Poker Asli Indonesia

Mengapa Harus Memiih Arus Starting Motor Star Delta Daripada DOL?

Unknown | 10/17/2013 | 2 komentar
masterpoker88
BetAnda


Pada kesempatan ini akan kita ulas mengapa harus memilih arus starting motor listrik star delta daripada DOL. Arus starting motor listrik biasanya adalah sekitar empat hingga tujuh kali lebih besar dari arus nominalnya. Mengapa? Karena motor listrik membutuhkan torsi awal yang besar agar dapat melawan inersianya dan inersia bebannya dari keadaan diam.

Torsi adalah proporsional dengan kuadrat fluks. Fluks adalah perbandingan tegangan dan frekuensi. Tegangan memiliki hubungan sebanding dengan arus. Pada akhirnya, torsi besar berarti akan membutuhkan konsumsi arus yang besar juga.

Berikut kami sajikan pembuktian singkat mengapa arus starting star-delta lebih kecil daripada saat DOL, yaitu :

Sangat terlihat dari penurunan persamaan-persamaan di atas bahwa arus star adalah tiga kali lebih kecil dari arus deltanya (rangkaian DOL). Ini juga menandakan bahwa torsi awal saat star akan lebih kecil 1/3 daripada DOL (saat rangkaian delta).

Satu dari beberapa hal yang perlu diingat sebelum memutuskan untuk memilih starter star-delta adalah pastikan bahwa pengurangan torsi karena rangkaian star saat starting masih memungkinkan beban bisa diputar oleh motor listrik. Kontrol ini kurang ekonomis untuk beban yang membutuhkan torsi awal besar dari 40% karena kita harus menggunakan frame size yang lebih besar dari seharusnya.

Demikian sedikit ulasan tentang starting motor listrik star delta dan DOL. Semoga bermanfaat. Terima kasih...

Category:

2 komentar:

  1. Hi.. very clearly explained about Star delta and DOL starter. Thank you
    MU DOL Starter

    BalasHapus
  2. Which one better implement for motor 900KW, used DOL(Star) or Soft Starter (Star-Delta)? Please explain, thanks

    BalasHapus