Poker Asli Indonesia

Beton Integral Dan Keunngulannya

Unknown | 9/09/2013 | 4 komentar
masterpoker88
BetAnda


Beton adalah campuran antara agregat kasar, agregat halus, semen dan air serta kadang - kadang ditambahkan zat - zat additive (admixture) sebagai bahan tambahan. Penambahan zat additive ini bertujuan untuk mendapatkan mutu beton yang lebih baik lagi. Dan salah satu contoh zat additive yang digunakan pada penelitian ini yaitu Waterproof Integral. Waterproof Integral merupakan bahan yang kedap air yang penggunaannya pada struktur beton bertulang semakin banyak terutama untuk struktur dinding penahan tanah seperti pada basement.

Bahan integral waterproofing yang dicampurkan ke dalam adukan beton untuk mendapatkan beton yang bersifat kedap air (watertight) dengan cara memperkecil penetrasi air ke dalam beton tersebut sehingga melindungi beton terhadap kebocoran.

Waterproofing Integral diciptakan atas dasar sifat beton dalam kondisi normal tidak bersifat kedap terhadap penetrasi air sehingga dalam pabrikasi beton dibutuhkan suatu bahan tambahan (admixture) ke dalam adukan beton yang dapat menciptakan beton kedap air / watertight concrete, dan jenis integral saat ini meliputi :
  1. Integral yang mengandung plasticiser adalah sistem hidrofobik yang meningkatkan slump beton sehingga beton menjadi padat dan kedap air.
  2. Integral Kristalisasi atau Integral Crystalin adalah sistem hidrofilik menggunakan suatu bahan cairan Admixture bermutu tinggi yang mudah untuk diaplikasikan dan memiliki dua fungsi yaitu bersifat waterproof dan perlindungan korosi pada beton, dengan perlindungan menggunakan teknologi nano yang unik melalui reaksi kimia memodifikasi matriks semen, Reaksi dengan pasta semen dapat mengurangi ukuran pori & kapiler. Reaksi antara pencampuran material admixture ini dengan pasta semen menghasilkan struktur kristal yang tidak larut dan dapat mengisi lubang pori-pori & kapiler.

Integral plasticiser (hidofobik) dapat menggunakan material diantaranya :
  1. Waterproofing Integral Fosroc menggunakan material Conplast WP421.
  2. Waterproofing Integral Sika menggunakan material Viscocrete, dll

Integral Kristalisasi atau Integral Crystalin (hidrofilik) dapat menggunakan material :
  1. Deltacrys Admix.
  2. Contite H2O stop, dll.

Keunggulan Bahan dan Aplikasi:
  1. Bahan bersifat integral waterproof, seketika bersifat kedap.
  2. Plastisitas beton bertambah baik sehingga mengurangi terjadinya keropos pada saat pengecoran berlangsung.
  3. Tidak mengurangi ‘Compressive Strength’ beton, sebaliknya terjadi peningkatan kekuatan dengan kondisi workability yang sama.
  4. Non toxic – tidak beracun.
  5. Mudah dalam pengaplikasiannya.
  6. Cepat dan ekonomis.

Demikian sedikit ulasan tentang beton integral waterproofing. Semoga bermanfaat. Terima kasih...


Category:

4 komentar:

  1. silahkan baca juga artikel terkait waterproofing integral www.ahlibeton.co.id/2015/09/waterproofing-integral.html

    BalasHapus
  2. Berapa literkah campuran integtal untuk beton 1m3.thx sebelumnya

    BalasHapus