Poker Asli Indonesia

Sistem Pemadam Kebakaran Pada Sebuah Bangunan

Unknown | 7/18/2013 | 1 komentar
masterpoker88
BetAnda


Sistem kerja Instalasi Pemadam Kebakaran pada gedung dan kawasan biasanya menggunakan media air yang ada di Ground Tank (berada di sebelah Ruang Pompa), yang dipompakan keseluruh instalasi hydrant dan sprinkler melalui pipa-pipa induk sesuai dengan pembagian zone masing-masing.

Jaringan instalasi hydrant dan sprinkler dipisahkan menjadi dua instalasi pemipaan khusus sesuai dengan fungsinya, yaitu :

Instalasi Fire Hydrant
Instalasi pemipaan hydrant adalah instalasi dimana di setiap lantai dari setiap gedung disediakan Hydrant Box lengkap dengan perlengkapannya, yaitu landing Valve Ø 2 ½” 1 ½”, Fire hose & Nozzle, Hose rack. Sistem kerja Fire hydrant yang terpasang menggunakan system air, (media yang digunakan adalah air). Instalasi pada system ini air stand by , sehingga apabila akan difungsikan harus mengadakan air dari ruang pompa dimana akan difungsikan dengan membuka Landing valve pada IHB tersebut.

Sedangkan untuk system hydrant eksternal disediakan Hydrant Pillar dan Siamesse Connection yang tersebar di area site plant (kawasan). Hydrant difungsikan dengan cara memasang Hose dan Nozzle dan membuka Valve Pillar. Adapun Siamese Connection disediakan dengan maksud apabila air yang digunakan habis, maka team pemadam kebakaran dapat menyuntikkan air dari mobil ke instalasi hydrant yang ada atau karena pompa pemadam kebakaran tidak dapat di operasikan.

Instalasi Sprinkler
Instalasi sprinkler adalah instalasi dimana setiap lantai dari setiap gedung terdapat head sprinkler yang dilengkapi Flow Switch pada pipa induknya. Flow switch ini berfungsi sebagai detector. Bila head sprinkler pecah (break) mengakibatkan memancarnya air melalui sprinkler, air yang mengalir melalui pipa akan menggerakkan flow switch untuk mengirim signal ke System Fire Alarm untuk menyalakan alarm bell.

Sprinkler head akan bekerja (pecah) apabila terdapat konsentrasi panas melebihi 68ºC pada daerah dimana titik sprinkler head tersebut terpasang, setelah sprinkler head pecah secara otomatis, media air yang tertahan oleh head sprinkler akan dipancarkan melalui penampang head sprinkler untuk pemadaman api.

Pada Instalasi Sprinkler sebelum menuju ke mainline lantai juga biasanya terpasang Pressure Reducing Valve, yang dimaksudkan untuk menurunkan tekanan yang tinggi menjadi tekanan kerja, (batas maksimum kemampuan head sprinkler menahan tekanan).

Agar dapat mengoperasikan system dengan benar maka operator sangat dianjurkan untuk mengikuti langkah-langkah berikut :
  1. Pengoperasian Pompa Kebakaran dianjurkan dilakukan secara Otomatis.
  2. Fungsi Jockey Pump adalah untuk menjaga tekanan air di dalam sistem instalasi tetap stabil, sehingga apabila terjadi sedikit kebocoran pada pompa, valve dan perlengkapan lainnya dalam instalasi, maka Jockey Pump akan mengembalikan pada tekanan yang di tentukan.
  3. Mengingat fungsi dari jockey pump sebagai pen-stabil tekanan dalam instalasi, maka sangat dianjurkan agar pengoperasiannya diatur secara otomatis.
  4. Fungsi Electric Pump adalah untuk memompa air dari Fire Tank ke seluruh instalasi hydrant sprinkler jika terjadi kebakaran. Pompa electric harus dioperasikan secara otomatis.
  5. Fungsi Diesel Pump adalah untuk memompa air dari dari Fire Tank ke seluruh instalasi hydrant dan sprinkler jika terjadi kebakaran dan terjadi pemadaman listrik yang mengakibatkan electric pump tidak dapat difungsikan. Pompa diesel harus dioperasikan secara otomatis.
  6. Untuk menjaga supaya setelah pompa pemadam kebakaran jalan, pompa dapat berjalan terus menerus melayani hydrant pada pipa tekan dibuatkan pipa bypass yang dilengkapi dengan relief valve, sehingga bila tekanan air dalam pipa mendekati 11 Kg/Cm2 relief valve akan terbuka (air dari relief valve akan dikembalikan ke pipa hisap atau tanki bawah) dan pompa pemadam kebakaran tidak akan mati atau berhenti bekerja. 
  7. Pressure Relief Valve disetel terbuka pada tekanan air 10.5 Kg/Cm2. 
  8. Pressure Tank digunakan dalam instalasi hydrant pump dimaksudkan untuk mejaga kestabilan tekanan dari pompa hydrant, juga berfungsi untuk membuang udara yang terjebak dalam instalasi hydrant pump.
  9. Alarm gong terdiri dari Valve dengan accessories pipa kapiler dan bell yang akan berfungsi dengan bantuan tekanan air yang mengalir dalam instalasi hydrant sprinkler. Alarm gong lazim dipasang di ruang pompa, biasanya pada riser (untuk type vertical). Bila ada yang terbuka dari dari system instalasi baik hydrant (landing valve yang dibuka) ataupun sprinkler yang pecah yang mengakibatkan terjadinya aliran pada pipa kapiler dari alarm tersebut yang lalu menggerakan bell dengan tenaga mekanis.

Demikian sedikit penjelasan tentang sistem pemadam kebakaran pada sebuah bangunan. Terima kasih...

Category:

1 komentar:

  1. Yuk memulai wirausaha di bidang teknik / engineering , manajement proyek dan e-commerces.

    Ikuti tautan / Link berikut untuk bergabung ke grup WhatsApp Wirausaha FIRE ALARM DAN POMPA :

    https://chat.whatsapp.com/BAZwhlI4S7AFKvvYFj5qwh

    Berikut video pilihan yang membantu membuka wawasan bagaimana ber-wirausaha di bidang fire alarm system dan pompa..

    1. Petunjuk instalasi pompa dan pemrograman fire alarm foam extinguisher plant

    https://youtu.be/E23mEeY4Uts

    2. Cara install alarm kebakaran

    https://youtu.be/c00IUYwz9t4

    3. Petunjuk pemasangan smoke heat sensor yang diijinkan dalam 1 zona

    https://youtu.be/ZIR-p4ddM94

    4. Instalasi smoke detector

    https://youtu.be/2H4LgH02Njw

    5. Scope pekerjaan fire alarm system dari hydrant system, isolation piping. Fire panel alarm.

    https://youtu.be/k3l5_FmKXfg

    Silahkan kontak 081218127854 (wa)

    Atau silahkan bergabung dalam group chat wirausaha fire alarm system dan pompa berikut..

    Ikuti tautan / Link berikut untuk bergabung ke grup WhatsApp Wirausaha FIRE ALARM dan POMPA :

    https://chat.whatsapp.com/BAZwhlI4S7AFKvvYFj5qwh

    BalasHapus