Poker Asli Indonesia

Cara Menghitung Kebutuhan Tenaga Kerja

Unknown | 10/16/2013 | 20 komentar
masterpoker88
BetAnda


Sebelum proyek konstruksi dimulai, biasanya pihak Kontraktor mengajukan Time Schedule untuk menentukan durasi/lama pengerjaan proyek tersebut. Untuk menghitung durasi pelaksanaan, kita tak lepas menghitung jumlah tenaga kerja yang harus disediakan untuk mencapai target tersebut.

Pada kesempatan ini akan kami ulas tentang cara menghitung jumlah tenaga kerja dalam sebuah pekerjaan. Ada beberapa alternatif yang digunakan untuk menghitung jumlah tenaga kerja dalam sebuaha pekerjaan, antara lain :
1. Pengalaman Pekerjaan
Pengalaman merupakan guru yang paling berharga. Dari pengalaman dari setiap item pekerjaan konstruksi tentu dapat memperkirakan jumlah tenaga kerja untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

2. Standar Analisa Harga Satuan Pekerjaan SNI
Dengan pedoman analisa harga satuan yang dikeluarkan SNI juga bisa menentukan jumlah material dan tenaga kerja dalam sebuah pekerjaan.

Contohnya:
Misal sebuah pasangan batu bata merah dengan ukuran batu bata merah 5x11x22 cm dengan campuran spesi 1 PC : 4 PP seluas 60 m2. Berapa jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dalam waktu 5 hari?

Langkah pertama adalah kita lihat indeks tenaga kerja pekerjaan tersebut di SNI (yang kami pakai SNI 2007), yaitu :

Tenaga Kerja :
Pekerja 0,600
Tukang Batu 0,200
Kepala Tukang 0,020
Mandor 0,030

Jumlah Tenaga Kerja adalah :
0,600 x 60 m2 = 36 hari pekerja
0,200 x 60 m2 = 12 hari tukang batu
0,020 x 60 m2 = 1,2 hari kepala tukang
0,030 x 60 m2 = 1,8 hari mandor

Sehingga apabila pekerjaan pasangan batu bata merah seluas 60 m2 tersebut akan dikerjakan selama 5 hari, maka jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan sebagai berikut :
36 hari : 5 = 7,2 dibulatkan 8 pekerja
12 hari : 5 = 2,4 dibulatkan 3 tukang batu
1,2 hari : 5 = 0,24 dibulatkan 1 kepala tukang
1,8 hari : 5 = 0,36 dibulatkan 1 mandor

Demikian ulasan tentang cara menghitung jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Semoga bermanfaat, terima kasih.....

Category:

20 komentar:

  1. makasih gan info perhitungan kebutuhan tenaga kerja'a
    kebetulan baru kemaren saya belajar seperti ini di matkul Budgeting :D

    BalasHapus
  2. Ass..gan kalo mnghitung upah melangsir material bagaimana mhon pnjelasanya ke kampungcabang6@gmail.com terimkasih..

    BalasHapus
  3. Ass..gan kalo mnghitung upah melangsir material bagaimana mhon pnjelasanya ke kampungcabang6@gmail.com terimkasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menghitung upah langsiran itu sesuai dengan jarak dan medan dan jenis material yg akan di langsir. contoh melansir di area kemiringan dan material pasir atau semen yg akan di langsir pasti akan berbeda

      Hapus
  4. Maaf mau tanya cara menghitung indek ketenagakerjaan

    BalasHapus
  5. Item item apa yang dibutuhkan untuk menghitung indek ketenagakerjaan

    BalasHapus
  6. Apakah ada indeks tenaga kerja utk garment? Dimana mencari referensinya?

    BalasHapus
  7. Bang....ilmu anda sgt membuka cakrawala saya...mantap

    BalasHapus
  8. info yang sangat berharga, makasih suhu
    www.dekipanic.com

    BalasHapus
  9. Maaf Bang mau tanya, tu kan di atas menghitung Hari dalam M²,..
    Apakah Sama perhitungan Harinya dg M³..??
    makasih..

    BalasHapus
  10. Mau tanya dong om.

    Bagaimana rumus menghitung pekerjaan yg dihasilkan oleh 1 tukang.

    Misal plester tembok. 1 tukang berapa m2 yg harus slesai di kerjakan.

    Mohon untuk informasi jawaban nya.
    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bantu Jawab dan mungkin ini juga sudah telat. Indeks tukang dalam 1m2 adalah 0,15 orang/hari ad. 1:4 plesteran tinggal di bagi saja 1tukang/0.15 itulah hasil nya

      Hapus
  11. Jika suatu pekerjaan projek dikerjakan 24 orang bisa diselesaikan 100hari kerja...
    Kalau dikerjakan 80 hati kerja berapa orang tenaga kerja dibutuhkan???
    Mohin pencerahanya admin..
    Bagai mana cara menghitungnya untuk hal seprti ini??
    Mohon bantuanny

    BalasHapus
  12. bagaimana kalau menentukan jumlah tenaga kerja jika durasi pekerjaan belum diketahui. mohon tanggapannya pak.terima kasih

    BalasHapus
  13. Hai semua

    Nama saya FRADESY RIRITIA, saya berasal dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu anda semua kebenaran, setiap orang yang anda lihat pada catatan mereka di blog dan laman web ini adalah pencuri (SCAMMERS), saya telah menjadi mangsa cerita mereka dan mereka telah merosakkan hidup saya.
    Saya tidak berada di sini untuk memberitahu anda kisah bagaimana saya ditipu dan bagaimana saya kehilangan banyak wang kepada mereka.

    Saya di sini untuk memberitahu anda SYARIKAT PINJAMAN sebenar dan sahajalah yang ALLAH hantar untuk mengubah hidup saya, mereka adalah SEMUA PINJAMAN GRANT GLOBAL, mereka adalah satu-satunya syarikat pinjaman tulen yang diiktiraf dan dibiayai oleh WORLD BANK.

    Mereka adalah satu-satunya syarikat pinjaman tulen, mereka mempunyai syarat dan syarat pinjaman yang cukup besar, untuk menutup semua pinjaman mereka adalah berpatutan dan cepat dilupuskan tidak seperti syarikat palsu lain yang anda lihat di sini dalam talian yang akan mengambil wang anda tanpa mengeluarkan pinjaman anda,
    Tolong jangan tertipu oleh saksi yang mempunyai nombor dan whatsapp indonesia, mereka semua penipu, bagaimana syarikat individu boleh memberi pinjaman ?, itu harus menjadi pertanyaan pertama anda.

    Rakan-rakan saya di Asia, saya mohon agar anda mendengarkan saya ketika saya bersumpah kepada anda dengan nama Allah, bahawa saya mengatakan kepada anda semua kebenaran, Syarikat ALL GLOBAL GRANT LOAN, satu-satunya syarikat yang boleh dipercayai dan mereka akan memastikan anda menerima pinjaman anda setelah anda menyelesaikan proses pinjaman seperti yang diperlukan.
    Mengapa anda tidak menjadi antara berita baik ini dengan menghubungi mereka segera jika anda SANGAT MENARIK untuk meninggalkan perjuangan kewangan anda dan meningkatkan tahap kehidupan anda, berikut adalah EMAIL allglobalgrantloan@gmail.com.

    Anda bebas menghubungi saya di EMAIL fradesyriritia12@gmail.com saya untuk maklumat lebih lanjut, saya dengan senang hati akan mendengar anda berkongsi kisah kebahagiaan anda sendiri.
    Terima kasih semua, dan semoga ALLAH memberkati SEMUA PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL kerana memberi saya kegembiraan baru ini.

    NAMA Syarikat: SEMUA PINJAMAN GRANT GLOBAL
    EMAIL Syarikat:allglobalgrantloan@gmail.com
    Whatsapp Syarikat: +1 (301) 971-4445
    E-mel Saya: fradesyriritia12@gmail.com

    BalasHapus
  14. Ini dari perusahaan yang telah dapat membantu begitu banyak orang baik dari Indonesia maupun Malaysia dan di luarnya Kami telah dapat membantu berbagai orang dari berbagai pekerjaan kehidupan dan juga berbagai kategori pekerjaan Kami telah dapat memberikan pinjaman untuk hampir semua pemohon pinjaman di perusahaan ini dan jika dengan cara apa pun Anda meragukan kami, kami akan merujuk Anda ke banyak dan banyak pelanggan yang telah mendapatkan pinjaman dari kami sehingga Anda dapat menghapus keraguan keraguan dari pikiran Anda Kami telah dapat membantu baik yang bangkrut maupun mereka yang mencari modal tambahan untuk mendanai bisnis mereka dalam bentuk apa pun Di perusahaan ini, prioritas utama kami sejak hari pertama hingga sekarang adalah memastikan semua pencari pinjaman di perusahaan ini mendapatkan pinjaman mereka dan kami sangat berkomitmen untuk ini dengan memastikan hampir 100% dari semua pencari pinjaman di perusahaan ini mendapatkan pinjaman mereka Jika dengan cara apa pun Anda masih ragu, silakan hubungi kesaksian terbaru kami di t dia menghubungi detail di bawah ini untuk menghapus segala bentuk keraguan dari pikiran Anda_________[WhatsApp: +6287818697754]

    Perusahaan___[ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY]
    e_mail_________[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp___[+6282274045059]

    BalasHapus
  15. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin mewujudkan impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau mengembangkan bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman atau Bank karena biaya/persyaratan pinjaman yang tinggi?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Kemudian khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali kepada kami untuk negosiasi tentang jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan untuk mengurangi beban finansial. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pelamar:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Jenis Kelamin:
    5) Pekerjaan:
    6) Nomor telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Pendapatan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Jangka waktu pinjaman:
    11) Apakah Anda melamar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1(815) 427-9002
    Salam Hormat

    BalasHapus