Poker Asli Indonesia

Sistem Penyampaian Dokumen Penawaran Dalam Tender / Pelelangan

Unknown | 8/22/2013 | 0 komentar
masterpoker88
BetAnda


Sobat agan-agan yang tercinta, pada kesempatan yang lalu telah kita bahas tentang Jenis-Jenis Pelelangan Proyek. Pada kesempatan ini akan kami ulas tentang sistem penyampaian dokumen penawaran dalam sebuah tender/pelelangan proyek.

Dalam sebuah tender/lelang proyek, ada beberapa sistem penyampaian dokumen penawaran oleh Kontraktor ke Pemilik Proyek, antara lain :
1. Satu Tahap Satu Sampul
Penggunaan dari sistem ini adalah untuk pengadaan yang bersifat sederhana dan spesifikasi teknisnya jelas. Adapun teknis pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
  • Keseluruhan dokumen dimasukkan dalam satu sampul.
  • Surat penawaran dilengkapi persyaratan administrasi, teknis & harga, dll.

2. Satu Tahap Dua Sampul
Penggunaan dari sistem ini adalah untuk memisahkan antara dokumen administrasi/teknis dengan dokumen penawaran harga. Adapun teknis pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
  • Sampul pertama berisi data administrasi dan teknis.
  • Sampul kedua berisi data penawaran harga (hanya dibuka bagi yang lulus administrasi dan teknis).
  • Sampul 1 dan 2 dimasukkan ke dalam sampul penutup.

3. Dua Tahap
Penggunaan dari sistem ini adalah pengadaan yang berkaitan dengan penggunaan teknologi tinggi, komples, dan resiko tinggi. Adapun tahapannya adalah sebagai berikut :
a. Tahap 1
Pada tahap ini dimasukkan sampul yang memuat persyaratan administrasi dan teknis.

b. Tahap 2
Rekanan/kontraktor yang dinyatakan lulus oleh panitia pada evaluasi tahap pertama, diminta untuk memasukkan surat penawaran harga yang dimasukkan ke dalam sampul kedua.

Demikian sedkit penjelasan tentang sistem penyampaian dokumen penawaran dalam sebuah tender/pelelangan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam melakukan sebuah tender/pelelangan proyek. Terima kasih....


Category:

0 komentar