Poker Asli Indonesia

Bekisting || Pengertian dan Jenisnya

Unknown | 11/19/2013 | 2 komentar
masterpoker88
BetAnda

http://www.mediaproyek.com/

Dalam sebuah pelaksanaan proyek, pasti kita sering mendengar istilah bekisting. Apalagi pada saat pekerjaan beton (pengecoran). Apa itu bekisting? Mari kita bahas tentang pengertian dan jenisnya.

Pengertian Bekisting
Bekisting atau formwork adalah suatu konstruksi pembantu yang bersifat sementara yang merupakan cetakan / mal ( beserta pelengkapnya pada bagian samping dan bawah dari suatu konstruksi beton yang dikehendaki. Bekisting adalah cetakan sementara yang digunakan untuk menahan beton selama beton dituang dan dibentuk sesuai dengan bentuk yang diinginkan (Stephens, 1985)

Acuan (bekisting) adalah suatu sarana pembantu struktur beton untuk pencetak beton sesuai dengan ukuran, bentuk, rupa ataupun posisi yang direncanakan. Karena bersifat sementara, bekisting akan dilepas atau dibongkar setelah beton mencapai kekuatan yang cukup.

Acuan sendiri memiliki arti bagian dari konstruksi bekisting yang berfungsi sebagai pembentuk beton yang diinginkan atau bagian yang kontak langsung dengan beton. Perancah memiliki arti sebagai bagian dari konstruksi bekisting yang berfungsi menahan beban–beban yang ada di atasnya yang bekerja pada saat pengecoran, baik beban vertikal maupun beban horizontal.

Pada konstruksi bekisting, harus memungkinkan untuk dapat melakukan :
  • Pemasangan tulangan (menahan beban tulangan)
  • Pengecoran sekaligus pemadatan adukan
  • Pelepasan formwork (acuan) sehingga beton tidak rusak.

Jenis - Jenis Bekisting
1. Bekisting Tradisional

http://www.mediaproyek.com/

Bekisting ini dibuat dari kayu dan triplek (plywood) atau papan yang tahan akan kelembaban. Sangat mudah untuk diproduksi tetapi memakan waktu untuk struktur yang lebih besar, dan triplek yang digunakan memiliki umur yang relatif singkat. Hal ini masih digunakan secara luas di mana biaya tenaga kerja lebih rendah daripada biaya untuk pengadaan bekisting yang dapat digunakan kembali (reusable). Ini juga merupakan jenis bekisting yang paling fleksibel, karena dapat diterapkan pada bentuk konstruksi yang rumit.

2. Sistem Bekisting Rekayasa (Engineering).

http://www.mediaproyek.com/

Bekisting ini dibangun dari modul prefabrikasi dengan bingkai logam (biasanya baja atau aluminium) dan ditutup pada aplikasi (beton). Dua keuntungan utama dari sistem bekisting, dibandingkan dengan bekisting kayu tradisional, adalah kecepatan konstruksi ( pin dengan sistem modular, klip, atau sekrup ) dan menurunkan biaya penggunaan kembali (perkuatan, frame hampir tidak bisa dihancurkan, sementara jika terbuat dari kayu, mungkin harus diganti setelah beberapa - atau beberapa lusin penggunaan, tetapi jika penutup tersebut dibuat dengan baja atau aluminium, penggunaan dapat mencapai hingga dua ribu penggunaan tergantung pada perawatan dan aplikasi).

3. Bekisting Plastik Guna Kembali (Reusable).

http://www.mediaproyek.com/

Sistem ini saling terkait dan berbentuk modular. Digunakan untuk membangun banyak macam bentuk truktur beton yang relatif sederhana. Panelnya ringan dan sangat kuat. Jenis ini cocok untuk konstruksi berbiaya rendah, dan skema perumahan massal.

4. Bekisting Permanen Terisolasi (Insulated).

http://www.mediaproyek.com/

Bekisting ini dirakit di tempat, biasanya untuk isolasi bentuk beton / insulating concrete forms (ICF). Bekisting tetap di tempat setelah beton telah diawetkan (cured), dan dapat memberikan keuntungan dalam hal kecepatan, kekuatan, isolasi termal dan akustik yang superior, ruang untuk menjalankan utilitas dalam lapisan EPS, dan jalur terintegrasi untuk pemasangan cladding.

5. Sistem Bekisting Struktural Stay-In-Place .

http://www.mediaproyek.com/

Bekisting ini dirakit di tempat, biasanya keluar dari prefabrikasi dengan diperkuat serat berbahan plastik. Ini tersedia dalam bentuk tabung berongga, dan biasanya digunakan untuk kolom dan dermaga. Bekisting tetap di tempat setelah beton telah awet (cured) dan bertindak sebagai penguat aksial dan geser, serta melayani untuk membatasi beton dan mencegah terhadap dampak lingkungan, seperti korosi dan siklus beku.

Demikian sedikit ulasan tentang pengertian bekisting dan jenisnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Category:

2 komentar:

  1. Ketuan nih klo sobat sekolah jurusan bangunan...klo saya jurusan TKJ tapi postingan saya gak ada satupun

    BalasHapus
  2. Pengertian Bekisting lainnya:

    Sewa Scaffolding hanya Rp. 25.000 / Bulan. Scaffolding per set hanya 450ribu. Sewa Alat Bekisting, Ringlock, PCH Untuk gudang, pabrik, apartemen, hotel, perkantoran, ruko, gedung bertingkat.

    Sewa Scaffolding untuk Finishing, renovasi, Pembangunan Gedung, Gudang, Kantor, Pabrik dan Proyek Lainnya.

    atau cek google maps : CV. HUTAMA LOGAM JAYA

    Alamat Gudang : Jl. Perjuangan No. 7 Bojong Nangka, Gunung Putri. Bogor-Jawa Barat.

    Kontak : 089503458224

    Link Google Maps : https://goo.gl/wfwNWj

    BalasHapus