Poker Asli Indonesia

Kemegahan Makam Astana Giri Bangun Karanganyar

Unknown | 8/19/2013 | 0 komentar
masterpoker88
BetAnda


Karanganyar - Astana Giribangun adalah sebuah mausoleum bagi keluarga mantan presiden Indonesia ke-2, Suharto. Lokasinya berada di sebelah timur kota Surakarta, Indonesia, tepatnya di Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, sekitar 35 km dari Surakarta.

Astana Giri Bangun berada di ketinggian 666 meter diatas permukaan laut, menjadikan astana giri bangun mempunyai udara yang sejuk dan segar. Makam ini dibangun pada tahun 1974 dipersiapkan untuk tempat pemakaman keluarga cendana.

Astana Giri Bangun ini tepat di bawah Astana Mangadeg, komplek pemakaman para penguasa Mangkunegaran, salah satu pecahan Kesultanan Mataram. Pemilihan posisi berada di bawah Mangadeg itu bukan tanpa alasan, yaitu untuk tetap menghormati para penguasa Mangkunegaran, mengingat Ibu Tien Soeharto adalah keturunan Mangkunegoro III.

Komplek makam ini memiliki tiga tingkatan cungkup (bangunan makam), yaitu cungkup Argo Sari teletak di tengah-tengah dan paling tinggi, di bawahnya, terdapat cungkup Argo Kembang, dan paling bawah adalah cungkup Argo Tuwuh.

Pintu utama Astana Giribangun terletak di sisi utara. Sisi selatan berbatasan langsung di jurang yang di bawahnya mengalir Kali Samin yang berkelok-kelok indah dipandang dari areal makam. Terdapat pula pintu di bagian timur kompleks makam yang langsung mengakses ke Astana Mangadeg.

Selain bangunan untuk pemakaman, terdapat sembilan bangunan pendukung lainnya. Di antaranya adalah masjid, rumah tempat peristirahatan bagi keluarga Soeharto jika berziarah, kamar mandi bagi peziarah utama, tandon air, gapura utama, dua tempat tunggu atau tempat istirahat bagi para wisatawan, rumah jaga dan tempat parkir khusus bagi mobil keluarga.

Di bagian bawah, terdapat ruang parkir yang sangat luas. Di masa Soeharto berkuasa, di areal ini terdapat puluhan kios pedagang yang berjualan suvenir maupun makanan untuk melayani peziarah dan wisatawan. Namun kini di tempat itu tidak diizinkan lagi menjadi tempat berjualan dengan alasan keamanan dan ketenangan.

Di bawah ini kami sajikan beberapa foto Astana Giri Bangun :










Demikian sedikit ulasan tentang kemegahan Astana Giri Bangun di Karanganyar Jawa Tengah. Semoga menambah pustaka kita tentang bangunan-bangunan di Indonesia. Terima kasih....






Category:

0 komentar