Poker Asli Indonesia

Mengenal Jenis-Jenis Sanitair

Unknown | 8/20/2013 | 2 komentar
masterpoker88
BetAnda

Kamar mandi merupakan sebuah ruangan yang membutuhkan berbagai macam jenis sanitair. Peralatan sanitair sendiri merupakan bagian dari pekerjaan instalasi air (plumbing). Dalam sebuah proyek konstruksi, peralatan sanitair ada yang dimasukkan ke dalam paket pekerjaan arsitektur, namun adakalanya di sebuah proyek juga dimasukkan ke dalam paket pekerjaan mekanikal plumbing, sebab terkadang pemilik proyek tidak mau pusing dan dijadikan satu dengan pekerjaan pemipaan.

Pada kesempatan ini, tidak perlu kita mempermasalahkan hal tersebut di atas. Namun kami akan mengulas tentang jenis-jenis sanitair yang biasa dipakai di sebuah proyek konstruksi. Bagi yang telah lama berkecimpung di proyek mungkin sudah hafal tentang jenis-jenis sanitair, namun yang masih awam akan kami bantu sajikan jenis-jenis sanitar, seperti di bawah ini :

1. Closet
Closet Duduk


Closet Jongkok

Closet merupakan peralatan sanitair yang berfungsi sebagai tempat pembuangan air besar. Secara garis besar closet dibedakan menjadi 2, yaitu closet duduk dan closet jongkok seperti yang terihat pada gambar di atas.

2. Urinoir

Urinoir merupakan peralatan sanitair yang berfungsi sebagai tempat pembuangan air kecil bagi pria. Umumnya pemasangan urinoir digantung pada dinding. Jika urinoirnya lebih dari satu biasanya antar urinoir dipasang sekat/partisi urinoir.

3. Bidet

Bidet merupakan peralatan sanitair yang berfungsi sebagai tempat pembuangan air kecil bagi perempuan. Di Indonesia bidet jarang digunakan.

4. Bathub

Bathub merupakan peralatan sanitair yang berfungsi sebagai tempat mandi atau berendam.

5. Wastafel
Wastafel Gantung


Wastafel Meja

Wastafel merupakan peralatan sanitair yang berfungsi sebagai tempat mencuci tangan. Secara umum wastafel dibedakan menjadi 2, yaitu wastafel gantung dan wastafel meja.

6. Shower
Hand Shower


Fix Shower

Shower merupakan peralatan sanitair yang berfungsi sebagai saluran ujung air yang digunakan untuk menyemprotkan air untuk mandi. Pada umumnya, showeer dibedakan menjadi 2, yaitu hand shower dan fix shower.

7. Jet Washer

Jet washer merupakan salah satu accesories closet duduk yang berfungsi sebagai tempat mengeluarkan air. untuk closet jongkok biasanya tidak menggunakan jet washer.

8. Kran Air

Kran air merupakan peralatan sanitair yang berfungsi untuk membuka dan menutup aliran air dalam pipa.

9. Robe Hook

Robe hook merupakan peralatan sanitair yang berfungsi sebagai tempat menggantungkan baju atau celana di kamar mandi atau toilet.

10. Towel Bar

Towel bar merupakan peralatan sanitair yang berfungsi sebagai menggantungkan handuk di kamar mandi.

11. Floor Drain

Floor drain merupakan peralatan sanitair yang berfungsi sebagai saringan dalam saluran pembuangan air bekas di kamar mandi.

12. Clean Out

Clean out merupakan peralatan sanitair yang berfungsi sebagai tempat pengecekan apabila saluran air bekas mampet. Biasanya clean out dipasang di instalasi yang berbelok. Clean out ditutup dengan baut dan bisa dibuka apabila terjadi mampet saluran air pembuangan.

13. Whirlpool dan Jacuzzi

Whirlpool dan Jacuzzi merupakan peralatan sanitair yang berbentuk seperti bathub tetapi memiliki fasilitas pengaturan air yang cukup lengkap. Kekuatan pancar dan suhu air bisa diatur. Biasanya peralatan sanitair ini digunakan untuk berendam.

Demikian beberapa jenis-jenis peralatan sanitair yang biasa digunakan. Semoga bermanfaat....

Category:

2 komentar:

  1. banyak pilihan wastafel kaca, wastafel kamar mandi kunjungi www.bumina.com

    BalasHapus
  2. banyak pilihan wastafel kaca, wastafel kamar mandi kunjungi www.bumina.com

    BalasHapus