Poker Asli Indonesia

Keindahan Arsitektur Masjid Muhammad Cheng Hoo Pasuruan

Unknown | 7/29/2013 | 0 komentar
masterpoker88
BetAnda


Pasuruan - Masjid Muhammad Cheng Hoo berada di sisi barat Jalan Raya Surabaya-Malang, tepat bersebelahan dengan pasar buah Pandaan. Masjid dengan arsitektur bergaya Tiongkok ini didominasi oleh warna merah menyala yang akan membawa pengunjung kepada situasi di negeri tirai bambu. Letak masjid yang strategis menjadikan masjid ini selalu ramai dikunjungi para musafir yang kebetulan sedang menempuh perjalanan.

Masjid Muhammad Cheng Hoo Pandaan ini memiliki gaya arsitektur yang mengadopsi bentuk dan desain bangunan Masjid Cheng Hoo Surabaya yang telah lebih dulu menjadi ikon pariwisata. tetapi berbeda dengan Masjid Cheng Hoo yang ada di Surabaya yang berukuran kecil dengan lahan yang terbatas, Masjid Muhammad Cheng Hoo di Pandaan Pasuruan ini justru sebaliknya. Masjid ini berada di lahan yang sangat luas sekitar 1 hektar dan bangunannya juga sangat besar dan megah. Ukuran keseluruhan masjid dua lantai ini adalah 50 x 50m.

Lantai dasar Masjid Muhammad Cheng Hoo Pandaan digunakan sebagai ruang pertemuan yang kadang kala juga disewakan untuk acara petemuan lainnya. Bagi jamaah wisatawan atau musafir yang ingin tidur sejenak bisa beristirahat di ruang tersebut. Bagi para musafir yang ingin bermalam di Masjid itu juga bisa dengan melapor pada petugas jaga dan menitipkan kartu identitas.

Sangat menarik menyimak ornamen bentuk desain masjid ini yang merupakan perpaduan budaya Arab, Jawa dan Tiongkok. Pada sisi depan bagian atas terdapat ornamen yang bertuliskan lafalz Allah. Sedangkan pada atapnya berbentuk seperti atap pada bangunan pagoda. Pada beberapa bagiannya terdapat ornamen berupa lampion dengan pendar dan cahayanya yang khas. Pilar bangunan berbentuk silinder yang cukup besar dan kokoh. Dinding bangunan umumnya berupa jalusi atau sekat berongga dan ornamen ukiran yang berwarna emas. Pada bagian tengah di belakang pintu depan terdapat sebuah jam lonceng yang berbentuk klasik.

Berikut beberapa foto Masjid Muhammad Cheng Hoo Pandaan Pasuruan :













Demikian sedikit artikel tentang Masjid Muhammad Cheng Hoo Pandaan Pasuruan Jawa Timur. Semoga menambah wawasan kita tentang bangunan-bangunan Masjid di Nusantara. Terima kasih..




Category:

0 komentar