biasanya kabel kuning ini dipakai untuk pembumian. Kabel kuning ini sesuai fungsinya hanya untuk pembuamian atau penangkal petir dan cara pemasangannya sama dengan kabel biru yaitu karena tak mungkin kabel kuning sampai ke terminal maka kabel kuning harus disambung di terminal yang sudah disediakan oleh Box MCB.

Lantas bagaimana kalau MCB yang akan kita pasang lebih dari satu buah? seperti cara di atas yaitu kabel Hitam dari KWH Meter kita cabang ke MCB berikutnya saja. dan untuk ke instalasi selanjutnya pastinya sendiri-sendiri.

Demikian sedikit ulasan tentang cara  instalasi box MCB. Semoga bermanfaat.

Category:

0 komentar