Poker Asli Indonesia

Cara Kerja Saklar Hotel

Unknown | 8/19/2013 | 0 komentar
masterpoker88
BetAnda


Halo bro-bro semua. Selamat pagi. Setelah disibukkan dengan aktivitas lebaran, kali ini ane muncul lagi dengan postingan baru. Sebelumnya ane mengucapkan "Selamat Hari Raya idul Fitri 1434 H Mohon maaf lahir dan bathin buat agan-agan semuanya". Pada kesempatan ini ane akan posting tentang cara kerja saklar hotel atau juga disebut saklar tukar.

Saklar hotel atau saklar tukar adalah saklar yang dapat digunakan untuk menghidupkan dan mematikan lampu dari tempat yang berbeda. Instalasi saklar tukar adalah penggunaan dua buah saklar untuk menyalakan dan menghidupkan satu buah lampu dengan cara bergantian. Rangkaian instalasi penerangan yang menggunakan saklar tukar banyak dijumpai di hotel-hotel atau di rumah penginapan maupun di lorong-lorong yang panjang serta tangga. Sehingga saklar tukar ini dikenal juga sebagai saklar hotel maupun saklar lorong atau saklar tangga. Tujuan dari penggunaan ini ialah untuk efisiensi waktu dan tenaga karena penggunaan saklar ini sangat praktis.

Gambar rangkaian di atas adalah gambar rangkaian saklar hotel atau saklar tukar. Adapun cara kerjanya adalah sebagai berikut :
Lampu akan menyala jika kedua saklar berada pada posisi yang sama, misal posisi saklar berada dibagian kontak atas semua atau kontak bawah semua. Dapat dilihat dari rangkaian di atas. Sedangkan lampu akan padam jika posisi saklar berbeda tempat, misal satu saklar berada di kontak atas dan satu lainnya di kontak bawah atau sebaliknya. Konsep inilah yang menyebabkan saklar bisa dihidupkan maupun dimatikan dari arah bergantian.

Demikian sedikit penjelasan tentang saklar hotel atau saklar tukar atau saklar lorong atau saklar tangga. Semoga bermanfaat.....

Category:

0 komentar